Agama & Masyarakat

Peran Pemuda Memaknai Pancasila Untuk Membangun Indonesia

JAKARTA-SBN.

Dalam memperingati Hari Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni lalu, Fakultas Hukum President University menggelar Seminar Nasional 2013 dengan mengambil tema “Membangun Indonesia Mulia Melalui Pancasila: Peran Strategis dan Tantangan Bagi Mahasiswa” di Gedung Smesco UKM, Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav.94, Pancoran, Jakarta Selatan pada hari Kamis (4/7/2013) silam.

Seminar yang dimulai sejak pk 09.00 WIB tersebut, terlihat yang hadir H. Darwis M. Adji, S.H., M.Si. sebagai perwakilan Pemda DKI Jakarta menggantikan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang berhalangan hadir dalam acara penutupan tersebut. Acara penutupan tersebut merupakan rangkaian dari seluruh kegiatan Lomba Karya Tulis Nasional 2013 yang sudah berlangsung sejak bulan Mei lalu.

Ada pun, yang hadir pada acara penutupan tersebut di antaranya mantan Komisioner Komnas HAM periode 1993-2002 yang juga Guru Besar Emeritus Universitas Airlangga Surabaya Prof. Soetandyo Wignyosoebroto, M.P.A. Juga terlihat hadir para ketua BEM Fakultas Hukum dari Universitas Trisakti, Universitas Indonesia, dan Universitas Andalas yang ikut memberikan pandangan mereka mengenai peran serta pemuda dan pengamalan Pancasila. Selain itu, penulis, Arief Muhammad yang biasa dikenal sebagai pemegang akun twitter @Poconggg juga turut andil meramaikan acara seminar.

“Pemuda saat ini kurang sekali dalam pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," tutur Ketua Panitia Seminar Nasional “Generasi muda memaknai Pancasila”, Firstly Markhaputri dalam sambutannya. "Kita mengajak kaum muda untuk mendalami Pancasila di era yang serba modern melalui kegiatan karya tulis dan seminar nasional,” imbuh Firstly Markhaputri.

Mantan Dekan FISIP Universitas Airlangga Surabaya, Prof. Emeritus Soetandyo Wignyosoebroto, kelahiran 19 November 1932, yang pensiun sejak 13 tahun silam dan peraih gelar Master of Public Administration dari Michigan University, Amerika Serikat pada tahun 1963 ini juga menyampaikan pandangannya mengenai Pancasila. 

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya yang enggan menjadi hakim yang juga pakar sosiolog hukum sekaligus pakar administrasi pemerintahan tersebut, Prof. Emeritus Soetandyo Wignyosoebroto, M.P.A. menegaskan betapa penting dan krusialnya peran serta lembaga pendidikan baik formal maupun informal sangat berpengaruh dalam rangka memperkenalkan Pancasila.

“Karena apabila tidak, maka Pancasila tidaklah akan pernah membumi, dan untuk seterusnya hanya akan eksis sebagai ide-ide abstrak belaka yang hanya bisa “hidup” dalam wacana-wacana para elit, yang tak akan kunjung bisa terwujud sebagai tradisi dalam kehidupan keseharian rakyat yang sungguh nyata,” tukas peraih Yap Thiam Award 2011 yang dianugerahkan oleh Yayasan Yap Thiam Hien dan sebagai orang yang usianya tidak muda lagi masih aktif di HUMA yakni lembaga nonpemerintah yang bergerak masalah hukum berbasis ekologi.

Di penghujung acara, panitia mengumumkan 4 pemenang dari lomba karya tulis yang terlebih dahulu diselenggarakan dan keempat pemenang tersebut adalah mahasiswa yang berasal dari Universitas Jember, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Negeri Semarang, dan Institut Teknologi Bandung. (Firdha Wardani)

See Also

Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.609.480 Since: 05.03.13 | 0.1356 sec