Keluarga

Makanan Penurun Kolesterol

Friday, 04 April 2014 | View : 780

JAKARTA-SBN.

Kolesterol merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja, jika gaya hidup Anda tidak sehat. Saat Anda menderita kolesterol dan kadar darahnya sedang tinggi, Anda akan disarankan untuk mengatur pola makan serta mengurangi jenis makanan yang memicu kadar kolesterol Anda naik.

Jika ingin sehat, Anda memang diharuskan mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menjauhi makanan yang dilarang. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi juga dapat menurunkan risiko terkait dengan tingginya kadar kolesterol, seperti terkena penyakit jantung koroner, penyempitan pembuluh darah serta stroke.

Dengan memilih jenis makanan yang tepat, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit tersebut dan tentunya memiliki hidup yang lebih sehat, seperti beberapa makanan berikut ini:

1.    Makanan sumber serat.

Buah dan sayuran yang beraneka ragam serta karbohidrat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, memberikan suplai nutrisi yang dapat mengurangi stroke, hipertensi, menyehatkan pencernaan, serta penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi keduanya dalam keadaan sesegar mungkin dan pastikan mengonsumsi dengan jenis yang berwarna-warni. Hal tersebut dikarenakan agar nutrisi yang Anda konsumsi semakin banyak variasinya.

2.    Makanan kaya Omega 3.

Sudah tidak diragukan lagi kalau omega 3 merupakan zat gizi yang berkhasiat untuk menurunkan efek buruk kolesterol dalam darah. Selain itu secara ilmiah Omega 3 sudah terbukti dapat mencegah terjadinya pengentalan darah yang diakibatkan adanya penumpukan kolesterol serta mengurangi risiko terserang penyakit yang berhubungan dengan kolesterol. Ikan salmon, tuna serta kacang-kacangan seperti almond merupakan beberapa jenis makanan yang kaya akan Omega 3.

3.    Teh hijau.

Peran teh hijau untuk kesehatan memang sudah tak usah diragukan lagi. Hal itu disebabkan teh hijau memiliki komponen kimiawi yang dapat mendorong aktifitas pembakaran sel lemak, termasuk kolesterol jahat. Mengganti kopi Anda dengan teh hijau adalah pilihan yang baik untuk membantu Anda menurunkan kadar kolesterol, terlebih lagi jika diikuti dengan berubahnya pola makan Anda. Dalam mengonsumsi teh hijau sebaiknya dilakukan setelah makan. Hal itu disebabkan karena dapat mengacaukan penyerapan protein yang penting.

Itulah beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. Namun, jika kadar kolesterol Anda terlalu tinggi sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. (ag)

See Also

UMK Buka Prodi Teknik Industri
Penularan HIV/AIDS Melalui Hubungan Seksual Di Iran Meroket
Tekan Angka Kematian Bayi Akibat Hipotermia, Mahasiswa UMK Rancang Pup Baby
Perlu Ada Pelatihan Membuat Manisan Belimbing Dan Jambu
Perempuan Rentan Alami Kekerasan Seksual Di Media Sosial
Mahasiswa UMK Amati Produksi Kretek
Friend Peace Team Asia West Pacific-USA Berbagai Pengalaman Dengan Mahasiswa UMK
Manfaat Besar Bawang Putih Bagi Kesehatan
Konsumsi 7 Makanan Hadapi Kanker
Lagu Iwan Fals Menggema Di Arena Musywil Muhammadiyah Dan Aisyiyah Ke-47
Segera Ada Sosis Anti-kanker Usus
Kudapan Indonesia Laris Di Farmers Market Praha
Deteksi Dini Mencegah Diabetes Melitus
Tiga Kuliner Jadi Andalan Indonesia Di MEA
Turunkan Kolesterol Dengan Cuka Apel
Diam-diam 7 Penyakit Ini Tanpa Disadari Mengakibatkan Kematian
Makanan Sehat Bunuh Sel Kanker
Hoax, Facebook Kenakan Tarif Bagi Penggunanya
KPI Sebut Lima Acara TV Yang Berbahaya Bagi Anak-anak
Wanita Yang Pernah Berhubungan Badan Wajib Lakukan Pap Smear
Lima Penyebab Utama Kanker
Kenaikan Harga Rokok Di Australia Mahal Di Dunia
Perempuan Memburu 12 Hal Terhadap Diri Lelaki
Finalis American Idol Michael Johns Meninggal Di Usia Ke-35
Lima Kebiasaan Penyebab Kanker
jQuery Slider
Arsip :20182016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.829.160 Since: 05.03.13 | 0.1594 sec