Hukum

KPK Sita Nissan Elgrand Dari Catherine Wilson

JAKARTA-SBN.

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita satu unit mobil Nissan Elgrand berwarna silver metalic dengan nomor polisi (nopol) B 1387 SKB yang diduga pemberian tersangka Tubagus Chaery Wardana alias Wawan kepada artis yang juga model Chaterine Wilson, Senin (24/2/2014). Mobil itu disita dari kediaman saudara yakni kakak Catherine Wilson di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Mobil itu dibawa ke KPK, Senin (24/2/2014) sore.

Pasalnya, penyitaan mobil tersebut ditengarai terkait dengan penyidikan kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan tersangka Tubagus ChaeryWardana (Wawan). Juru Bicara KPK Johan Budi SP. menuturkan, mobil tersebut disita dari rumah saudara Keket sapaan Catherine Wilson di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD). Johan Budi SP. juga menambahkan, saat penyitaan Keket yang baru saja diperiksa oleh penyidik juga ada di lokasi. “Nissan Elgrand silver metalic nomor polisi B 1387 SKB, itu. Disita dari rumah saudara Catherine Wilson di BSD, Tangerang Selatan. Tadi juga ada Catherine di sana (menjadi saksi penyitaan)," beber Juru Bicara KPK, Johan Budi Sapto Prabowo di kantor KPK, plaza Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/2/2014).

Mobil disita karena diduga terkait pencucian uang yang menjerat adik Gubernur provinsi Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaery Wardana alias Wawan. Mobil itu diduga pemberian adik Gubernur provinsi Banten Ratu Atut Chosiyah yang juga merupakan suami dari Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Tubagus Chaery Wardana alias Wawan, tersangka kasus dugaan suap pengurusan dan penanganan perkara sengketa Pemilukada Kabupaten Lebak, Banten. Mobil disita karena diduga terkait Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Wawan yang tengah disidik KPK. "Diduga pemberian Wawan," ungkap Juru Bicara KPK Johan Budi SP.

Penyitaan dilakukan sekitar lima jam setelah Chaterine Wilson yang biasa dipanggil Keket usai menjalani pemeriksaan di KPK.

Semula dalam surat kepemilikan mobil, tertera nama Catherine. Namun saat ini sudah berubah mengatasnamakan kakaknya. Lebih lanjut, Juru Bicara KPK Johan Budi SP. menjelaskan bahwa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mobil tersebut mulanya atas nama Catherine Wilson. Menurutnya, mobil tersebut awalnya atas nama Keket, tapi kemudian balik nama. Namun, kemudian STNK mobil telah dibalik nama pada 2013 menjadi atas nama saudara Catherine Wilson. "(STNK) Pertama atas nama Catherine, kemudian dibalik nama pada 2013 atas nama saudaranya," tukas Johan Budi SP. Saat ini, mobil tersebut, tambah Johan Budi SP., sedang dibawa penyidik ke kantor KPK.

Pada hari Senin ini (24/2/2014), Keket memenuhi panggilan KPK untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan Tubagus Chaery Wardana (TCW) alias Wawan. Catherine Wilson telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan pencucian uang yang menjerat suami Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany itu.

Seusai diperiksa sekitar empat jam di Gedung KPK, Catherine Wilson membantah menerima mobil dari pengusaha Wawan. "Enggak ada. Enggak ada," tukas Catherine Wilson usai diperiksa KPK di Jakarta selama sekitar empat jam.

Keket hanya mengaku sudah menyampaikan keterangan ke penyidik KPK. “Enggak ada (diberikan sesuatu), silakan tanya saja semuanya ke penyidik, jadi hanya mengenai kenal atau tidak kenal, mengenai apapun sudah saya sampaikan, silakan itu konfirmasi ke KPK,” beber Chaterine Wilson.

Model blasteran Indonesia-Inggris-Arab tersebut, juga tidak menjelaskan mengenai hubungannya dengan Wawan. “Maaf, permisi saya mau lewat, permisi, maaf dong sakit saya kedorong-dorong, aduh saya keinjek-injek. Tolong ya mas, maaf ya,” kata Chaterine Wilson sambil menghindari puluhan wartawan yang menunggunya di Gedung KPK.

KPK memanggil Keket untuk menjalani pemeriksaan pada dua minggu lalu. Namun, rencana pemeriksaan batal lantaran surat panggilan yang dikirim oleh lembaga antirasuah tersebut tidak sampai. Atau alamat model tersebut berubah. Pemanggilan tersebut terkait kasus pencucian uang yang dilakukan Wawan.

Memang beberapa artis disebut menerima aliran dana dari suami Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany tersebut. Sejumlah artis disebutkan menerima aliran dana atau barang dari Wawan.

Sampai saat ini, sudah ada dua artis selain Keket yang diperiksa penyidik KPK, yaitu Jennifer Dunn dan Rebecca Reijman. Keduanya diduga menerima sesuatu dari Wawan yang diduga berasal dari Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Terbukti, tim penyidik KPK menyita mobil Toyota Alphard Vellfire berwarna putih bernopol B 510 JDC dari kediaman Jennifer Dunn di Jalan Bangka, Jakarta Selatan, Rabu (12/2/2014). Kemudian, oleh Jennifer Dunn diakui bahwa mobil Toyota Alphard Vellfire tersebut berasal dari Wawan.

Sementara itu, terkait Rebecca Reijman sampai saat ini belum diketahui apa yang diterima artis sekaligus penyanyi blasteran tersebut dari Wawan. (jos)

See Also

Uang Pengganti E-KTP, KPK Sita Rp 862 Juta Dari Setya Novanto
Keterangan Ahli Ketua DPD KAI DKI Jakarta Pada Sidang Lanjutan Julius Lobiua
TNI AL Ringkus Pelaku Narkoba Di Tanjung Ahus
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 506 Gram Narkoba
Keppres Pilkada Serentak 27 Juni 2018 Sebagai Hari Libur Nasional
Jennifer Dunn Divonis 4 Tahun Penjara
Jaksa KPK Tuntut Rita Widyasari Dihukum 15 Tahun Penjara
Densus 88 Antiteror Sergap Terduga Teroris JAD Di Cirebon
Anggota DPRD Kota Bogor Diamankan Polresta Bogor Kota
Densus 88 Antiteror Lumpuhkan Dua Terduga Teroris Di Depok
Polisi Siaga Jaga Sidang Vonis Aman Abdurrahman
Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati
Polres Manggarai Barat Bekuk Pemerkosa 2 Turis Mancanegara
Babinsa Kodim 0716/Demak Evakuasi Sosok Mayat Berhelm Yang Gantung Diri
Kapolres Bogor Larang Anggotanya Ambil Jatah Libur
Buku Penerbit Yang Di Black List Pemerintah Malah Dibagikan Ke Sekolah-sekolah Di Jombang
4 Pegawai Bank Jatim Sudah Jadi Terdakwa
BPOM Minta Importir Tarik Sarden Kaleng Terindikasi Mengandung Cacing
Pasangan Kekasih Cikupa Yang Ditelanjangi Sudah Bertunangan Dan Akan Menikah
Polisi Dalami Aliran Dana Jamaah First Travel
Polisi Tetapkan Komisaris First Travel Jadi Tersangka
Bareskrim Polri Geledah Rumah Mewah Bos First Travel Di Sentul
Perampok Tewaskan Italia Chandra Kirana Putri Menyerah Ke Polisi
Gatot Brajamusti Divonis 8 Tahun Terkait Kepemilikan Sabu
PK Ditolak, Pembunuh Sisca Yofie Tetap Dihukum Mati
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.891.388 Since: 05.03.13 | 0.2006 sec