Olah Raga

Finis Pertama F1 GP China, Lewis Hamilton Cetak Hattrick Ketiga Beruntun

SHANGHAI-SBN.

Lewis Hamilton mencatat kemenangan ketiga secara beruntun musim ini setelah mendominasi Grand Prix China dari pole position dengan finis pertama pada F1 GP China 2014, di Shanghai International Circuit, Shanghai, China, Minggu (20/4/2014), sekaligus memimpin tim Mercedes finis satu dua, juga untuk ketiga kalinya.

Pebalap Mercedes F1 Grand Prix asal Inggris, Lewis Hamilton berhasil mencetak hattrick kemenangannya di tiga seri F1 Grand Prix berturut-turut. Ini adalah kali pertamanya sepanjang karier balapnya, Lewis Hamilton berhasil memetik kemenangan secara tiga kali berturut-turut. Pencapaian ini sekaligus mencetak sebuah rekor baru untuk pebalap asal Inggris itu sendiri.

Pebalap Jerman, Nico Rosberg melengkapi sukses Mercedes dengan kembali finis kedua.

Mendung membayangi Sirkuit Internasional Shanghai dan sebagian besar pebalap memulai balapan dengan memakai ban lunak. Beberapa pebalap memilih ban medium.

Lewis Hamilton tampil sangat mendominasi dari awal perlombaan seri Shanghai dan terlihat menikmati posisi teratas.

Lewis Hamilton melakukan start dengan baik langsung tancap gas dan memimpin perlombaan di lap pembuka dan sudah mulai menjauh dari pebalap lainnya.

Start hebat juga dilakukan oleh pebalap Williams Mercedes asal Brazil, Felipe Massa namun sayang, pebalap Williams tersebut terlibat kontak dengan Fernando Alonso sebelum masuk ke tikungan pertama.

Sedangkan, pebalap Ferrari asal Spanyol, Fernando Alonso melakukan start brilian dan naik ke urutan tiga, dari posisi start kelima.

Dari posisi tiga, pebalap Red Bull Renault, Sebastian Vettel naik satu tingkat melewati rekan pebalap Red Bull Renault dari negeri Kanguru, Australia, Daniel Ricciardo dan menempel Lewis Hamilton dari urutan dua.

Sebastian Vettel berada di tempat kedua disusul oleh Fernando Alonso yang membuat start bagus dan Daniel Ricciardo di posisi keempat. Setelah terlibat kontak dengan Fernando Alonso, Felipe Massa berada di tempat kelima.

Setelah 10 putaran, pebalap Jerman lainnya, Sebastian Vettel tertinggal 10,4 detik dari Lewis Hamilton.

Sementara itu, Nico Rosberg yang memulai balapan dari posisi empat turun ke urutan tujuh. Nico Rosberg terlempar ke posisi tujuh akibat mengalami kontak dengan Valtteri Bottas tepat sebelum masuk tikungan pertama. Ini membuat Lewis Hamilton bisa terlepas dari tekanan pebalap Jerman tersebut, Nico Rosberg yang mengalami insiden benturan dengan mobil Williams milik Valtteri Bottas ketika start dilakukan. Alhasil, perang seru sesama mobil Mercedes di Bahrain dua pekan lalu gagal terulang. Namun berhasil menyalip Nico Hulkenberg pada lap selanjutnya.

Setelah pitstop pertama, posisi beberapa pebalap berubah kecuali Lewis Hamilton yang jauh memimpin di depan.

Hingga memasuki penghujung lap 9, Lewis Hamilton masih memimpin dengan jarak 8,5 detik di depan Sebastian Vettel.

Sebuah insiden terjadi di lap 11 ketika Felipe Massa masuk pit namun entah apa yang terjadi mantan pebalap Ferrari tersebut mengalami gangguan pada pemasangan ban medium, untungnya masalah tersebut bisa teratasi dan harus berada di urutan buncit.

Strategi yang di usung Ferrari berjalan sukses, setelah masuk Fernando Alonso masuk pit pada lap 12 yang kemudian disusul oleh Sebastian Vettel di lap 13. Masuknya Sebastian Vettel ke pit otomatis membuat Fernando Alonso berada di tempat kedua menggantikannya sementara itu Lewis Hamilton berjarak 30 detik di depan juara dunia dua kali.

Setelah 18 putaran, Fernando Alonso berada di urutan dua, tertinggal 3,7 detik dari Lewis Hamilton. Sebastian Vettel, Nico Rosberg, dan Daniel Ricciardo di urutan tiga hingga lima.

Nico Rosberg akhirnya berhasil melewati Sebastian Vettel dan terus mendekati pebalap Ferrari Fernando Alonso yang tertinggal 7,7 detik dari Lewis Hamilton setelah menyelesaikan 24 lap.

Dua pebalap Red Bull Renault bersaing memperebutkan tempat keempat. Tim Red Bull Renault menginstruksikan Sebastian Vettel untuk memberi jalan Daniel Ricciardo melewatinya. Tim Red Bull kembali memberikan team orders kepada juara dunia empat kali di lap 25 untuk memberikan Daniel Ricciardo jalan, namun Sebastian Vettel tidak langsung memberikan jalan. Sebastian Vettel sempat menunjukkan tanda tak akan memberi jalan pada Daniel Ricciardo, meski akhirnya dia memberi ruang bagi pebalap Australia tersebut untuk melewatinya. Beberapa kali Daniel Ricciardo coba memberikan tekanan kepada Sebastian Vettel dan pada akhirnya pebalap Australia tersebut diberikan jalan oleh Sebastian Vettel di lap 26.

Sementara itu, Lewis Hamilton sudah unggul 10,9 detik, dibelakang Fernando Alonso, sedangkan Nico Rosberg hanya terpaut 4,7 detik dari driver asal Spanyol.

Pada lap 30 jarak antara Nico Rosberg dengan Fernando Alonso terpangkas menjadi 3,0 detik dan driver Jerman tersebut kembali mendekat dengan hanya terpaut 1,2 detik dan akan bersiap untuk menyerang posisi rekan satu tim Kimi Raikkonen. Namun Fernando Alonso keburu kembali masuk ke pit.

Pada lap 37 kembali terjadi perubahan di tempat lima besar. Dimana Nico Rosberg berada di posisi kedua berjarak 18,9 detik dari Lewis Hamilton dan berjarak 7,5 detik didepan Daniel Ricciardo. Fernando Alonso berada di tempat ketiga karena masuk pit untuk kedua kalinya.

Saat Daniel Ricciardo berusaha untuk mendekati Fernando Alonso yang berada di urutan tiga, Lewis Hamilton makin menjauh di urutan pertama.

Masuk pada lap 46 dimana perlombaan hanya menyisakan 10 lap dengan Lewis Hamilton masih mendominasi dengan keunggulan 14,8 detik dari Nico Rosberg disusul oleh Fernando Alonso di tempat ketiga, Daniel Ricciardo di tempat keempat dan Sebastian Vettel berada di tempat kelima.

Dua lap terakhir pun tak ada bedanya Lewis Hamilton terus perkasa di depan bahkan ia memperlebar jarak dari Nico Rosberg dengan unggul 17 detik. Pebalap Ferrari, Fernando Alonso masih di tempat yang sama berjarak 3,7 detik dari pebalap Australia, Daniel Ricciardo sementara itu Sebastian Vettel semakin tertinggal dengan terpaut 20 detik dari rekan satu timnya.

Lewis Hamilton menutup balapan dengan keunggulan 18,6 detik dari pebalap Mercedes lainnya, Nico Rosberg asal Jerman menyusul dengan finis kedua. Ini juga kali ketiga secara beruntun Nico Rosberg finis kedua di belakang Lewis Hamilton. Nico Rosberg adalah juara seri pertama di Australia.

Disusul pebalap Ferrari asal Spanyol, Fernando Alonso akhirnya finis di tempat ketiga dan mempersembahkan podium pertama untuk Ferrari musim ini. Fernando Alonso meraih hasil podium pertama musim ini untuk Ferrari, yang dipimpin prinsipal tim baru Marco Mattiacci. Hasil ini cukup memberi harapan bagi tim Ferrari yang untuk pertama kalinya dipimpin oleh prinsipal baru, Marco Mattiacci. Fernando Alonso bahkan sempat berada di urutan dua selama beberapa lap, sebelum akhirnya harus mengakui fakta bahwa mobil Mercedes milik Nico Rosberg jauh lebih kencang hingga menyalipnya di lap ke-42.

Namun, Ferrari tidak bisa sepenuhnya lega karena Kimi Raikkonen hanya harus puas di posisi kedelapan. Bahkan, sebelumnya Kimi Raikkonen gagal menyelesaikan sesi latihan pertama Grand Prix China akibat masalah teknis. Kimi Raikkonen hanya bisa menempati urutan ketujuh di sesi kedua pada hari Jumat (18/4/2014).

Duo Red Bull Renault, Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel berada di tempat keempat dan kelima. Daniel Ricciardo jadi wakil Red Bull pertama yang menyentuh finis, 1,2 detik lebih lambat dari Fernando Alonso. Pebalap Red Bull Daniel Ricciardo tampil makin konsisten, dan kembali mengalahkan rekan setim yang juga juara dunia bertahan, Sebastian Vettel.

Nico Hulkenberg harus puas di posisi enam, Valterri Bottas, Kimi Raikkonen, Sergio Perez masing-masing berada di tempat ketujuh, delapan dan sembilan. Pembalap Toro Rosso, Daniil Kvyat menutup posisi sepuluh besar.

Berhasil mencetak hattrick di Grand Prix Shanghai membuat hati dari Lewis Hamilton kini tengah diselimuti kebahagiaan luar biasa. Baginya peningkatan performa musim ini tidak terlepas dari kerja keras tim Mercedes yang selalu mempersiapkan mobil jauh-jauh hari dan menyesuaikannya dengan regulasi baru.

Lewis Hamilton akhirnya meraih hattrick pertamanya di Formula 1 setelah menyentuh garis finis GP China di urutan pertama. Ini adalah pertama kalinya Lewis Hamilton mencetak tiga kemenangan berturut-turut selama berkarir di Formula One (F1). Lewis Hamilton menjuarai dua seri sebelumnya di F1 GP Malaysia dan GP Bahrain. Dengan kemenangan ini juga memberi arti bahwa Mercedes selalu menjadi pemenang di empat seri F1 yang telah diselenggarakan.

Memimpin dari garis start dan mendominasi jalannya perlombaan hingga garis finis membuat kemenangan ini menjadi lebih indah. Apalagi ia kembali unggul jauh dari rekan satu timnya, pebalap Jerman Nico Rosberg yang terpaut 18 detik dibelakangnya.

Bagaimanapun juga kekasih Nicole Scherzinger ini tidak akan melupakan jasa seluruh tim Mercedes yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan dan menyesuaikan W05 dengan regulasi baru. Hasil peras keringat mereka pun sudah dapat dilihat sejauh ini. “Saya tidak akan bisa seperti ini tanpa kerja keras dari tim, ini sangat luar biasa. Sejujurnya saya masih tidak dapat mempercayai kinerja mobil yang begitu luar biasa dan bagaimana semua orang di sini (Mercedes) telah bekerja. Hasil yang kami dapatkan adalah cerminan dari apa yang kami kerjakan," ungkap Lewis Hamilton, dilansir Crash, Minggu (20/4/2014).

Lebih jauh lagi, Lewis Hamilton juga berkomentar perihal persiapan khusus dan harus membuat beberapa perubahan untuk langkah antisipasi balapan hari ini. Dimana keadaan lintasan berbeda saat kualifikasi yang basah dan saat balapan keadaan aspal kering terlihat di Shanghai. “Saya harus membuat banyak perubahan untuk mengantisipasi balapan hari ini walaupun kemarin (kualifikasi) hujan, tapi ini bekerja sangat sempurna. Semua ban bekerja dengan sangat baik. Memang pada pit stop pertama saya menghabiskan banyak waktu tapi aku sangat menikmati hari ini. Apa lagi Nico (Rosberg) juga bersamaku dipodium, ini adalah hasil yang luar biasa,” tambahnya lagi. “Kami ingin terus melanjutkan trend positif ini dan akan terus bekerja untuk meningkatkan lagi performa mobil. Hal tersebut harus tetap kami lakukan untuk tetap menjaga jarak dengan mereka (para pesaing) dan saya harap situasi ini terus berlanjut,” tutup Juara Dunia F1 GP 2008.

Kendati demikian, tiga trofi juara dari empat seri belum mampu membawa Lewis Hamilton ke puncak klasemen, meskipun Lewis Hamilton mampu memangkas jarak dari 11 poin menjadi 4 poin atas rekan setimnya, Nico Rosberg. Hingga empat seri F1 GP berjalan, pebalap Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg masih memimpin klasemen sementara pebalap dengan 79 poin, unggul 4 angka dari rekan setimnya, Lewis Hamilton asal Inggris.

Hasil Lengkap F1 GP China 2014:

1. Lewis Hamilton Britain Mercedes-Mercedes 56 laps 1hr 35m 09.751s.

2. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes +00m 18.6s.

3. Fernando Alonso Spain Ferrari-Ferrari +00m 25.6s.

4. Daniel Ricciardo Australia Red Bull-Renault +00m 26.8s.

5. Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault +00m 50.5s.

6. Nico Hulkenberg Germany Force India-Mercedes +00m 57.0s.

7. Valtteri Bottas Finland Williams-Mercedes +00m 57.5s.

8. Kimi Raikkonen Finland Ferrari-Ferrari +01m 23.3s.

9. Sergio Perez Mexico Force India-Mercedes +01m 25.7s.

10. Daniil Kvyat Russia Toro Rosso-Renault +1 lap.

11. Jenson Button Britain McLaren-Mercedes +1 lap.

12. Jean-Eric Vergne France Toro Rosso-Renault +1 lap.

13. Kevin Magnussen Denmark McLaren-Mercedes +1 lap.

14. Pastor Maldonado Venezuela Lotus-Renault +1 lap.

15. Felipe Massa Brazil Williams-Mercedes +1 lap.

16. Esteban Gutierrez Mexico Sauber-Ferrari +1 lap.

17. Kamui Kobayashi Japan Caterham-Renault +1 lap.

18. Jules Bianchi France Marussia-Ferrari +1 lap.

19. Max Chilton Briton Marussia-Ferrari +2 laps.

20. Marcus Ericsson Sweden Caterham-Renault +2 laps.

Rtd Romain Grosjean France Lotus-Renault 30 laps complete.

Rtd Adrian Sutil Germany Sauber-Ferrari 7 laps completed.

Daftar Klasemen Sementara Pebalap F1 Grand Prix:

 1.

Nico Rosberg - Mercedes

79

 

1

 2.

Lewis Hamilton - Mercedes

75

4

3

 3.

Fernando Alonso - Ferrari

+1

41

38

0

 4.

Nico Hulkenberg - Force India

-1

36

43

0

 5.

Sebastian Vettel - Red Bull

+1

33

46

0

 6.

Daniel Ricciardo - Red Bull

+4

24

55

0

 7.

Valtteri Bottas - Williams

+1

24

55

0

 8.

Jenson Button - McLaren

-3

23

56

0

 9.

Kevin Magnussen - McLaren

-2

20

59

0

10.

Sergio Perez - Force India

-1

18

61

0

11.

Felipe Massa - Williams

12

67

0

12.

Kimi Raikkonen - Ferrari

11

68

0

13.

Jean-Eric Vergne - Toro Rosso

4

75

0

14.

Daniil Kvyat - Toro Rosso

4

75

0

15.

Romain Grosjean - Lotus

0

79

0

16.

Adrian Sutil - Sauber

0

79

0

17.

Esteban Gutierrez - Sauber

0

79

0

18.

Max Chilton - Marussia

0

79

0

19.

Kamui Kobayashi - Caterham

0

79

0

20.

Pastor Maldonado - Lotus

+1

0

79

0

(crash/jos)

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.688.817 Since: 05.03.13 | 0.2099 sec