Politik

Dokter Sofyan Tan Raih Suara Terbanyak Dapil Sumut 1

Friday, 25 April 2014 | View : 1694

MEDAN-SBN.

Dr. Sofyan Tan yang dianugerahi marga Ginting oleh tetua adat dan tokoh masyarakat Karo di Jambur Namaken, Medan, sehingga namanya menjadi Sofyan Tan Ginting diproyeksikan akan menjadi peraih suara terbanyak yang duduk di DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Utara (Sumut) 1.

Mantan calon Wali Kota Medan ini meraup 113.717 suara, menggungguli rekannya sesama caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga lolos ke Senayan, Irmadi Lubis dengan 46.039 suara.

Selain Caleg DPR RI daerah pemilihan (Dapil) 1 Sumut, Sofyan Tan, wajah baru yang juga lolos ke Senayan dari Dapil Sumut 1 adalah anak Ketua Umum DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem), Pranda Surya Paloh (46.233 suara); caleg PAN, Mulfachri Harahap (47.280 suara); serta caleg Partai Gerindra, Muhammad Syafii  (46.438).

Selebihnya adalah caleg petahana yakni caleg PKS Tifatul Sembiring (74.510); caleg  PDIP Irmadi Lubis (46.039); caleg Partai Golkar Meutya Viada Hafid (45.232); caleg  Partai Demokrat, Ruhut Sitompul (34.685); caleg PPP Hasrul Azwar (43.908); serta caleg Partai Hanura Nurdin Tampubolon (49.859).

Di daerah pemilihan (Dapil) 1 Sumut, jumlah suara sah mencapai 1.807.627 suara sehingga Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) 180.762 suara.

Saat KPU Sumut mengetuk palu kemenangannya, Kamis (24/4/2014) malam, dr. Sofyan Tan memilih cooling down ke Singapura, sambil mengunjungi putrinya, Cindy.

Pendiri Yayasan Sultan Iskandar Muda, yang terkenal karena menjunjung tinggi nilai pluralisme, dr. Sofyan Tan menyebutnya mendinginkan mesin yang sedang mendidih dan sudah di Singapura sejak 17 April.

Suara yang diperolehnya tersebut dikatakan dr. Sofyan Tan lebih banyak dari target yang sebanyak 100 ribu suara, dan menang di daerah-daerah yang memiliki calon-calon potensial.

“Sebagai umat beragama, saya bersyukur atas kemenangan ini. Saya juga bersukacita karena ini semua saya peroleh tanpa  iming-iming, baliho, banner, dan kampanye terbuka habis-habisan seperti yang banyak dilakukan orang lain,” tutur alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan tahun 1990 ini melalui wawancara telepon seluler, Kamis (24/4/2014) malam.

Dokter yang berusia 54 tahun ini mengakui ada perubahan dalam pandangan memilih masyarakat Medan karena tidak lagi terpengaruh oleh uang alias NPWP (Nomor Piro Wani Piro), banner, baliho, bahkan isu SARA. “Saya melihat pemilih Medan semakin cerdas dan bijak,” jelasnya lagi.

Menjadi wakil rakyat, menurutnya sudah pasti akan menjadi penyalur aspirasi masyarakat Sumut ke pusat. Namun rencana yang lebih nyata tergantung nantinya ayah empat orang anak ini ditempatkan di komisi mana.

Sekadar diketahui, dr. Sofyan Tan adalah seorang dokter yang terjun ke dalam bidang pelayanan dan pengembangan masyarakat di Sumatera Utara, kini aktif di advokasi lingkungan, pengelola yayasan pendidikan, dan UKM. Saat ini ia juga adalah Ketua Presidium Forum Nasional Usaha Kecil dan Menengah (Fornas UKM).

Menurutnya, di mana pun nantinya ditempatkan, lingkungan tetap menjadi program penting misalnya mengatasi masalah sampah. Selain itu jalan-jalan rusak dan perizinan akan menjadi perhatiannya. “Bikin KTP, surat izin usaha, Kartu Keluarga selama ini sering sulit. Ujung-ujungnya lapangan kerja jadi sedikit,” terangnya lagi.

Dr. Sofyan Tan yang bernama asli Tan Kim Yang pernah mencalonkan diri sebagai Wali Kota Medan periode 2010-2015 bersama dengan mantan Ketua KPU Medan, Ir. Nelly Armayanti, M.S.P. sebagai calon wakil Wali Kotanya dalam Pemilukada Medan tahun 2010 yang dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2010, berencana kembali ke Medan, Jumat (25/4/2014), hari ini.

Pasangan Sofyan Tan/Nelly Armayanti didukung oleh PDIP dan Partai Damai Sejahtera (PDS) berhasil mendulang 140.676 suara (20,72 persen) suara dan masuk putaran kedua pemilihan Wali Kota Medan bersama pasangan Rahudman Harahap dan Dzulmi Eldin.

Dr. Sofyan Tan dan tim suksesnya akan mengunjungi tempat-tempat dengan perolehan suara terbanyak, yakni Medan Sunggal, Medan Tuntungan, Medan Selayang, Medan Petisah, Medan Area, Medan Timur, Medan Kota, Kecamatan Sunggal, Tanjungmorawa, Percut Seituan, dan lainnya. Dr. Sofyan Tan hampir menang di semua kecamatan di Medan, bahkan termasuk Lubukpakam dan Tebingtinggi.

Dr. Sofyan Tan yang mendapatkan penghargaan Fellow Ashoka Fellowship untuk Hubungan Antaretnis dan Pendidikan dari Washington pada tahun 1989, dan Anugerah Wiyata Mandala dari Gubernur Sumut, Rizal Nurdin, untuk bidang pendidikan pada tahun 2002 ini mengaku banyak pemilih yang memilihnya menjadi Wali Kota dulu masih setia memilihnya sekarang.

Sampai-sampai, ia terharu karena seorang tim sukses yang bergelar dokter ini mencarikan uang pinjaman sebesar Rp 200 juta untuk dipinjamkan pada bagian keuangan Sofyan Tan karena dia merasa tim mulai kesulitan uang. “Dia takut suara yang terkumpul banyak itu hilang. Tapi tentu saya tolak,” ungkap peraih ‘Tokoh Terpopuler di Sumut’ versi Harian Waspada tahun 1994 dan peraih ‘Tokoh Paling Diinginkan Menjadi Gubernur Sumut’ versi Polling Harian Medan Bisnis tahun 2003. (tri/jos)

See Also

Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
Rapat Paripurna DPR RI Setujui Program Dana Aspirasi
Pimpinan DPR RI Minta MKD Usut Tuntas Dugaan Gelar Doktor Palsu
4 Butir Hasil Islah Partai Golkar
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.166.319 Since: 05.03.13 | 0.2618 sec