Politik

PDIP Peroleh 27 Kursi DPRD Jateng

Wednesday, 30 April 2014 | View : 1808

SEMARANG-SBN.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hampir dipastikan akan mendominasi kursi DPRD Jateng periode 2014-2019 dengan perolehan 27 kursi. “Dari hasil penghitungan suara di 35 KPU kabupaten/kota, PDI Perjuangan mendapatkan 27 kursi di DPRD Jateng,” ungkap koordinator saksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jateng, Baginda ditemui wartawan di sela rapat pleno di Kantor KPU Jateng.

Perolehan kuota kursi DPRD Jateng di masing-masing daerah pemilihan (dapil) yang diraih PDI Perjuangan sambung dia, rata-rata di atas dua kursi. “Untuk dapil V, meliputi Solo, Klaten, dan Sukoharjo menyumbangkan paling banyak yakni lima kursi,” imbuhnya.

Dari 27 kursi PDI Perjuangan itu, sebagian besar akan ditempati wajah baru, sedang incumbent atau petahana yang masih bertahan sekitar 12 orang.

PKB-Partai Gerindra Gusur Partai Demokrat-PAN dari Kursi Pimpinan DPRD Jateng.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dipastikan bakal menempati kursi pimpinan DPRD Jateng periode 2014-2019.

Kepastian ini, setelah hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih 13 kursi di DPRD Jateng dan Partai Gerindra meraih 11 kursi.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra menggusur kursi pimpinan Dewan/DPRD Jateng yang sebelumnya ditempati Partai Demokrat (PD) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, mengatakan komposisi kursi pimpinan DPRD Jateng ada sebanyak lima, yakni satu ketua dan empat wakil ketua. “Lima kursi pimpinan DPRD Jateng ditempati partai politik yang menempatkan banyak anggota legislatif atau meraih kursi banyak di Dewan,” katanya kepada wartawan di Semarang, Rabu (30/4/2014).

Untuk kursi Ketua DPRD Jateng mendatang, lanjut Rukma Setyabudi, dipastikan milik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang meraih 27 kursi. Sedangkan, empat wakil ketua Dewan/DPRD Jateng akan ditempati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Golongan Karya (Golkar) dengan 10 kursi, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 10 kursi.

Partai Demokrat (PD) yang hanya meraih 9 kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak 8 kursi, bakal terpental dari kursi pimpinan DPRD Jateng.

“Dari hasil penghitungan sementara oleh KPU Jateng, maka kursi pimpinan DPRD Jateng mendatang akan ditempati PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Golkar, dan PKS,” ungkap Rukma Setyabudi.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi menambahkan untuk nama-nama yang akan duduk di pimpinan Dewan, masih menunggu keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, tentang perolehan kursi masing-masing partai politik (parpol). “Hasilnya saya kira tidak akan jauh berbeda dengan hasil penghitungan yang dilakukan KPU Jateng pada 23-25 April lalu. Tapi untuk kepastian menunggu pengumuman resmi KPU,” kata politisi dari PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Wahyu Setiawan mengatakan pengumuman resmi nama-nama calon anggota legislatif (caleg)  dan perolehan kursi masing-masing partai politik (parpol) di DPRD Jateng akan dilakukan Mei mendatang. “Kami akan mengumumkan antara 9-10 Mei mendatang. Setelah pengumuman dari KPU pusat,” ungkap dia.

Anggota KPU Jateng Wahyu Setiawan lebih lanjut menyatakan, saat ini pihaknya sedang berada di KPU Pusat untuk menyampaikan hasil rekapitulasi penghitungan suara anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jateng. ”Mudah-mudahan semua berjalan lancar, tidak ada permasalahan,” harap dia.

Dari keterangan yang diperoleh dari para saksi partai politik (parpol), perolehan kursi DPRD Jateng untuk Partai Gerindra dengan 11 kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) dengan 10 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 10 kursi, Partai Demokrat (PD) dengan 9 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 8 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 8 kursi, Partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan 4 kursi, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan 2 kursi.

“NasDem sebagai partai baru mendapat empat kursi sudah baik,” kata fungsionaris DPW Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jateng, Ali Mansyur H.D.

Sekretaris Umum DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jateng, Ahmadi, menyatakan bersyukur bisa memperoleh 10 kursi, sama dengan periode sebelumnya. ”Sebenarnya target kami lebih dari 10 kursi dan masuk tiga besar di Jateng,” tukas dia. 10 kursi PKS di DPRD Jateng mendatang, sembilan diisi wajah baru, hanya satu incumbent yang bertahan yakni Hadi Santoso. (jos)

See Also

Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
Rapat Paripurna DPR RI Setujui Program Dana Aspirasi
Pimpinan DPR RI Minta MKD Usut Tuntas Dugaan Gelar Doktor Palsu
4 Butir Hasil Islah Partai Golkar
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.166.313 Since: 05.03.13 | 0.223 sec