Politik

Puan Maharani Raih Suara Paling Banyak Di Dapil Jawa Tengah V

Thursday, 24 April 2014 | View : 1771

SEMARANG-SBN.

Puan Maharani, putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang maju dalam jadi bakal caleg Pemilihan Umum 2014 meraih suara paling banyak di Daerah Pemilihan (dapil) Jawa Tengah V.

Daerah pemilihan (Dapil) Jateng V yang meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta itu memperebutkan jatah sebanyak delapan kursi DPR RI, dan dipastikan Puan Maharani dan Aria Bima akan melenggang ke Senayan.

Adapun caleg muda yang berhasil memecah rekor adalah Puan Maharani. Putri kandung Megawati Soekarnoputri ini sukses meraup 369.927 suara. Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara anggota DPR RI, DPRD provinsi, dan DPD RI yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng di Semarang, Kamis (24/4/2014), Puan Maharani maju di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V yang meliputi, Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta tercatat memperoleh sebanyak 369.927 suara. Perolehan suara Puan Maharani pun merupakan perolehan suara tertinggi se-Indonesia.

Perolehan suara Ketua DPP PDIP yang maju sebagai caleg DPR RI dari Dapil Jateng V itu, disusul cukup jauh oleh rekan separtainya, Aria Bima di urutan kedua dengan perolehan 96.163 suara.

Caleg-caleg dari parpol lain tak sanggup menyaingi perolehan suara keduanya, seperti halnya caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari dapil sama, yakni M. Toha yang memeroleh 71.688 suara.

Terlihat pula nama Angel Lelga Anggreyani atau Angel Lelga dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga bertarung di dapil sama hanya dapat 13.857 suara dan GRAY Koes Moertiyah atau Gusti Mung dari Partai Demokrat mendapat 15.403 suara.

Mimpi penyanyi dangdut Angel Lelga Anggreyani atau Angel Lelga menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyar (DPR) RI periode 2014-2019 sepertinya tidak akan tercapai.

Dari perolehan data penghitungan suara KPU sementara untuk di daerah pemilihan (Dapil) V wilayah Solo, perolehan suara mantan istri raja dangdut Rhoma Irama itu kalah dari Puan Maharani, puteri Megawati Soekarnoputri.

Perolehan untuk caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya mendapat 1.617 suara. Sementara Puan Maharani memperoleh 72.869 suara.

Dari 8 caleg dari partai PPP, nama Angel Lelga di Dapil V wilayah Solo berada di peringkat paling atas.

Wanita kelahiran, Solo, 1 Januari 1984 itu juga mengungguli R.R. Murti Sari Dewi, pemeran tokoh Mantili dalam film kolosal Saur Sepuh, dari Partai Gerindra.

Meski sudah diprediksi gagal menjadi anggota legislatif, saat ditemui beberapa waktu lalu Angel Lelga masih belum bisa komentar.

Wanita yang digosipkan jadi model untuk cover album grup band Slank itu masih menunggu ketetapan resmi perolehan suara dari KPU Pusat, 9 Mei 2014 mendatang.

"Kalau ditanyakan sekarang, masih terlalu prematur. Saya masih tunggu penetapan," tukas Angel Lelga kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara parpol, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga unggul jauh di daerah pemilihan (Dapil) Jateng V dengan perolehan 861.673 suara dari jumlah suara sah yang ada di dapil tersebut sebanyak 2.010.828 suara.

Posisi kedua, ditempati Partai Golkar dengan perolehan 269.446 suara, disusul Partai Gerindra dengan 152.378 suara, PKB dengan 137.727 suara, dan posisi kelima Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 120.918 suara.

Untuk perolehan suara DPRD provinsi di daerah pemilihan (Dapil) Jateng, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga unggul telak dengan perolehan sebanyak 903.456 suara, sementara Partai Golkar di urutan kedua hanya memperoleh sebanyak 184.424 suara.

Sementara perolehan suara pada daerah pemilihan (Dapil) Jateng IV untuk DPR RI, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali unggul dengan perolehan 417.714 suara, disusul Partai Golkar dengan 235.865 suara, dan Partai Gerindra dengan perolehan 168.597 suara.

Pada daerah pemilihan (Dapil) Jateng IV yang meliputi Kabupaten Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen itu memperebutkan sebanyak tujuh kursi DPR RI dengan jumlah suara sah tercatat sebanyak 1.528.134 suara dari hasil rekapitulasi.

Untuk DPRD provinsi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga menempati urutan pertama di daerah pemilihan (dapil) yang sama dengan perolehan suara sebanyak 545.073 suara, disusul Partai Golkar dengan 192.364 suara dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 146.879 suara. (ant/tri/jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.001.833 Since: 05.03.13 | 0.3418 sec