Nasional

Dampak Letusan Kelud, Penutupan Bandara Adi Sucipto Dan Adi Soemarmo Diperpanjang

SOLO-SBN.

Penutupan dua bandara di Jawa Tengah yakni Bandara Adi Soemarno Solo dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta yang terkena abu vulkanik Gunung Kelud kembali diperpanjang sampai Rabu (19/2/2014) esok hari. Awalnya kedua bandara ini akan dibuka pada Selasa (18/2/2014) pagi.

Perpanjangan penutupan dini dituangkan melalui dua Notice to Airman (NOTAM) Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Perpanjangan penutupan Bandara Adi Soemarmo Solo tertuang dalam NOTAM Nomor B 0210/2014, sedangkan perpanjangan penutupan Bandara Adi Sutjipto Yogjakarta tertuang dalam NOTAM Nomor B 2011/2014. Kedua NOTAM ini tertanggal 17 Februari 2014.

Kantor Notam (Notam Office) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperpanjang penutupan Bandara Adi Soemarmo, Surakarta hingga Kamis (20/2/2014) pukul 07.00 WIB atau Rabu (19/2/2014) pukul 23.59 WIB coordinated universal time (UTC). Hal itu tertuang dalam Notice to Airmen (Notam) No.B0216/14 tertanggal 18 Februari 2014. “Demikian pula, berdasarkan Notam A02278/14, dinyatakan penutupan Bandara Juanda dilakukan pada Selasa (18/2/2014) dari pukul 12.00 sampai 18.00 WIB, karena ada pekerjaan,” kata Plt. Kepala Pusat Komunikasi Kemenhub Bambang S. Ervan di Jakarta, Selasa (18/2/2014).

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan, belum dibukanya dua bandara tersebut dikarenakan masih dilakukan pembersihan terhadap landasan pacu, terminal dan sejumlah peralatan seperti radar dan alat-alat navigsi lainnya.

Bambang S. Ervan menyebutkan, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Senin (17/2/2014) sore, disimpulkan bahwa kedua bandara itu, belum dapat dioperasikan karena disana sini debu vulkanik akibat erupsi gunung Kelud masih cukup banyak.

Hasil evaluasi ini telah dilaporkan ke Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya NOTAM pada dua bandara tersebut.

"Kalau soal udara di dua kota tersebut sudah clear, tidak ada masalah. Justru persoalannya ada di bandaranya itu sendiri yang belum siap,’’ jelas Bambang S. Ervan sembari meminta kesabaran masyarakat, karena hal itu untuk kepentingan masyarakat.

Atas nama Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Yogyakarta dan Solo karena perpanjangan penutupan kedua bandara.

Bambang S. Ervan menegaskan, perpanjangan penutupan kedua bandara tersebut semata-mata untuk memastikan faktor keselamatan penerbangan.

Kepala Otoritas Bandar Udara (Orban) Wilayah III Juanda, Surabaya, Kementerian Perhubungan, Mohammad Alwi mengungkapkan keputusan pengoperasian Bandara Adi Soemarmo pada Kamis (20/2/2014) pukul 07.00 WIB merupakan hasil rapat bersama dengan General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali Kolonel (Pnb) Abdulah Usman, Komandan Lanud Kolonel (Pnb) Agus Radar Sucahyo, maskapai penerbangan, dan sejumlah stakeholder terkait. “Keputusan mulai beroperasinya bandara ini merupakan hasil perkiraan pengukuran waktu pelaksanaan pembersihan bandara dari debu vulkanik, sehingga sudah tidak lagi mengkhawatirkan dari aspek keselamatan penerbangan,” papar dia.

Lebih jauh, sambung dia, pihak bandara yang dibantu sekitar 825 personel anggota TNI Lanud kini sedang giat-giatnya mengerjakan pembersihan bandara dari debu. Kondisi debu di Adi Soemarmo ini, lebih tebal dibanding di Bandara Juanda. Untuk itu, kegiatan pembersihan debu kini dipercepat dengan penambahan peralatan.

“Luas landasan pacu di Adi Soemarmo mencapai 2.600 meter kali 60 meter, dan yang belum dibersihkan dari debu sepanjang sekitar 500 meter kali 60 meter,” terang Mohammad Alwi.

Selain itu, petugas melakukan pembersihan lokasi taxiway, tempat parkir pesawat terbang atau apron, dan titik-titik lainnya di kawasan Bandara. Pembersihan debu sudah sekitar 70%.

Mohammad Alwi mengatakan ada empat pesawat terbang yang parkir di Bandara Adi Soemarmo sehingga harus dilakukan inspeksi terkait dampak debu vulkanik sebelum pesawat dioperasikan kembali. Pesawat itu antara lain juga harus diganti saringan filter, penggantian oli, dan compressor works-nya.

“Empat pesawat terbang yang parkir di bandara ini merupakan pesawat milik Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya, dan KalStar. Pesawat tersebut harus dicek terlebih dulu sebelum dioperasikan,” kata dia seperti dikutip dari Antara.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali Kolonel (Pnb) Abdulah Usman memprediksi penutupan bandara memicu kehilangan pendapatan rata-rata sekitar Rp 97 juta per hari atau sekitar ratusan juta rupiah. Pendapatan itu berasal dari dana parkir dan airport tax. “Di bandara Solo ini, setiap hari ada sekitar 18 hingga 19 penerbangan baik lokal maupun internasional,” tambah dia.

Lima bandara yang sebelumnya juga tidak beroperasi, yaitu Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Husein Satranegara Bandung, Bandara Abdurrahman Saleh Malang dan Bandara Tunggul Wulung Cilacap, menurut Plt Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S. Ervan sudah mulai beroperasi sejak Sabtu lalu. (ant/lip6)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.446.999 Since: 05.03.13 | 0.2045 sec