Politik

Golkar Perihal Video Maladewa: Itu Bukan Rahasia

Sunday, 23 Maret 2014 | View : 804

JAKARTA-SBN.

Sebuah video yang menunjukkan perjalanan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) ketika sedang bersama dua artis bersaudara, yakni Marcella dan Olivia Zalianty, serta politikus Partai Golkar Azis Syamsuddin beredar di situs YouTube. Video berjudul "Azis Syamsuddin dan Capres Golkar ARB Menikmati Maldives bersama Marcella dan Olivia Zalianty" itu diunggah ke YouTube pada Kamis (20/3/2014) lalu oleh pemilik akun ARB. Video tersebut berdurasi 3 menit 22 detik, dan sampai Jumat (21/3/2014), sudah ditonton lebih dari 60 ribu pengunjung.

Akun lain, DPNews, turut mengunggah video serupa namun dalam durasi yang lebih panjang, yaitu 3 menit 22 detik. Pada judul video yang sudah mencapai 61,195 view tersebut diberi embel-embel "Romantis di Pulau Maladewa/Maldives".

Dalam video tersebut tampak Wakil Ketua Komisi III DPR RI yang juga merupakan politikus dari Partai Golkar, Aziz Syamsuddin; calon presiden dari Partai Golkar, Aburizal Bakrie, dan artis Marcella Zalianty. Gambar dalam video tampak diambil oleh Olivia Zalianty.

Bagian awal video menampilkan pemandangan di luar jendela pesawat sesaat sebelum mendarat dengan latar suara musik klasik yang mengiringi seorang penyanyi seriosa dan obrolan seorang perempuan dengan dua laki-laki.

Seorang pria yang diketahui sebagai Azis Syamsuddin duduk di bagian depan. Olivia Zalianty sempat meminta dia berkomentar setelah berkata, "Welcome to Maldives.". "Hallo, kakak ngomong, " kata Olivia Zalianty sambil mengarahkan kameranya ke Marcella Zalianty yang duduk di belakang Azis Syamsuddin, sejajar dengan kursi yang diduduki oleh Aburizal Bakrie yang menggunakan kacamata hitam.

Marcella Zalianty sempat menjawab bahwa mereka baru saja sampai di Raja Ampat (Papua). Namun Olivia Zalianty kembali bertanya meyakinkan keberadaan mereka sebenarnya saat itu. "You lie," kata Olivia Zalianty. Tak lama kemudian Marcella Zalianty meminta Olivia Zalianty mematikan kameranya.

Pada bagian selanjutnya, terlihat Olivia Zalianty yang berada di depan kamera tengah memeluk sebuah boneka beruang. Olivia Zalianty bergaya bak pemandu perjalanan. Dia menjelaskan bahwa mereka sedang berada di Maladewa. Ia pun menjelaskan perjalanan dan jarak yang akan ditempuh.

Selanjutnya, video menunjukkan siluet Marcella Zalianty, yang mengenakan atasan tanpa lengan dan celana panjang. Rambutnya yang digelung ke atas tak begitu rapi. Ia terlihat perlahan memegang tiang di dekat sebuah kolam, "Siluet aja, Kak, udah bagus," demikian suara Olivia Zalianty. Lalu muncul juga suara seorang laki-laki, "Ah, udah kamu di situ udah, nih, bagus lihat sini, acting aja," demikian suara seorang pria di balik kamera.

Video ini juga hangat dibicarakan di berbagai media sosial. Menanggapi video ini, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengatakan Partai Golkar memang sering mengajak banyak orang saat melakukan kunjungan. "Kami mengajak banyak orang, kadang ke Australia atau negara lainnya?" bilang Idrus Marham di kantor DPP Golkar, Jakarta, Jumat (21/3/2014).

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham membenarkan sosok yang ada dalam video berjudul “Azis Syamsuddin dan Capres Golkar ARB Menikmati Maldive Bersama Marcella dan Olivia Zalianty” adalah Ketua Umum Golkar sekaligus calon Presiden partai itu, Aburizal Bakrie.

Idrus Marham mengaku sudah mengkonfirmasi soal video ini ke Aburizal Bakrie. “Pas ditanya, Ical (Aburizal) ketawa, begitu saja diributin. Tanya saja, Mbak Tati (istri Aburizal) tahu,” jelas Idrus Marham di kantor Dewan Pimpinan Pusat Golkar, Jakarta, Jumat (21/3/2014).

Menurut Idrus Marham, video itu dibuat antara 2010 dan 2011. Sekretaris Jenderal Partai Golongan Karya Idrus Marham mengatakan video pelesiran Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie bersama Zalianty bersaudara dan politikus Golkar, Azis Syamsuddin, ke kepulauan Maladewa diambil sekitar 2010-2011.

Dalam jumpa pers di Kantor DPP Partai Golkar, Sabtu (22/3/2014) kemarin, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham pun menjelaskan bahwa video dibuat tahun 2010-2011. Kedua artis diajak ke Maladewa karena dianggap berprestasi. Marcella dan Olivia Zalianty adalah panitia penyelenggara kegiatan organisasi kepemudaan di bawah Golkar di Bandung, sementara Azis Syamsuddin adalah Ketua KNPI. "Itu sudah lama, kalau enggak salah tahun 2010-2011," terang Idrus Marham saat memberikan keterangan pers di kantor DPP Golkar, Sabtu (22/3/2014).

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengatakan Partai Golkar dan keluarga Bakrie tidak kaget dengan video pelesiran sang Ketua Umum Aburizal Bakrie (ARB), Azis Syamsuddin, serta dua Zalianty bersaudara, Marcella dan Olivia, yang baru-baru ini menghebohkan jagat dunia maya. "Foto dan video itu bukan rahasia. Kami tahu, keluarga tahu, Tatty (istri Ical) tahu, Anin dan Ardy juga tahu (anak-anak Ical), jadi kami sama sekali tidak kaget," terang Idrus Marham di Jakarta, Sabtu (22/3/2014).

Meskipun foto dan video tersebut tidak bersifat rahasia, Idrus Marham menyayangkan kemunculannya yang dramatisasi di tengah-tengah masa kampanye seperti saat ini. Kendati mengaku tidak kaget atas beredarnya video itu, menurut Idrus Marham, pihaknya menyayangkan video tersebut muncul di tengah-tengah masa kampanye. "Ini fitnah, ini intrik, sangat menyesalkan karena cara-cara itu ditempuh saat kami mengedepankan ide dan program," ia menambahkan.

Idrus Marham mengatakan, setelah melakukan kunjungan, pengurus Partai Golkar sering berjalan-jalan bersama para kader. Ia juga mengatakan keramahan ARB membuat banyak orang mengidolakannya. "Ini memang risiko Pak ARB yang sangat cair orangnya, jadi memang banyak yang suka mengajak foto bareng atau video bareng,” ucapnya.

Menurut Idrus Marham, video ini tak akan mengganggu kampanye Partai Golkar. Ia mengatakan penyebar video ini telah melakukan perbuatan sia-sia karena aksinya tidak akan ditanggapi. Video ini memperlihatkan perjalanan ARB, Azis Syamsuddin, Marcella, dan Olivia Zalianty ke Maladewa, pulau yang kerap menjadi tujuan wisata.

Partai Golkar menganggap video yang menampilkan Ketua Umumnya Aburizal Bakrie dan artis Marcella Zalianty dalam pesawat pribadi berplesir ke Kepulauan Maladewa merupakan upaya untuk menggagalkan kampanye dalam memenangkan Pemilu 2014. "Saya kira begini, ini bagus dimunculkan oleh orang dalam masa kampanye pada saat Golkar ingin mengajak kita secara konseptual, dia bermaksud mencoba mengganggu kampanye Partai Golkar,” cetus Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham usai memaparkan pelaksanaan kampanye terbuka Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (21/3/2014).

Namun, menurut Idrus Marham, upaya tersebut tidak efektif untuk mengganggu kampanye partai berlambang beringin itu. "Pikiran itu orang (yang menyebarkan) video itu tidak produktif, tidak efektif mengganggu kampanye Partai Golkar, kita tidak grogi," tukas dia.

Jika pelakunya ketahuan, lanjut dia, Golkar pun tidak akan melaporkan karena menurut Idris membuang-buang waktu masa kampanye. "Ngapain kita merespon yang tidak produktif, kita tidak ngurus. Kalau kita mengurusi itu, kita tidak kampanye, ini kan yang dia mau, ini adalah suatu perbuatan tidak benar," pungkasnya lagi.

Idrus Marham mengungkapkan pada waktu itu tidak hanya berempat, yakni Aburizal Bakrie, Marcella Zalianty, anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Golkar Azis Syamsuddin dan adik Marcela, Olivia Zalianty. "Itu mestinya rombongan, bisa-bisanya orang saja yang disorot cuma, dua, tiga, empat orang," katanya.

Idris Marham juga mengakui Aburizal Bakrie sering berplesir ke luar negeri dengan mengajak banyak orang untuk menonton konser musik dan pertandingan olahraga. "Saya tahu semua Pak Aburizal pergi kemana dengan siapa saya tahu dan itu rombongan, beberapa bulan kemudian kita ke Pulau Komodo, nanti orang-orang yang ikut akan bicara," katanya.

Namun, dia tetap menyayangkan beredarnya video berdurasi 3 menit 22 detik itu tersebut dalam masa kampanye. "Itu tidak benar, kami menyayangkan kalau itu disengaja dengan niat, sementara Partai Golkar mengedepankan konsep," tandasnya.

Dikisahkan Idrus Marham, kepergian Ical sapaan Aburizal Bakrie bersama Marcella Zalianty, Olivia Zalianty, dan Azis Syamsuddin tidak berkaitan dengan persoalan bangsa. Ical ke Maladewa sebagai rasa syukur atas suksesnya acara kepemudaan yang diketuai oleh Olivia Zalianty. "Biasa, kalau selesai acara suka diajak jalan-jalan," sambung Idrus Marham.

Pelesiran itu, imbuh Idrus Marham, perayaan suksesnya acara kepemudaan Golkar yang diketuai Olivia Zalianty. Dengan tujuan bersyukur atas suksesnya acara tersebut, bertolaklah Ical, Marcella Zalianty, Olivia, dan Azis Syamsudin yang saat itu, menurut Idrus Marham, merupakan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia.

Namun mereka tidak pergi berempat. Sebab, menurut dia, ada rombongan yang ikut bersama mereka. Dalam acara tersebut, lanjut Idrus Marham, banyak pemuda yang mau diajak aktif di Golkar. Idrus mengatakan mereka tidak hanya pergi berempat seperti dalam tayangan video itu, tapi juga ada rombongan lain. Bahkan Idrus Marham mengaku dirinya diajak pula oleh calon presiden dari Golkar tersebut. “Saya juga diajak. Tapi, waktu itu karena kesibukan sebagai sekjen, saya tidak ikut,” paparnya. (tem)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.446.142 Since: 05.03.13 | 0.246 sec