Nasional

Diguyur Hujan Seharian, Jakarta Tergenang Air Lagi

Saturday, 22 Februari 2014 | View : 1252
Tags : Banjir, Jakarta

JAKARTA-SBN.

Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya yang disertai angin kencang sejak Jumat (21/2/2014) malam dan hujan hari ini sejak Sabtu (22/2/2014) dini hari tadi hingga sore hari, mengakibatkan sebagian ruas jalan Ibu Kota tak luput dari rendaman air hujan dan menyebabkan sejumlah kawasan di Jakarta kembali tergenang banjir. Hujan yang terus turun membuat sejumlah tempat di Jabodetabek tergenang oleh banjir dengan ketinggian bervariatif.

Seperti yang terjadi di kawasan Jalan M.T. Haryono, Jakarta Selatan. Berdasarkan Pantauan di Jalan M.T. Haryono, dari arah Cawang menuju Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2014), genangan air di sepanjang jalan tersebut ketinggiannya bervariasi. Mulai setinggi 10 cm hingga 30 cm.

Ketinggian air rata-rata berada di sisi kiri jalan atau jalur motor. Genangan air tersebut mulai terlihat di depan SPBU Pertamina Jalan M.T. Haryono. Setelah itu, ketinggian air kembali terlihat di depan di Gedung Film (lembaga sensor film) dan di depan kantor BNP2TKI.

Akan tetapi, genangan air yang cukup tinggi terlihat di depan Mulia Business Park atau tepat sebelum lampu merah Pancoran. Ketinggian air di lokasi tersebut mencapai sekitar 30 cm. Tak sedikit para pengendara motor harus berhenti di Flyover Pancoran untuk membetulkan motornya yang mogok akibat genangan air tersebut. Kepadatan lalu lintaspun tidak terhindarkan.

Hujan sepanjang hari ini, Sabtu (22/2/2014) mengakibatkan air Sungai Grogol dan Krukut meluap. Hal itu mengakibatkan banjir pada sejumlah permukiman warga di Pondok Labu, Lebak Bulus, Cilandak Barat, Gandaria Selatan, dan Cipete Selatan, Jakarta Selatan. Genangan air mencapai 60-100 cm.

Sembilan RT di tiga RW Pondok Labu, Cilandak, tergenang air sejak pukul 13.00 WIB. Wilayah yang tergenang meliputi empat RT di wilayah RW03, tiga RT di RW07, dan dua RT di RW10.

Luapan air sugnai juga menggenangi Jalan H. Ipin di RT12/RW01 Pondok Labu. Air sedalam 100 cm di jalan itu mengakibatkan arus lalulintas dari Pondok Labu menuju Lebak Bulus ataupun sebaliknya terputus dan terpaksa dialihkan. Beberapa pengendara bermotor terlihat enggan melintas dan berputar melewati wilayah Cinere menuju Jalan Raya Cirendeu.

Sementara itu, hujan yang mengguyur Jakarta, Sabtu (22/2/2014) siang, menyebabkan RT10 dan RT06/RW10 serta RT02/RW02 di Kampung Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, tergenang banjir.

Berdasarkan pantauan, banjir di kawasan itu menyebabkan jalan permukiman tidak bisa dilalui. Beberapa kendaraan roda dua yang memaksakan diri melintasi genangan air di jalan itu akhirnya mogok. Hingga pukul 15.00 WIB, banjir belum juga surut. Adapun cuaca di kawasan Pasar Rebo masih dilanda hujan ringan.

Jalan Bendungan Hilir Raya, tepatnya di depan Rumah Sakit Mintoharjo, Jakarta Pusat, terendam oleh genangan banjir, Sabtu (22/2/214) siang. Hal itu terjadi pascahujan deras yang mengguyur kawasan tersebut selama satu jam.

Berdasarkan pantauan, sekitar pukul 13.20 WIB, belum ada sama sekali ruas jalan yang tergenang oleh banjir. Curah hujan masih dalam intensitas sedang. Namun, sekitar pukul 13.30 WIB, curah hujan mengalami peningkatan. Sekitar pukul 14.30 WIB, curah hujan kembali mengalami penurunan. Namun, hal itu sudah disertai dengan kondisi jalan yang tergenang oleh banjir dengan ketinggian sekitar 20-30 sentimeter.

Berdasarkan informasi melalui akun Twitter Traffic Management Center Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro menginformasikan beberapa wilayah yang banjir pada Sabtu (22/2/2014). Ketinggian banjir yang merendam sejumlah ruas jalan bervariasi, antara 20 centimeter hingga 30 centimeter.

Banjir setinggi 30 centimeter terjadi di Jalan Sudirman, tepatnya di depan Universitas Atmajaya. Banjir setingi 30 centimeter juga terjadi di depan Balai Kartini arah Pancoran.

Di Jalan H.R. Rasuna Said, hujan yang turun dengan intensitas sedang hingga lebat pagi ini menyebabkan sebuah pohon tumbang. Pohon itu menutup jalur transjakarta.

Berikut sejumlah titi banjir di Jakarta dan sekitarnya:

1. Banjir 30 cm di depan Universitas Atmajaya, Semanggi. Lalu lintas padat.

2. Banjir 30 cm di depan Balai Kartini arah Pancoran. Lalu lintas padat.

3. Banjir 30 cm di depan Pos Lantas Pancoran. Lalulintas padat.

4. Pohon tumbang di jalur transjakarta depan Wisma Budi Jalan H.R. Rasuna Said.

5. Banjir 30 cm di Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus.

6. Banjir 20-30 cm di Jalan Margonda Raya Depok, Jawa Barat depan RM Kabayan.

7. Banjir 20 cm di Perumahan Green Garden Jakarta Barat.

8. Banjir di Jalan Karet, Sawah Besar.

9. Banjir merendam Perumnas 3 Karawaci-Tangerang.

10. Air tergenang cukup tinggi di Jalan Lengkong Karya BSD.

11. Banjir di pergudangan Bandara Mas Tangerang.

12. Banjir sekitar 15 cm menjelang GT Kuningan 1, pengguna jalan agar hati-hati.

Sementara itu, arus lalu lintas di Jakarta dan sekitarnya ramai lancar hingga mengalami kepadatan.

Jalan layang non tol Casablanca dilaporkan ramai lancar, Bundaran HI-Dukuh atas-Semanggi lancar di kedua arah.

Lalu lintas di ruas Jalan Kalimalang Raya padat dua arahnya. Sedangkan lalu lintas dari Sawangan menuju Depok dan di Jl Raya Serang km 14 Cikupa arah Tangerang terpantau padat.

Dikutip dari BMKG.go.id, Sabtu (22/2/2014), hampir wilayah Jakarta bakal diguyur hujan mulai intensitas ringan hingga sedang.

Sementara wilayah sekitar Jakarta seperti Bekasi, Tangerang, Pulau Seribu, Depok, dan Bogor juga akan mengalami hal yang sama. Hujan dengan intensitas ringan dan sedang akan mengguyur wilayah-wilayah tersebut mulai pagi hingga malam. (kom/lip6/jos)

See Also

Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.009.503 Since: 05.03.13 | 0.2461 sec