Internasional

Sinyal Yang Dideteksi Kapal China Menjanjikan

Sunday, 06 April 2014 | View : 789

PERTH-SBN.

Kapal patroli Tiongkok Haixun 01 mendeteksi sinyal yang diduga dari black box pesawat Malaysia Airlines MH 370.

Tim pencari segera mengerahkan pesawat dan kapal ke area yang diperkirakan sebagai asal sinyal.

"Hari ini (kemarin), kekuatan angkatan udara Australia dikerahkan untuk membantu mengecek sinyal akustik yang ditangkap oleh kapal patroli Tiongkok,” beber Angus Houston, Kepala Pusat Koordinasi Bersama (Joint Agency Coordination Centre/JACC), Minggu (6/4/2014).

Angus Houston juga mengatakan, kapal milik Australia, Ocean Shield, juga sempat mendeteksi sinyal akustik seperti yang diterima Haixun 01. Namun demikian, Houston mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi yang lebih akurat.

"Yang kami tahu, di sana memang terdapat sinyal akustik yang juga dideteksi oleh Ocean Shield. Dengan kata lain, ada sesuatu yang perlu diinvestigasi. Namun saya tidak ingin berspekulasi lebih jauh," urainya.

Haixun 01 menerima sinyal akustik selama 90 detik pada Sabtu (5/4/2014) lalu. Angus Houston menyatakan temuan tersebut penting untuk ditindaklanjuti. Menurut Angus Houston, sinyal yang ditangkap Haixun 01 adalah tanda yang paling menjanjikan.

Kepala Misi Pencarian Australia, Angus Houston mengatakan misinya adalah menyelidiki serius dua deteksi tersebut karena waktunya sudah sangat tipis sebelum umur baterai kotak hitam habis.

Dia menyebut temuan dari kapal AS dan China paling menjanjikan. “Saya pikir fakta bahwa kami memiliki dua deteksi, dua sinyal di lokasi itu, memberikan sejumlah harapan sehingga harus diselidiki penuh,” kata dia.

Sementara itu, pesawat Malaysia Airlines MH 370 yang hilang, diduga terbang ke selatan melewati pinggiran wilayah Indonesia. Perkiraan lintasan MH 370 ini diperoleh setelah para ahli menganalisa data radar, satelit, dan data lainnya.

Demikian diwartakan CNN yang mengaku mengutip ucapan pejabat senior Malaysia, Minggu (6/4/2014). Menurut sumber tersebut, pesawat tersebut terbang dari utara ke selatan tanpa masuk ke wilayah Indonesia.

Seperti diberitakan, pesawat MH 370 rute Kuala Lumpur-Beijing, hilang sejak 8 Maret lalu. Pesawat yang mestinya terbang ke utara itu, diduga berbelok ke barat atau ke Laut Andaman. Sejak itu, jejak pesawat tak diketahui hingga kemudian muncul dugaan pesawat berakhir di selatan Samudera Hindia atau di sebelah barat Perth, negara bagian Australia Barat.

Pencarian pesawat Boeing 777-200ER yang hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur-Beijing pada 8 Maret 2014 dini hari itu pada Minggu (6/4/2014) difokuskan ke ujung selatan zona pencarian. Langkah ini diambil setelah koreksi terhadap data satelit menunjukkan kemungkinan pesawat memasuki perairan di sana.

Angus Houston mengatakan Haixun 01 sudah beroperasi di zona yang lebih ke selatan lagi.

Kalangan analis menyambut gembira terdeteksinya akustik itu.

Menurut para analis, sinyal 37,5 kHz hanya dapat dikeluarkan oleh suar darurat. Tetapi, ada juga pihak yang skeptis dan mengatakan sangat penting untuk menemukan bukti-bukti pendukung.

Angus Houston mengatakan Haixun 01 berada di perairan dengan kedalaman sekitar 4,5 kilometer, yang berarti setiap operasi pengangkatan akan menjadi sangat sulit dan lama jika pesawat terbukti ada di sana.

Misteri MH 370 ini dibanding-bandingkan dengan Air France dengan nomor penerbangan 447, yang jatuh ke Samudera Atlantik pada 2009. Puing pesawat ditemukan dalam tempo sepekan tapi butuh dua tahun hingga bisa mengangkat kotak hitam dari dasar laut. “Ini adalah hari ke-30 pencarian dan biasanya daya tahan baterai kotak hitam adalah 30 hari. Kadang-kadang baterai itu bertahan beberapa hari lagi, antara 8 dan 10 hari lebih lama, tapi kami hampir kehabisan waktu dalam hal daya tahan baterai pendeteksi kotak hitam itu,” jelas Angus Houston.

Sebanyak 10 pesawat militer, dua pesawat sipil, dan 13 kapal turut serta menjelajahi perairan terpencil pada Minggu (6/4/2014).

Tim pencari berkonsentrasi pada areal sekitar 216.000 km2 di Samudera Hindia, sekitar 2.000 kilometer barat laut Kota Perth, negara bagian Australia Barat.

Angus Houston berkukuh China telah berbagi segala sesuatu yang relevan dalam misi pencarian ini. Ia menepis anggapan lokasi Haixun 01 jauh dari kapal utama lainnya dalam pencarian ini. “China mengerahkan tujuh kapal dan sejauh ini merupakan armada kapal terbesar. Saya pikir kita harus fokus pada hal-hal positif,” tandas dia.

Anish Patel, Presiden produsen kotak hitam asal Amerika Serikat (AS), Dukane Seacom, sangat meragukan laporan kapal China itu karena tidak adanya bukti pendukung. “Harus ada bukti-bukti lain dari laut itu sehingga kami bisa menguatkannya dan sebelum harapan semua orang bangkit lagi. Sebelum mereka malah dikecewakan lagi saya pikir harus ada penguat,” tukas dia kepada CNN, Sabtu (5/4/2014). (cnn/afp)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.388.936 Since: 05.03.13 | 0.2377 sec