Nasional

Dampak Letusan Kelud, Penutupan Bandara Adi Sucipto Dan Adi Soemarmo Diperpanjang

SOLO-SBN.

Penutupan dua bandara di Jawa Tengah yakni Bandara Adi Soemarno Solo dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta yang terkena abu vulkanik Gunung Kelud kembali diperpanjang sampai Rabu (19/2/2014) esok hari. Awalnya kedua bandara ini akan dibuka pada Selasa (18/2/2014) pagi.

Perpanjangan penutupan dini dituangkan melalui dua Notice to Airman (NOTAM) Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Perpanjangan penutupan Bandara Adi Soemarmo Solo tertuang dalam NOTAM Nomor B 0210/2014, sedangkan perpanjangan penutupan Bandara Adi Sutjipto Yogjakarta tertuang dalam NOTAM Nomor B 2011/2014. Kedua NOTAM ini tertanggal 17 Februari 2014.

Kantor Notam (Notam Office) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperpanjang penutupan Bandara Adi Soemarmo, Surakarta hingga Kamis (20/2/2014) pukul 07.00 WIB atau Rabu (19/2/2014) pukul 23.59 WIB coordinated universal time (UTC). Hal itu tertuang dalam Notice to Airmen (Notam) No.B0216/14 tertanggal 18 Februari 2014. “Demikian pula, berdasarkan Notam A02278/14, dinyatakan penutupan Bandara Juanda dilakukan pada Selasa (18/2/2014) dari pukul 12.00 sampai 18.00 WIB, karena ada pekerjaan,” kata Plt. Kepala Pusat Komunikasi Kemenhub Bambang S. Ervan di Jakarta, Selasa (18/2/2014).

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan, belum dibukanya dua bandara tersebut dikarenakan masih dilakukan pembersihan terhadap landasan pacu, terminal dan sejumlah peralatan seperti radar dan alat-alat navigsi lainnya.

Bambang S. Ervan menyebutkan, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Senin (17/2/2014) sore, disimpulkan bahwa kedua bandara itu, belum dapat dioperasikan karena disana sini debu vulkanik akibat erupsi gunung Kelud masih cukup banyak.

Hasil evaluasi ini telah dilaporkan ke Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya NOTAM pada dua bandara tersebut.

"Kalau soal udara di dua kota tersebut sudah clear, tidak ada masalah. Justru persoalannya ada di bandaranya itu sendiri yang belum siap,’’ jelas Bambang S. Ervan sembari meminta kesabaran masyarakat, karena hal itu untuk kepentingan masyarakat.

Atas nama Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Yogyakarta dan Solo karena perpanjangan penutupan kedua bandara.

Bambang S. Ervan menegaskan, perpanjangan penutupan kedua bandara tersebut semata-mata untuk memastikan faktor keselamatan penerbangan.

Kepala Otoritas Bandar Udara (Orban) Wilayah III Juanda, Surabaya, Kementerian Perhubungan, Mohammad Alwi mengungkapkan keputusan pengoperasian Bandara Adi Soemarmo pada Kamis (20/2/2014) pukul 07.00 WIB merupakan hasil rapat bersama dengan General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali Kolonel (Pnb) Abdulah Usman, Komandan Lanud Kolonel (Pnb) Agus Radar Sucahyo, maskapai penerbangan, dan sejumlah stakeholder terkait. “Keputusan mulai beroperasinya bandara ini merupakan hasil perkiraan pengukuran waktu pelaksanaan pembersihan bandara dari debu vulkanik, sehingga sudah tidak lagi mengkhawatirkan dari aspek keselamatan penerbangan,” papar dia.

Lebih jauh, sambung dia, pihak bandara yang dibantu sekitar 825 personel anggota TNI Lanud kini sedang giat-giatnya mengerjakan pembersihan bandara dari debu. Kondisi debu di Adi Soemarmo ini, lebih tebal dibanding di Bandara Juanda. Untuk itu, kegiatan pembersihan debu kini dipercepat dengan penambahan peralatan.

“Luas landasan pacu di Adi Soemarmo mencapai 2.600 meter kali 60 meter, dan yang belum dibersihkan dari debu sepanjang sekitar 500 meter kali 60 meter,” terang Mohammad Alwi.

Selain itu, petugas melakukan pembersihan lokasi taxiway, tempat parkir pesawat terbang atau apron, dan titik-titik lainnya di kawasan Bandara. Pembersihan debu sudah sekitar 70%.

Mohammad Alwi mengatakan ada empat pesawat terbang yang parkir di Bandara Adi Soemarmo sehingga harus dilakukan inspeksi terkait dampak debu vulkanik sebelum pesawat dioperasikan kembali. Pesawat itu antara lain juga harus diganti saringan filter, penggantian oli, dan compressor works-nya.

“Empat pesawat terbang yang parkir di bandara ini merupakan pesawat milik Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya, dan KalStar. Pesawat tersebut harus dicek terlebih dulu sebelum dioperasikan,” kata dia seperti dikutip dari Antara.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali Kolonel (Pnb) Abdulah Usman memprediksi penutupan bandara memicu kehilangan pendapatan rata-rata sekitar Rp 97 juta per hari atau sekitar ratusan juta rupiah. Pendapatan itu berasal dari dana parkir dan airport tax. “Di bandara Solo ini, setiap hari ada sekitar 18 hingga 19 penerbangan baik lokal maupun internasional,” tambah dia.

Lima bandara yang sebelumnya juga tidak beroperasi, yaitu Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Husein Satranegara Bandung, Bandara Abdurrahman Saleh Malang dan Bandara Tunggul Wulung Cilacap, menurut Plt Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S. Ervan sudah mulai beroperasi sejak Sabtu lalu. (ant/lip6)

See Also

Babinsa 12/Mranggen Berikan Himbauan Kepada Siswa Yang Kedapatan Bolos Saat Jam Pelajaran
Bermodal Tekad, Babinsa 02/Bonang Ajak Generasi Muda Binaannya Untuk Gemar Membaca
Melalui Jam Komandan, Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas TNI Dalam Pemilu
Jumlah Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda Capai 437 Orang
Jalan Gubeng Ambles Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek
Jalan Gubeng Surabaya Ambles
Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.172.383 Since: 05.03.13 | 0.2147 sec