Internasional

Tiga Sinyal Terdeteksi, Pencarian MH 370 Menggembirakan

Monday, 07 April 2014 | View : 766

PERTH-SBN.

Australia pada Minggu (6/4/2014) mengerahkan pesawat dan kapal untuk menyelidiki sinyal yang terdeteksi kapal Angkatan Laut (AL) China dalam pencarian Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH 370. Tim Australia pencari pesawat Boeing 777-200ER milik Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH 370 mengatakan, temuan sinyal ketiga yang diduga terkait black box (kotak hitam) pesawat itu sangat menggembirakan.

Sinyal itu cocok dengan suar yang biasanya keluar dari kotak hitam pesawat dan merupakan petunjuk penting serta menjanjikan.

Dua sinyal sebelumnya telah dideteksi kapal China. Tiga sinyal terpisah telah terdeteksi oleh kapal-kapal Australia dan China.

Angus Houston, Kepala misi pencarian pesawat MH 370 dari Australia, mengatakan, terdeteksinya sinyal di saat daya baterai kotak hitam pesawat pembawa 239 orang itu telah kritis, merupakan temuan serius.

Angus Houston menjelaskan “sinyal pertama ditangkap selama dua jam, sedangkan sinyal kedua dideteksi selama 13 menit.”

Kepala Misi Pencarian Australia, Angus Houston mengatakan kapal Haixun 01 dua kali mendeteksi sinyal bawah air pada frekuensi yang biasanya digunakan untuk data penerbangan dan perekam suara kokpit.

Deteksi pertama selama 90 detik pada Sabtu (5/4/2014) dan yang kedua lebih cepat pada Jumat (4/4/2014) dalam jarak yang tidak jauh-jauh. "Ini petunjuk penting dan menjanjikan tapi saya tetap mengingatkan untuk disikapi secara hati-hati. Kami bekerja di lautan luas dan dalam areal pencarian sangat luas. Spekulasi dan laporan yang belum terkonfirmasi dapat membuat para kerabat penumpang menjadi sangat intens. Saya tidak ingin membuat mereka makin tertekan dalam situasi sangat sulit seperti ini," papar Angus Houston kepada wartawan di Perth, negara bagian Australia Barat.

Kepala Misi Pencarian Australia, Angus Houston mengatakan ping kedua juga sedang diselidiki pada jarak 300 mil laut di Samudera Hindia.

Tim pencari multinasional berpacu dengan waktu untuk menemukan kotak hitam MH 370, karena pancaran sinyalnya biasanya hanya bertahan 30 hari.

Koordinator kapal Australia yang mencari keberadaan black box MH 370, Angus Houston, mengatakan bahwa kapal Australia Ocean Shield telah mendeteksi sinyal dari kotak hitam (black box) pesawat Malaysian Airlines MH 370 yang dinyatakan hilang sejak 8 Maret yang lalu.

Menurut Angus Houston, kapal Inggris HMS Echo, kapal Australia Ocean Shield yang dilengkapi pendeteksi kotak hitam, serta pesawat angkatan udara Australia sudah diarahkan menuju daerah itu untuk membantu mengenali sinyal tersebut.

Ocean Shield juga menyelidiki sinyal yang terdeteksi pada Minggu (6/4/2014) di lokasinya saat ini, sekitar 300 mil laut sebelah utara dari Haixun 01, jauh dari pantai barat Australia.

Dikutip dari BBC (7/4/2014), Angus Houston menjelaskan “sinyal pertama ditangkap selama dua jam, sedangkan sinyal kedua dideteksi selama 13 menit.”

“Ini merupakan penunjuk yang paling menjanjikan,” tambah Angus Houston.

Penemuan sinyal yang diduga sebagai penanda keberadaan black box MH 370 ini menghidupkan harapan bahwa MH 370 dapat segera ditemukan.

Walaupun sinyal itu diyakini berasal dari black box MH 370, Angus Houston dan pihak Australia masih terus melakukan identifikasi lebih lanjut.

“Jika sinyal ini benar MH 370, maka akan kami konfirmasi segera,” pungkasnya.

Menurutnya, sinyal yang dideteksi kapal Australia berjarak cukup jauh dari sinyal temuan kapal China, Haixun 01 pada Sabtu pekan lalu. Sinyal yang dideteksi kapal Australia berada di wilayah sejauh 300 mil di Samudera Hindia.

”Ini merupakan keunggulan yang penting dan menggembirakan, tapi satu yang saya harapkan dari Anda untuk memahami temuan ini dengan hati-hati,” terang Angus Houston kepada wartawan, Senin (7/4/2014).

”Kami bekerja di laut yang sangat luas, dan dalam area pencarian yang sangat luas,” lanjut dia. ”Spekulasi dan laporan yang belum dikonfirmasi dapat membuat orang-orang yang mencintai para penumpang bisa mengalami stres yang mengerikan. Dan saya tidak ingin membuat mereka menjadi lebih emosional,” imbuh Angus Houston, seperti dilansir Malaysia Insider.

Sementara itu, seorang Juru Bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa kapal HMS Echo yang dilengkapi dengan detektor kotak hitam telah tiba di area, di mana kapal China menangkap sinyal yang diduga terkait kotak hitam pesawat MH 370. “(Kapal) ini akan mulai bekerja untuk menemukan kotak hitam pada jam berikutnya,” kata Juru Bicara itu, dalam sebuah pernyataan. (bbc/malaysiainsider)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.388.983 Since: 05.03.13 | 0.2156 sec