Ekonomi

Pilot Gelar Aksi Mogok Kerja Terbesar Lufthansa Batalkan 3.800 Penerbangan

Thursday, 03 April 2014 | View : 999

FRANKFURT-SBN.

Perusahaan maskapai penerbangan asal Jerman, Lufthansa mengatakan akan membatalkan 3.800 jadwal penerbangan pada pekan ini akibat aksi mogok para pilot yang menuntut kenaikan gaji dan kondisi kerja.

Lufthansa mengatakan akibat pembatalan ini, yang akan berimbas pada sebanyak 425.000 penumpang yang tidak jadi diangkut oleh Lufthansa terkait dengan rencana aksi mogok para pilotnya pada hari ini Rabu, Kamis, dan Jumat mendatang yakni pada 2-4 April 2014 mendatang.

Aksi mogok tersebut merupakan lanjutan tuntutan kenaikkan upah dan kondisi kerja yang lebih baik. Para penumpang diinformasikan tentang hal ini melalui pesan singkat atau surat elektronik berikut perubahan-perubahan jadwal penerbangan. Tidak hanya itu, Lufthansa juga mengatakan dampak kerugian atas aksi mogok itu akan berada di kisaran puluhan juta euro. Kerugian yang ditaksir mencapai 30-50 juta Euro.

“Pengumuman akan rencana aksi mogok itu sendiri telah menyebabkan efek yang luar biasa karena para penumpang langsung memesan tiket di maskapai lain. Sama halnya dengan layanan kargo, para kostumer juga telah mengalihkan angkutan logistik mereka ke maskapai lain,” pihak Lufthansa menyatakan.

Aksi mogok ini telah menyebabkan gangguan yang signifikan pada perusahaan karena penumpang yang sudah memesan tiket menjadi tidak bisa berangkat. Selain itu, perjanjian pengiriman logistik juga menjadi kacau sehingga banyak perusahaan memilih untuk mengamankan pengiriman barang mereka melalui maskapai lain.

Lufthansa menyikapi masalah ini dengan  menggunakan pesawat yang lebih besar pada rute dari dan ke Jerman dalam rangka meminimalisir masalah dan mengangkut sebanyak-banyaknya penumpang yang sudah memesan tiket.

Menurut pihak Lufthansa, aksi mogok selama tiga hari hanya terjadi pada sekitar 500 orang pilot yang bekerja pada layanan penerbangan jarak pendek dan jarak jauh Lufthansa dan Germanwings.

Namun demikian, untuk jajaran pilot di anak perusahaan maskapai Lufthansa lain seperti Swiss International Air Lines, Austrian Airlines, Eurowings, Lufthansa CityLine, dan Air Dolomiti yang tidak akan ikut ambil bagian dalam aksi mogok tersebut. Aksi ini merupakan ketiga kalinya yang terjadi di Bandara Frankfurt dalam enam pekan terakhir.

Pihak manajemen Lufthansa mendesak serikat pilot, Vereinigung Cockpit (VC) yang mewakili sekitar 5,400 pilot Lufthansa, untuk memulai kembali perundingan negosiasi secepat dan sesegera mungkin. Sebelumnya, pihak maskapai telah mengajukan tawaran baru atas tuntutan para pilot, namun tawaran tersebut dinilai tidak mewakili aspirasi mereka.

Rencana aksi mogok ini akan menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah industri penerbangan di Jerman. Pemogokan yang terjadi kali ini adalah salah satu aksi mogok terbesar dalam sejarah perusahaan.

Partner Lufthansa sesama anggota Star Alliance seperti Air Canada juga memperingatkan para penumpangnya akan imbas aksi mogok pilot Lufthansa. Air Canada menyarankan para penumpang menuju Frankfurt dan Munich untuk memastikan penerbangan mereka tidak terganggu. Pihak Lufthansa juga menyatakan beberapa penerbangan di Toronto, Vancouver, dan Montreal pada negara Kanada juga akan terkena imbas dari aksi mogok 3 hari tersebut. (bbc/reuters)

See Also

Ditunggu Warga, Pensertifikatan Tanah Massal Di TMMD Kalikondang
Bursa Asia Ditutup Bervariasi
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
Bursa Asia Dan AS Menguat
Menko Maritim Sebut Bandara Kulonprogo Mulai Layani Penerbangan April 2019
Kodim 0716/Demak Buka Stand Pasar Murah
Babinsa Kodim 0716/Demak Perkuat Alsintan Dengan Diklat
Mengoptimalkan LTT Dengan Pemanfaatan Alsintan
Awas Tamu Tak Diundang Di Saat Panen Tiba
Demak Panen Raya Perdana Jagung Hibrida
Dandim 0716/Demak Jamin Demplot Kodim Kualitas Dan Produktivitasnya Panen Bagus
Generasi Muda Didorong Untuk Kreatif
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Menteri Perindustrian Bertemu Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss, Bahas Kerja Sama Dua Negara
Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss
Babinsa Pendampingan Nyemprot Tanaman Padi
7,23 Juta Wajib Pajak Yang Sudah Lapor SPT
Koperasi Kodim 0716/Demak Ikuti Pasar Murah
Babinsa Koramil 10/Kradenan Bersama Petani Panen Jagung
Babinsa Koramil 05/Cepu Bantu Petani Bajak Sawah
Persit Ranting 9/Kedungtuban Semangati Suami Tanam Padi
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.688.451 Since: 05.03.13 | 0.2055 sec