Olah Raga

Juara Dunia Sebastian Vettel Juara F1 GP Jerman

Monday, 08 Juli 2013 | View : 883

NURBURGRING-SBN.

Juara dunia, pebalap Red Bull-Renault, Sebastian Vettel asal Jerman akhirnya mencicipi sukses merebut podium pertama balapan Formula One di kandang sendiri. Pebalap Red Bull itu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 41 menit 14,711 detik pada ajang F1 GP Jerman di Sirkuit Nurburgring, Minggu (7/7/2013).

Terpaut 1,008 detik, pebalap Lotus-Renault, Kimi Raikkonen dari Finlandia berada di urutan kedua, dan rekan setimnya, Romain Grosjean asal Prancis, berada di posisi ketiga dengan tertinggal 5,830 detik dari Sebastian Vettel.

Podium pertama itu membuat Sebastian Vettel makin kokoh di puncak klasemen sementara pebalap dengan raihan 157 poin, disusul pebalap Ferrari asal Spanyol, Fernando Alonso, dengan 123 poin. Pebalap Lotus-Renault, Kimi Raikkonen berada di posisi ketiga dengan 116 poin.

Dari jalannya balapan, Lewis Hamilton start dari posisi terdepan diikuti Sebastian Vettel dan pebalap Red Bull, Mark Webber asal negeri Kangaroo di urutan kedua dan ketiga. Sebastian Vettel melakukan start dengan baik, dan langsung mengungguli Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton asal Inggris. Tak hanya sampai di situ, Lewis Hamilton juga harus melepas posisi dua pada Mark Webber. Dua pebalap Red Bull memimpin balapan.

Lap pertama selesai dengan Sebastian Vettel memimpin, diikuti Mark Webber, Lewis Hamilton, Kimi Raikkonen, dan Romain Grosjean. Memasuki lap keenam, Lewis Hamilton masuk ke pit untuk mengganti ban medium. Dua putaran berikutnya Kimi Raikkonen menyusul ke pit.

Pada lap 10, pebalap Lotus-Renault, Romain Grosjean asal Prancis memimpin balapan. Dua lap kemudian, Sebastian Vettel memberikan tekanan. Persaingan terus terjadi hingga akhirnya Sebastian Vettel kembali memimpin balapan pada lap ke-29.

Saat balapan tersisa lima putaran, Sebastian Vettel bertahan di depan, diikuti Kimi Raikkonen, Romain Grosjean, dan Fernando Alonso. Hingga balapan berakhir, posisi empat besar tak berubah. Sebastian Vettel keluar sebagai juara untuk kali pertama pada F1 GP Jerman dan kemenangan ini juga merupakan kemenangan keempatnya musim ini.

“Terima kasih semuanya, ini adalah balapan yang yang sulit. Sulit dipercaya, saya sangat senang,” ujar Sebastian Vettel. “Kimi Raikkonen memberikan tekanan pada lap terakhir. Saya merasakan dia datang dan ada tekanan yang lebih, tapi saya bisa mengatasinya,” tambahnya. “Hal ini luar biasa untuk memenangi balapan di rumah saya,” sambung Sebastian Vettel.

Meski menang, Sebastian Vettel telah mengonfirmasi bahwa Red Bull mengalami kegagalan KERS (Kinetic Energy Recovery System) pada balapan kali ini. “Kami kehilangan KERS untuk beberapa lap, jadi itu sangat sulit, tapi untungnya sistem pulih. Saya sangat senang balapan berakhir setelah 60 lap daripada 61 atau 62 yang mungkin saja hasilnya akan berbeda,” tutur Sebastian Vettel.

Sebelum balapan, Sebastian Vettel memang yakin bisa menjadi juara setelah pada F1 GP Inggris pekan lalu gagal menyelesaikan balapan. Sebastian Vettel merasa performa mobilnya sudah memenuhi harapan, dan karenanya ia tak takut bersaing dengan Lewis Hamilton.

“Kami telah melakukan pekerjaan dengan baik. Jadi, saya pikir kami akan melakukan pekerjaan dengan benar di rumah sendiri. Kami telah menempatkan mobil di baris pertama,” cetus Sebastian Vettel. “Itu memang tidak cukup, karenanya kami akan melakukan yang terbaik saat balapan nanti,” tandas Sebastian Vettel.

“Kunci kemenangan Sebastian Vettel kali ini adalah saat bisa mengikuti Romain Grosjean ke pit untuk kali ketiga dan terakhir. Pada saat bersamaan, Kimi Raikkonen berada di lintasan dan masih butuh pit stop,” jelas Direktur Teknik Red Bull, Adrian Newey. “Kimi Raikkonen bisa saja finis lebih cepat, tapi Sebastian Vettel mampu mengalahkannya dengan strategi pit, dan itu pekerjaan fantastik dan kunci untuk memenangi balapan ini,” terang Adrian Newey.

Pada ajang adu cepat “jet darat” F1 GP Jerman, masalah keselamatan menjadi perhatian serius setelah F1 GP Inggris pekan lalu diwarnai dengan pecah ban. Satu roda yang lepas dari mobil balap Red Bull milik Mark Webber melukai seorang juru kamera di pitlane. Terlalu cepat keluar membuat ban lepas dan tim mekanik mencoba menghentikan mobil Mark Webber yang akhirnya terhenti. Dokter segera menghampiri dan memeriksa kamerawan yang terjatuh. FIA menyatakan orang itu sadar dan telah dibawa ke rumah sakit dengan helikopter dan berada dalam perawatan. Mobil pebalap Marussia formula one team, Jules Bianchi asal Prancis terbakar setelah api berkobar dari belakang. Mobil itu terguling di lintasan balapan. Pebalap Prancis itu sempat melompat keluar dari mobilnya sebelum terbakar. (afp/rtr)

See Also

Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
Jaga Kebugaran Tubuh, Persit Kodim 0721/Blora Gelar Senam Aerobic
Owi/Butet Selamatkan Muka Indonesia Dengan Raih Emas Olimpiade Rio 2016
Eko Yuli Irawan Raih Perak Kedua Bagi Indonesia
Posisi Rio Haryanto Di Manor Racing Digantikan Esteban Ocon
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.363.584 Since: 05.03.13 | 0.2324 sec