Nasional

Bandara Adi Soemarmo Masih Belum Operasi

SOLO-SBN.  

Seluruh bandara di Pulau Jawa yang sempat tertutup akibat terdampak letusan Gunung Kelud, Jawa Timur kini sudah bisa beroperasi lagi, kecuali Bandara Adi Soemarmo, Solo. Dua bandara yang paling parah terdampak letusan Kelud adalah Adi Soemarmo Solo dan Adisutjipto Yogyakarta.

Pelarangan terbang di Bandara Adisutjipto telah dicabut pada pukul 12.00 WIB Rabu (19/2/2014) tadi.

Bandara Adi Soemarmo Solo batal dibuka untuk kegiatan penerbangan pada Rabu (19/2/2014) pagi. Lantaran proses pembersihan abu letusan Gunung Kelud yang menutupi landasan pacu belum selesai.

Pembukaan bandara dipastikan akan dilakukan pada Kamis (20/2/2014) besok sekitar pukul 07.00 WIB. "Bandara Adi Soemarmo akan dibuka besok (Kamis, 20/2/2014) pukul 07.00 WIB," ungkap Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan di Jakarta, Rabu (19/2/2014).

Asisten Manager Operasi Bandara Adi Soemarmo Solo, Rini Tri Rahayu Hastuti mengatakan, proses pembersihan di landasan pacu bandara belum selesai. Hingga Senin (17/2/2014) malam proses pembersihan di landasan pacu sepanjang 2.600 meter itu baru mencapai 70 persen. "Hari ini insya Allah pembersihan yang masih menyisakan 30 persen akan diselesaikan. Pokoknya hari ini final recovery pembersihan abu supaya pada hari Kamis pagi besok sudah bisa dibuka kembali," jelas dia di Solo.

Pembersihan Bandara Adi Soemarmo dari abu Gunung Kelud diperkirakan selesai sore ini, Rabu (19/2/2014).  Selanjutnya, PT. Angkasa Pura I  Bandara Internasional Adi Seomarmo mulai besok pagi, Kamis (20/2/2014) kembali beroperasi.

Asisten Operasional PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali, Rini Sri Rahayu, menyebutkan proses pembersihan bandara saat ini memasuki tahap akhir.

Hujan abu hasil letusan Gunung Kelud pada Jumat (14/2/2014) lalu, selain menutup landasan pacu, juga menutup taxi way dan apron bandara. Bahkan, menurut Rini Tri Rahayu Hastuti, ketebalan abu yang menutupi area bandara cukup lumayan. Ia menjelaskan, landasan pacu bandara sudah bersih dari abu vulkanik sisa erupsi Gunung Kelud beberapa waktu lalu. Sedangkan beberapa titik seperti apron, taxi way, lapangan parkir akan rampung selesai Rabu (19/2/2014) sore ini. "Di taxi way dan apron masih tertutup abu tebal, doain hari ini bisa selesai semua pembersihannya," katanya.

Jika tidak ada halangan maka bandara tersebut dapat kembali beroperasi sesuai dengan anjuran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yakni pada Kamis (20/2/2014) pagi. "Batas waktu yang diterapkan Kemenhub adalah Kamis pagi Pukul 07.00 WIB dan kami optimistis bandara akan kembali beroperasi secara normal setelah waktu penutupan selesai," ucapnya.

Dalam pembersihan tahap akhir ini pihaknya juga melibatkan TNI Angkatan Udara, petugas SAR dan juga Pemadam Kebakaran  dari Kabupaten Boyolali serta Pemerintah Kota Solo.

Dengan bantuan tersebut pihaknya yakin bandara akan bersih 100 persen sebelum masa penuntupan selesai. Sementara beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut juga mengaku siap mengeoperasikan pesawat mereka pada Kamis (20/2/2014) pagi.

Kesiapan tersebut termasuk empat pesawat yang terparkir di bandara tersebut yang sebelumnya tertutup abu vulkani Gunung Kelud.

Branch Manager, Kalstar Aviation, Mohammad Ridwan, menyebutkan rencananya penerbangan pada Kamis pagi tersebut bakal diisi 100 persen penumpang. Sebagian mereka merupakan penumpang yang gagal berangkat saat terjadi abu kelud.

Marketing & Sales Manager Garuda Indonesia Solo, Endhy Latief, mengatakan seluruh pesawatnya yang bakal melayani  rute ke Bandara tersebut sudah siap. Pihaknya mengatakan tingkat keterisian dari lima pesawat yang melayani rute tersebut juga cukup tinggi yakni 75 persen. "Penumpang cukup tinggi dan pesawat yang terparkir sejak pekan lalu juga sudah siap," tegasnya.

Penutupan Bandara Adi Soemarmo, Solo dan Adisutjipto, Yogyakarta diperpanjang sampai Rabu (19/2//2014) pukul 07.00 WIB (18 Feb 23.19 UTC).

Perpanjangan penutupan bandara Adi Soemarmo dan Bandara Adi Sucipto dituangkan dalam NOTAM yang dikeluarkan Kantor Notam (Notam Office) Ditjen Hubud yaitu NOTAM utk Bandara Adi Seomarmo, Solo Nomor B 0210/2014 dan untuk Bandara Adisutjipto, Yogyakarta Notam Nomor B 0212/2104 tertanggal 18 Februari 2014.

Penutupan Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah akibat erupsi Gunung Kelud, membuat pengelola mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Potensi pendapatan yang hilang tersebut antara lain berasal dari parkir serta airport tax.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali Kolonel (Pnb) Abdullah Usman memprediksi penutupan bandara memicu kehilangan pendapatan rata-rata sekitar Rp 97 juta per hari atau sekitar ratusan juta rupiah. General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Kolonel (Pnb) Abdullah Usman mengatakan rata-rata pendapatan yang diperoleh dari dana parkir dan airport tax dalam sehari sebesar Rp 97 juta. "Total kerugian masih kami hitung. Kalau dihitung pada hari pertama penutupan, ya kira-kira Rp 97 juta. Tetapi saat itu, parkir kan masih banyak, sedangkan hari kedua sudah turun jauh. Yang pasti kerugiannya mencapai ratusan juta,” tutur Abdullah Usman kepada wartawan, Selasa (18/2/2014).

Menurut Kolonel (Pnb) Abdullah Usman, di Bandara Adi Soemarmo, dalam sehari ada 19 kali penerbangan baik lokal maupun internasional. “Di bandara Solo ini, setiap hari ada sekitar 18 hingga 19 penerbangan baik lokal maupun internasional,” tambah dia.

Selain Garuda Indonesia beberapa penerbangan yang ada di antaranya Lion Air, Sriwijaya Air, Trigana Air, Air Asia, serta Kalstar Aviation.

Informasi terkait mundurnya jadwal pembukaan bandara ini berdasarkan surat pemberitahuan dari pihak bandara yang dilayangkan kepada pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Senin (18/2/2014). Surat pemberitahuan itu disampaikan juga ke para pelanggan Garuda Indonesia.

Marketing Sales Manager Garuda Indonesia Cabang Solo, Endy Latief, Senin (17/2/2014) malam, merujuk surat pemberitahuan dari otoritas bandara melalui Notice to Airman (NOTAM). Surat itu menyebutkan bandara Adi Soemarmo Solo masih dinyatakan tertutup untuk kegiatan penerbangan sampai dengan hari Rabu (19/2/2014), pukul 07.00 WIB. "Dengan surat pemberitahuan itu kami sampaikan informasi bahwa seluruh penerbangan Garuda Indonesia dari dan ke Kota Solo pada hari Selasa tanggal 18 Februari 2014 dibatalkan hingga pemberitahuan selanjutnya," kata dia.

General Manager Bandara Adi Soemarmo, Kolonel (Pnb) Abdullah Usman mengatakan bahwa pembukaan kembali bandara pasca hujan abu akan diusahakan sesuai jadwal semula, yakni Selasa (18/2/2014) sekitar pukul 10.00 WIB. "Kami usahakan Selasa siang sudah dibuka," ucapnya.

Untuk itu, imbuh dia, pihaknya memaksimalkan kegiatan pembersihan abu vulkanik Gunung Kelud yang masih menutupi landasan pacu bandara. Pembersihan yang dilakukan di landasan itu telah mencapai 2.000 meter dari total panjang yang mencapai 2.600 meter. Diharapkan pembersihan abu di landasan itu bisa mencapai 2.200 meter lebih.

Ditemui terpisah General Manager (GM) Garuda Indonesia Brand Office Solo, Flora Izza mengatakan potensi hilangnya pendapatan Garuda Indonesia Solo, dalam sehari rata-rata mencapai Rp 600 juta. “Tingkat keterisian pesawat kita rata-rata mencapai 120. Dalam sehari ada 5 flight. Jadi Rp 600 juta itu dihitung dari 120 penumpang dikalikan 5 penerbangan dikalikan rata-rata Rp 1 juta,” paparnya.

Akibat penutupan bandara masih kata Flora Izza, sejumlah penumpang memilih untuk melakukan refund. Jumlah refund yang dilakukan penumpang sejak hari pertama penutupan bandara hingga Senin (17/2/2014) mencapai Rp 400 juta. Pihaknya memperkirakan jumlah refund tiket penumpang hingga Rabu (19/2/2014) mencapai Rp 600 juta.

Pembukaan Bandara Adisutjipto kembali ditunda selama setengah hari hingga tadi siang Rabu (19/2/2014) pukul 12.00 WIB.

Lima bandara lainnya yang sebelumnya juga tidak beroperasi, yaitu Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Husein Satranegara Bandung, Bandara Abdurrahman Saleh Malang dan Bandara Tunggul Wulung Cilacap, menurut Plt Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S. Ervan sudah mulai beroperasi sejak Sabtu lalu. Bandara Ahmad Yani Semarang, Abdurahman Saleh Malang, Juanda Surabaya, Tunggul Wulung Cilacap, dan Husein Sastranegara Bandung juga telah beroperasi, setelah dampak debu vulkanik Kelud telah teratasi. (tri/jos/sin)

See Also

Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
Latgab Selesai, Danramil 03/Wonosalam Beri Arahan Anggota Saka Wira Kartika
Demi Keamanan Wilayah, Tiga Pilar Demak Kota Rutin Gelar Patroli
Kesigapan Babinsa Dalam Mengatasi Si Jago Merah
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.568.764 Since: 05.03.13 | 0.2132 sec