Nasional

Hari Ini, Irjen Pol Dwi Priyatno Resmi Jabat Kapolda Metro Jaya

Tuesday, 18 Maret 2014 | View : 1899

JAKARTA-SBN.

Inspektur Jenderal Pol. Drs. Dwi Priyatno hari ini, Selasa (18/3/2014) secara resmi menduduki jabatan barunya sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya setelah dilantik Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Polisi Sutarman di Mabes Polri, Selasa (18/3/2014), menggantikan posisi Inspektur Jenderal Polisi (Irjen) Pol. Putut Eko Bayuseno.

Dalam acara pelantikan tersebut, yang menjadi Irup yakni Kapolri Jenderal Polisi Sutarman dan acara dilakukan di Rupatama Mabes Polri, pukul 07.30 WIB.

Dalam acara tersebut, Kapolri tidak hanya melantik mantan Kepala Kepolisian Jawa Tengah (Kapolda Jateng), Irjen. Pol. Dwi Priyatno sebagai Kapolda Metro Jaya, juga melantik Irjen. Pol. Putut Eko Bayuseno menjadi sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri menggantikan Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti. Sebelumnya, Komjen Pol. Badrodin Haiti dipromosikan menjabat Wakil Kepala Kepolisian RI. "Saya bersumpah tak akan menyelewengkan wewenang dan melakukan korupsi," kata Irjen Pol. Putut Eko Bayuseno menirukan Kapolri Jend. Pol. Sutarman saat pengambilan sumpah di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (18/3/2014).

Irjen Pol. Putut Eko Bayuseno sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya. Sebelumnya, mantan Kepala Kepolisian Banten ini menjadi ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam kurun 2004-2009.

Tapi ada pula pelantikan pada Kapolda lainnya. Kapolda Jateng akan diisi oleh Brigjen Pol. Drs Noer Ali, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumbar. Sedangkan, Kapolda Sumbar diisi oleh Brigjen Pol. Drs Bambang Sri Herwanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Karosunluhkum Divkum Polri. Selain itu, Karo Provoost Divpropam Polri, Brigjen Pol. Drs Endang Sunjaya akan menempati posisi baru menjadi Wakapolda Aceh.

Kapolda Bangka Belitung (Babel) dimutasi menjadi Widya Iswara Madya Sespim Polri. Kapolda Babel akan dijabat Brigjen Pol. Drs Gatot Subyaktoro, yang sebelumnya menjabat Dirtipidter Bareskrim Polri.

Selain kedua pejabat tinggi di jajaran Mabes Polri tersebut, Kapolri Jen. Pol. Sutarman juga melantik pejabat tinggi lainnya, seperti:

1. Brigjen Pol. Noer Ali Kapolda Sumatera Barat diangkat menjadi Kapolda Jawa Tengah.

2. Brigjen Pol. Bambang Sri Herwanto Karosunluhkum Divkum Polri diangkat menjadi Kapolda Sumbar.

3. Brigjen Pol. Gatot Subiyaktoro Dirtipidter Bareskrim Polri diangkat menjadi Kapolda Kepulauan Bangka Belitung.

4. Brigjen Pol. Budi Hartono Untung Kapolda Kepulauan Bangka Belitung diangkat menjadi Widyaiswara Madya Sespim Polri Lemdikpol.

Acara mutasi dua pejabat Polri tersebut berdasarkan Kep. Kapolri tercantum dalam Keputusan Polri bernomor KEP/162/III/2014 dan surat serah terima jabatan tertuang dalam surat telegram bernomor STR/539/III/2014. Kedua surat tersebut tertanggal 7 Maret 2014.

Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) menggelar acara pisah sambut Kepala Kepolisian pada hari ini, Selasa (18/3/2014). "Acara akan digelar di Markas Polda Metro Jaya tanpa mengganggu pelayanan yang ada," kata Juru Bicara Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto.

Menurut Kombes Pol. Rikwanto, kendaraan roda empat dilarang memasuki kawasan Polda Metro karena lapangan parkir akan digunakan untuk parade. "Pengunjung yang memiliki urusan di Polda agar memarkir kendaraan di Gedung Bank Mandiri atau di Kawasan Niaga Sudirman," terang manta Kapolres Klaten tersebut.

Acara penyambutan Inspektur Jenderal (Ijen) Polisi Dwi Priyatno, yang akan menggantikan Inspektur Jenderal Polisi Putut Eko Bayuseno, dimulai pada pukul 11.00 WIB. Sebelumnya, pada pagi hari dilakukan proses serah terima jabatan di Markas Besar Kepolisian RI.

Kapolda baru akan disambut di gerbang Polda Metro Jaya dengan tradisi Betawi. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Kapolda baru dan sambutan terakhir dari Irjen. Pol. Putut Eko Bayuseno yang akan menempati posisi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Mabes Polri.

Mantan Wakapolwil Banyumas, Kombes Pol. Rikwanto mengatakan acara di Polda Metro Jaya akan berlangsung hingga sekitar pukul 16.30 WIB. Acara akan dilanjutkan kembali pada pukul 19.00 WIB di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) bersama tamu-tamu pejabat di luar Kepolisian.

Berdasarkan data SDM Mabes Polri, Irjen Pol. Dwi Priyatno yang akan menjabat Kapolda Metro baru adalah jenderal kelahiran Purbalingga, Jateng, pada 12 November 1959. Irjen Pol. Dwi Priyatno lulus Akpol pada 1982, lulus PTIK pada 1987, Sespim pada 1998, Sespati 2007, dan Lemhanas pada 2012.

Irjen Pol. Dwi Priyatno sempat menjabat Kabag Lantas Polwil Bojonegoro (Jatim), Wakapolres. Ponorogo, Wakapolres Sidoarjo, dan Pamen Polda Jatim. Lalu Dwi menjadi Wakapolwiltabes Surabaya, SLO Polri di Malaysia, Dirlantas Polda Kalbar, Dir Samapta Polri, Dir Shabara Polri, Kapolda Jateng, dan kini Kapolda Metro Jaya.

Fokus utamanya dalam waktu dekat ini, adalah mengamankan pelaksanaan Pemilu 2014 di Jakarta serta meminimalisir kemacetan. Untuk itu ia mengaku akan menginstruksikan anggotanya untuk selalu ada ditengah-tengah masyarakat guna memonitor kejadian di lapangan. "Kami akan tindak tegas pengacau Pemilu. Prinsipnya jika ada pidana umum seperti perusakan, penganiayaan dan pengeroyokan akan kami tindak," tegas Kapolda Metro Jaya yang baru, Inspektur Jenderal Pol. Drs. Dwi Priyatno usai serah terima jabatan Kapolda Metro Jaya, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (18/3/2014).

Mantan Kapolda Jawa Tengah itu, menjelaskan, pelanggaran pemilu akan ditangani oleh Sentra Gakumdu dimana personel Polda Metro Jaya juga berada di dalammnya dengan instansi lain.

Menurut Irjen Pol. Dwi Priyatno, tingginya ekskalasi politik memang berpotensi mengganggu Kamtibmas di Jakarta. Apalagi Jakarta sebagai Ibu Kota memiliki karakteristik berbeda dengan kota lainnya.

Namun ia yakin, sejalan dengan itu  Polda Metro Jaya sedang menggelar operasi Mantap Praja 2014 untuk pengamanan pemilu di mana 2/3 personel kepolisian atau 18.000 personel sudah disebar ke lapangan untuk melakukan pengamanan. "Kami kerahkan 2/3 kekuatan personel dibantu TNI ada Linmas dan lain sebagainya untuk pengamanan pemilu legislatif ini. Jadi jangan coba-coba kacaukan pemilu," tandasnya.

Irjen Pol. Dwi Priyatno menegaskan pihaknya akan netral dalam pelaksanaan Pemilu 2014 ini dan berharap pemilu di Ibu Kota berjalan dengan baik tanpa ada gejolak apapun yang berarti. (tri/jos)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.650.919 Since: 05.03.13 | 0.1605 sec