Nasional

Kapolri: 9 Titik Rawan May Day

Thursday, 01 Mei 2014 | View : 848

JAKARTA-SBN.

Hari Buruh Internasional akan berlangsung pada hari ini Kamis (1/5/2014). Untuk mengantisipasi kericuhan, Polri melakukan pengamanan dan pelayanan kepada buruh yang berdemonstrasi terutama pada 9 titik rawan di Jakarta. “Ada 9 (titik rawan), contonya di HI, Istana, DPR, Kemenakertrans, Tugu Tani dan lain-lain," ungkap Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ke-22, petahana yang mulai menjabat sejak 25 Oktober 2013, Jenderal Polisi Drs. Sutarman di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Selain itu, Polri juga mengamankan bandara-bandara di Indonesia yang kerap menjadi titik aksi buruh. "Di bandara termasuk kita amankan. Kita sudah imbau komunitas buruh di sana untuk tidak menutup fasilitas umum seperti jalan tol, bandara, dan sebagainya, karena mengganggu aktivitas masyarakat dan mereka sepakat. Kalau mengganggu aktivitas masyarakat kan justru tidak mendapat simpati masyarakat," paparnya.

Menurut mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri (2011-2012), Jenderal Polisi Drs. Sutarman, pihaknya telah berkoordinasi juga dengan seluruh tokoh buruh agar melakukan aksi damai. Polri akan memberikan pelayan kepada buruh yang berdemonstasi mulai dari titik kumpul hingga tempat aksi. "2/3 personel kita kerahkan dari jumlah personel di masing-masing daerah. Jakarta itu jumlah polisi 36 ribu, kalau 2/3-nya kira-kira 18 ribu sampai 20 ribu personel. Nanti back up dari Mabes Polri juga kita stand by kan semua," tegas mantan Kapolda Jabar (2010) dan mantan Kapolda Metro Jaya (2010-2011), Jenderal Polisi Drs. Sutarman.

Hari Buruh Internasional 1 Mei (May Day) yang jatuh hari ini biasa sekaligus tidak biasa. Biasa karena May Day selalu diwarnai aksi demonstrasi para buruh, tidak biasa lantaran untuk tahun ini atau pertama kalinya 1 Mei menjadi hari libur nasional.

Hari ini, Kamis (1/5/2014), ratusan ribu buruh akan turun ke jalan-jalan ibu kota untuk menyampaikan aspirasinya. Mereka rata-rata akan longmarch ke jalan-jalan protokol, untuk kemudian menggelar aksi di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Istana Kepresidenan.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada siang harinya juga akan menjadi salah satu titik berkumpulnya masa buruh. “Di GBK, kegiatan May Day akan diisi dengan berbagai orasi dari pimpinan federasi serikat pekerja, salah satu calon presiden 2014 serta pagelaran musik buruh," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam rilis yang diterima wartawan. Namun, Presiden KSPI, Said Iqbal tidak merinci siapa capres yang akan berorasi.

Selain dari KSPI, sejumlah elemen buruh juga siap beraksi di Jakarta. Seperti Sekber Buruh-Komite Politik Alternatif dan Mahasiswa Bersatu yang akan longmarch dan HI menuju Istana. Sekitar 14 ribu anggota mereka akan mengangkat isu kapitalisme telah gagal, lawan pemerintahan pemenang pemilu borjuasi 201 dan bangun alat politik alternatif.

Di patung kuda depan Indosat, Jakarta, sebanyak 5.000 orang buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Nasional (FSPN) akan menyampaikan tuntutan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui aksi demonstrasi. (mer/tri/jos)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.614.312 Since: 05.03.13 | 0.1478 sec