Politik

Jokowi Didampingi Gus Sholah Ziarah Ke Makam Gus Dur

Saturday, 03 Mei 2014 | View : 1138

JOMBANG-SBN.

Calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ usai menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatunnasyiin, Pacul Gowang, Jombang, Jawa Timur, kemudian mantan Wali Kota Surakarta tersebut mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng.

Kedatangan Joko Widodo alias Jokowi yang pernah dinobatkan menjadi Wali Kota terbaik ketiga dunia ke sana untuk menemui pimpinan Ponpes Tebuireng K.H. Salahuddin Wahid alias Gus Sholah. Saat itu Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Joko Widodo atau Jokowi, mantan Wali Kota Surakarta yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta, akhirnya sukses terpilih sebagai Wali Kota terbaik ketiga sedunia dalam pemilihan World Mayor Project 2012. Di atas Jokowi, Wali Kota terbaik sedunia 2012 adalah Wali Kota Bilbao dari negeri Matador, Spanyol, Inaki Azkuna diikuti Wali Kota Perth, Australia Barat dari negeri Kanguru, Australia, Lisa Scaffidi berada pada peringkat kedua.

Calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo alias Jokowi, menziarahi pusara mantan Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (3/5/2014).

Selain berziarah, Jokowi juga akan bersilaturahmi ke kediaman pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng K.H. Salahuddin Wahid (Gus Solah). "Iya, rencananya Jokowi mau ke sini. Insya Allah nanti pukul 18.00 WIB," kata Gus Solah melalui pesan pendek.

Selain ke Tebuireng, Jokowi juga dijadwalkan mengunjungi Pesantren Tarbiyatun Nasyiin, di Desa Pacul Gowang, dan Pondok Pesantren Al-Lathifiyah, Tambakberas, Jombang.

Koordinator nasional relawan Pro-Jokowi (Projo), Budi Ary Setiadi, membenarkan kunjungan Jokowi ke Jawa Timur. "Setelah dari Yogyakarta, Jokowi ke Jawa Timur untuk silaturahmi dengan Khofifah Indar Parawansa dan Gus Solah," tuturnya.

Tiba di Jawa Timur, Jokowi singgah lebih dulu di rumah Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa di Jemursari, Surabaya. Setelah itu, Jokowi dan rombongan menuju Jombang. 

Mantan Walikota Solo ini juga berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Hasyim Asy`ari dan Presiden keempat RI K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Berdasarkan pantauan wartawan, setibanya di pondok pesantren tersebut, Jokowi yang datang dengan didampingi oleh salah satu tokoh NU yang juga Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Effendi Choirie dan Ketua DPP PKB Marwan Djaffar. Serta, beberapa politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) seperti Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah, anggota DPR RI PDIP Indah Kurnia, dan Ketua DPD PDIP Jawa Timur Sirmadji.

Para tamu tersebut langsung dijamu pengasuh Pondok Pesantren (ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, K.H. Salahudin Wahid yang akrab disapa 'Gus Sholah'.

Adik kandung mendiang Gus Dur itu pun langsung mengajak Jokowi untuk masuk ke ruangan untuk menggelar pertemuan tertutup.

Setelah berbincang hampir 30 menit, Jokowi kemudian langsung menuju ke kompleks pemakaman keluarga pendiri NU K.H. Hasyim Asy`ari. Di kompleks pemakaman itu juga terdapat makam Pahlawan Nasional Wahid Hasyim dan putranya, Abdurrahman Wahid.

Gus Sholah mendampingi Jokowi berziarah ke makam mantan Presiden Abdurrahman Wahid di kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang, provinsi Jawa Timur. Sebelum berziarah, Jokowi lebih dulu membacakan doa-doa yang dikhususkan bagi pendiri NU dan para kiai yang telah wafat tersebut. Setelah berdoa Jokowi bersama Gus Sholah menabur bunga di makam K.H. Hasyim Asy`ari, Wahid Hasyim, dan Abdurrahman Wahid.

Dari pesantren Tebuireng, Jokowi menuju ke salah satu pesantren NU, yaitu Pesantren Putri Al-Lathifiyah, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur. (tem/lip6/jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.551 Since: 05.03.13 | 0.1429 sec