Agama & Masyarakat

Merayakan Jakarnaval Pada Puncak HUT DKI Jakarta Ke-486

Monday, 01 Juli 2013 | View : 813

JAKARTA-SBN.

Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan tiga pesan kepada warga Jakarta dan sekitarnya yang tumpah ruah tengah menikmati berlangsungnya pagelaran Jakarnaval 2013 yang digelar sepanjang Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2013) sore. Ratusan ribu warga dan sekitarnya menyemut dan memadati Jalan Medan Merdeka Selatan, M.H. Thamrin hingga Bundaran HI.

“Kepada seluruh warga yang tengah menikmati Jakarnaval 2013, saya titip tiga hal. Pertama, jangan membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah di tempat-tempat sampah yang sudah disediakan,” pesan Gubernur DKI Jakarta terhitung sejak tanggal 15 Oktober 2012. 

“Kedua, warga diimbau untuk tidak menginjak-injak rumput ataupun merusak taman yang berada di sepanjang lokasi Jakarnaval 2013, yakni mulai dari Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Bundaran HI,” sambung Gubernur DKI kelahiran Surakarta, Jawa Tengah. “Kalau tamannya rusak, nanti uang yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI malah habis untuk memperbaiki taman. APBD itu kan uang masyarakat juga,” tegas mantan Walikota Surakarta yang terpilih sebagai walikota terbaik ketiga sedunia dalam pemilihan World Mayor Project 2012 hanya di bawah Walikota Bilbao di negara Spanyol, Inaki Azkuna dan Walikota Perth di Australia Barat, Lisa Scaffidi yang berada pada peringkat kedua. 

“Pesan ketiga, masyarakat diharapkan turut berpartisipasi dalam menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan di tempat tinggalnya masing-masing,” tutur Gubernur DKI Jakarta, Jokowi. “Ayo kita jaga bersama-sama lingkungan kita. Jangan buang sampah di selokan atau sungai-sungai kecil yang ada di dekat kita,” tambah Jokowi yang lahir pada tanggal 21 Juni 1961. “Jadi, nanti kalau hujan deras, aliran air bisa lancar, tidak terhambat oleh sampah, sehingga bebas banjir,” imbuh mantan Walikota Solo periode 2005-2010 dan periode 2010-2012 tersebut.

Jakarnaval merupakan puncak acara HUT DKI Jakarta ke-486 yang digelar Minggu (30/6/2013). Acara dimulai pukul 15.00 WIB yang dibuka langsung oleh Gubernur Joko Widodo. Hadir dalam acara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, beserta istri, Veronika Tan.

Gubernur Jokowi tampak riang mengikuti acara dengan menggunakan kostum khusus bergaya kaisar China. Sepanjang jalan, warga berusaha ingin berfoto dengan Jokowi yang berkostum ala Kaisar China. Ada kesan megah dari kostum yang Jokowi kenakan, ditambah topi yang juga unik.

Tema besar yang diusung, yakni "Keajaiban Ondel-Ondel", bertujuan mengangkat kesenian asli Betawi dengan sentuhan modern. Ondel-ondel disebut sebagai cikal bakal dari karnaval di Jakarta.

Puncak acara HUT Jakarta ke-486 yang dirayakan dengan Jakarnaval melibatkan sekitar 500 pelajar di Jakarta untuk membuat kostum-kostum kreatif sejak April 2013 yang terinspirasi kesenian tradisional Betawi, ondel-ondel. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kostum bersifat ramah lingkungan.

Setelah Jakarnaval yang merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Ulang Tahun Jakarta yang digelar oleh Pemda DKI Jakarta dibuka, hampir selama satu jam, Jokowi diarak sambil menunggang kuda menyusuri jalur Jakarnaval menuju Bundaran HI. Diikuti langsung tanpa putus oleh iring-iringan ondel-ondel, ratusan pelajar dengan kostumnya masing-masing, juga berbagai mobil hias yang menampilkan bermacam instansi dari masing-masing kota, fasilitas publik seperti rusun, stasiun kereta api, Balai Latihan Kerja (BLK) serta mobil hias yang memuat para pelajar Jakarta berprestasi.

Demi memantapkan Jakarta sebagai tempat bertemunya berbagai budaya Nusantara, Jakarnaval turut memberi ruang bagi budaya provinsi lain ikut serta, seperti Riau, Jember, Kutai, Solo, Magelang, dan Subang. Jokowi berjanji bakal kembali menghelat parade kebudayaan tersebut tahun depan dengan jumlah peserta lebih banyak. “Ya, akan diadakan lagi. Nanti ada koreksi dan evaluasi. Tahun depan ditentukan temanya apa. Kalau ini yang terlibat kurang lebih 500 peserta seni dan budaya, mungkin tahun depan 2.000 lebih. Dari daerah kita ikutkan,” cetus Gubernur Jokowi. “Jakarnaval kali ini sudah disiapkan konsepnya sejak enam sampai tujuh bulan yang lalu,” jelas Gubernur DKI Jakarta ke-17. “Intinya ulang tahun Jakarta harus memberikan kegembiraan buat masyarakat. Tidak boleh di gedung mewah, harus umum biar semua masyarakat bisa menikmati,” terang Gubernur Jokowi yang berusia 52 tahun ini. (id/sp/kj)

 

See Also

Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.600.684 Since: 05.03.13 | 0.1359 sec