Hukum

Kombes Pol Rikwanto: UGB Ditetapkan Sebagai Tersangka

Tuesday, 29 April 2014 | View : 1882

JAKARTA-SBN.

Nama Muhammad Susilo Wibowo mungkin tidak banyak dikenal orang. Tetapi ketika menyebut Ustaz Cilik Guntur Bumi, langsung teringat sosok Pemburu Hantu yang beberapa tahun lalu mengisi sebuah acara reality show di salah satu stasiun televisi.

Ustaz H.M. Guntur Bumi Shalawat Nabi Alqurthubi, S.T., itulah nama panjangnya kini. Dia menjadi salah satu ustaz yang sedang naik daun. Tidak hanya kiprahnya dalam berdakwah, bahkan kehidupan pribadinya pun sering disorot media hiburan. Apalagi Ustaz Guntur Bumi (UGB) memiliki kemampuan dari sisi pengobatan supranatural.

Sebagian masyarakat percaya kalau Ustaz Guntur Bumi (UGB) mampu mengobati berbagai penyakit jasmani, maupun penyakit yang bersifat ghaib. Dia mampu mengusir gangguan energi negatif dari jin dengan pengobatan menggunakan ayat-ayat Alquran dan dzikir.

Belakangan, Ustaz Guntur Bumi (UGB) kembali disorot terkait kasus dunia mistisnya. Dia dianggap melakukan praktik penipuan, pemerasan dan pencabulan lewat dunia pengobatan yang lekat dengan praktik perdukunan yang dijalaninya.

Puluhan orang yang mengaku mantan pasien mengaku tertipu dengan praktek pengobatan yang dilakukan UGB. Mereka melaporkan dengan pasal penipuan dan pelecehan seksual.

Terkait praktik pengobatan yang dilakukan UGB, sejumlah orang juga telah melaporkan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hasil pengkajian MUI menunjukkan adanya penyimpangan dan meminta UGB untuk segera kembali ke jalan sesuai syariat.

UGB sendiri mengakui adanya kesalahan dalam pengelolaan infaq, sehingga menimbulkan kerugian beberapa pihak. Rekomendasi MUI meminta UGB untuk menyelesaikan persoalan jika ada pihak-pihak yang dirugikan.

Selain itu juga muncul mantan pasien yang mengaku mendapat perlakuan pelecehan seksual oleh UGB. Perempuan yang mengaku mengalami sakit pada kakinya, diraba-raba semua bagian rahasianya, yang menurut UGB sebagai syarat pengobatan.

Sebelumnya, para mantan pasien melaporkan UGB ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan penipuan dan pelecehan seksual. Terhitung ada 14 laporan polisi yang dibuat para mantan pasien ustad yang membuka praktik pengobatan itu.

Tidak tinggal diam, pihak UGB juga melaporkan balik mantan pasien beserta pengacaranya, Hans Sutha dan Hudy Yusuf. Keduanya sudah lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka.

Setelah dilaporkan oleh banyak orang terkait kasus penipuan hingga pelecehan seksual, Ustadz Guntur Bumi (UGB) akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Pihak kepolisian hari ini, Selasa (29/4/2014) akhirnya menetapkan Muhammad Susilo Wibowo atau Ustaz Guntur Bumi atau pria yang akrab disapa UGB tersebut menjadi tersangka kasus dugaan tindak pelecehan seksual dan tuduhan penipuan yang dilaporkan oleh mantan pasiennya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan penetapan Ustaz Guntur Bumi (UGB) sebagai tersangka diberikan setelah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.

Penetapan tersangka ini diberikan setelah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Penetapan dirinya sebagai tersangka kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Rikwanto setelah dalam tiga hari belakangan ini pihaknya melakukan pengkajian yang mendalam terhadap kasus yang dilaporkan.

“Status dia (UGB) yang tadinya terlapor sudah kita tingkatkan menjadi tersangka berdasarkan kesimpulan dari pengkajian yang mendalam terhadap kasus tersebut. Dalam 3 hari ini kita tetapkan menjadi tersangka, setelah melalui gelar perkara, pengkajian yang mendalam terhadap kasus yang dilaporkan, setelah itu disimpulkan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Rikwanto melalui pesan singkatnya kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Pihak kepolisian pun dalam waktu dekat akan segera kembali memanggil mantan suami artis Puput Melati itu untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Rencananya, suami dari Puput Melati tersebut akan segera menjalani pemeriksaan dalam waktu dekat menyusul status barunya itu. Namun, mantan Kapolres Klaten tersebut Kombes Pol. Rikwanto mengatakan pihaknya belum bisa menentukan waktu pemeriksaan tersebut. "Nanti akan dijadwalkan untuk dia (UGB) dipanggil," tegas mantan Wakapolwil Banyumas, Kombes Pol. Rikwanto saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (29/4/2014).

Saat disinggung apakah UGB akan ditahan saat pemanggilan nanti, Kombes Pol. Rikwanto menjawab diplomatis. Sementara soal kemungkinan penahanan Ustaz Guntur Bumi (UGB), Kombes Pol. Rikwanto menunggu pemanggilan lebih lanjut. Mengenai penahanan, Kombes Pol. Rikwanto mengatakan bahwa hal itu akan dilakukan setelah dilakukan pemanggilan terhadap suami Puput Melati tersebut yang akan dilakukan dalam waktu dekat. “Nanti ya setelah dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan penyidik akan melakukan tindakan. Baru akan diketahui apakah yang bersangkutan (UGB) akan hanya wajib lapor, apakah akan harus ditahan nantinya. Itu nanti penyidik yang menentukan," pungkas Kombes Pol. Rikwanto.

Seperti dikabarkan Ustaz Guntur Bumi (UGB) juga mengaku memiliki kelebihan dalam pengobatan alternatif secara alami, sejak masih kecil. Karena itu pula mendapat julukan Ustadz Cilik Guntur Bumi.

Kemunculan Ustaz Guntur Bumi (UGB) di dunia hiburan pun diawali lewat acara reality show berbau mistis, Pemburu Hantu yang tayang di Lativi sekarang TVOne. Acara ini menampilkan petualangan beberapa ustaz yang melakukan 'pembersihan' tempat-tempat angker yang diduga menjadi sarang makhluk ghaib yang mengganggu manusia.

Saat itu, Ustaz Guntur Bumi (UGB) menjadi salah satu bahkan yang paling muda dalam Tim Pemburu Hantu. Bersama para seniornya, setiap pekan beraksi keliling daerah. Di mana dapat informasi tempat angker, mereka siap membersihkan.

Aksi mereka dikemas dramatis, horor dan penuh ketegangan. Mereka selalu energik dan kelelahan setiap kali melakukan pengusiran makhluk astral. Meski kedodoran dalam setiap pertarungan, pada akhirnya mereka sebagai pemenang.

Ustaz Guntur Bumi (UGB) mencuri perhatian para penonton Pemburu Hantu, terutama kaum hawa dengan parasnya yang ganteng, berjanggut.

Apalagi didukung aktivitasnya yang religius lewat yayasannya. Dia mendirikan pondok pesantren dan menjadi pimpinan Padepokan Silaturahmi Se-Indonesia.

Ustaz Guntur Bumi (UGB) rutin menggelar acara sosial, termasuk santunan anak yatim. Dia juga dikenal dekat dengan sejumlah kiai dan tokoh organisasi masyarakat di Jakarta.

Dari profil yang ditampilkan di website, UGB memiliki cita-cita tinggi dalam bidang dakwah, meski selalu mendapatkan cobaan dan cibiran bahkan fitnah. Alasannya karena UGB memiliki masa lalu sebagai orang yang dekat dengan dunia mistik.

Namun dia bertekat untuk terus memperbaiki diri sesuai dengan syariat Islam seperti yang diajarkan Al-Quran dan Sunah atas bimbingan para ulama, Habib, dan para ustadz. UGB pun dikenal dekat dengan para ulama.

Ustaz Guntur Bumi (UGB) menikahi Puput Melati pada Senin (27/6/2011). Akad nikah berlangsung di tempat Habib Husein, Majelis Taklim Alkhairat, Condet, Jakarta Timur.

Namun tanpa diketahui publik pada Jumat (27/12/2013), Puput Melati melayangkan gugatan cerai. Kemudian, Selasa (21/1/2014) resmi memutus pernikahan mereka. Saat itu melalui pengadilan, mereka sepakat untuk berpisah, meski telah dikaruniai dua orang anak.

Belakangan publik baru tahu kalau keduanya sudah bercerai. Kendati sebelumnya sempat muncul rencana rujuk, kenyataan hingga kini mereka telah berpisah.

Bagi Puput Melati, perceraian itu kali kedua dialaminya. Sebelumnya dia pernah menikah dengan Oddie Pratama Wibowo dan berpisah pada 24 Juni 2004. Dari pernikahan pertamanya dikaruniai satu putra, Argia Lufen Atalia Wibowo.

UGB menyukai motor Harley Davidson. Dia mengaku memiliki Harley Softail 2005 yang dimodifikasi dan menghabiskan biaya sekitar Rp 90 juta.

Selain itu juga memiliki Heritage Softail 2011, serta yang terbaru jenis Ultra Limited 2012 berkelir merah maroon.

Di garasi UGB juga masih menyimpan salah satu HD Ultra Classic Electra Glide Trike 2011 kesayangannya yang berkelir biru dengan aksen tribal.

Memiliki motor gede tentu Ustaz Guntur Bumi (UGB) doyan touring. Ustaz Guntur Bumi (UGB) lalu membentuk Tim Harley Davidson Rukyah Zikir Tauziyah (Tim HDRZT).

Selain itu, UGB juga memiliki hobi menembak. Di galeri situs pribadinya, http://ustadzgunturbumi.com, terpampang foto-foto aksinya bermain senapan. UGB juga mengaku tercatat sebagai atlet menembak tingkat nasional.

Artis Manohara Odelia Pinot pernah berseteru dengan Ustaz Guntur Bumi (UGB). Dia keberatan, karena fotonya tampil dalam selebaran pengobatan alternatif milik UGB. Dia merasa dirugikan,karena tidak pernah berobat ke tempat praktik UGB.

Manohara Odelia Pinot saat itu mengaku khawatir kalau orang lain salah dalam memilih pengobatan, hanya karena fotonya. Padahal kesehatan adalah sesuatu yang penting dan nomor satu bagi siapapun.

"Aku enggak mau orang ke sana karena aku jadi ikonnya. Jadi apa pun yang berkaitan dengan kesehatan, itu sangat merugikan aku dan orang lain," ujarnya.

Dalam foto tersebut tampak Manohara Odelia Pinot tengah bersama UGB. Manohara Odelia Pinot berkilah bahwa foto itu diambil saat dirinya bertemu UGB dan sekadar bersilaturahim. Tanpa seizinnya, foto tersebut justru diberi keterangan kalau dirinya tengah berobat.

Sementara itu penasihat hukum UGB mengaku belum mengetahui mengenai penetapan tersangka terhadap kliennya. Namun meski begitu, pihaknya akan menghormati hukum dan mengikuti prosesnya. "Saya baru tahu kalau dia jadi tersangka. ini kan prosesnya, memang sedang berjalan. Kita wait and see saja," cetus salah satu penasihat hukum UGB, Yasin Hassan, Selasa (29/4/2014). (kl/tri/jos)

See Also

Bareskrim Polri Tetap Usut Korupsi PD Sarana Jaya
KPK Perpanjang Penahanan Kadis PUPR Mojokerto
Bareskrim Polri Tahan 7 Tersangka Terkait Kasus Praktik Bank Gelap Hanson International
KPK Perpanjang Penahanan Dirut PT. CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.286.653 Since: 05.03.13 | 0.1666 sec