Nasional

Pasca Erupsi Kelud, Bandara Ahmad Yani Dibuka Lagi

Sunday, 16 Februari 2014 | View : 1307

SEMARANG-SBN.

Gunung Kelud mulai meletus pada Kamis (13/2/2014) malam, sekitar pukul 22.55 WIB. Letusan berikutnya terjadi pada pukul 23.00 WIB dan pukul 23.23 WIB. Letusan besar terjadi pada pukul 23.29 WIB. Kemudian disusul hujan batu ke Pare, Kediri. Hingga saat ini, dilaporkan secara resmi, ada 3 korban tewas dan ratusan ribu lainnya mengungsi.

Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ditutup sementara pada Jumat (14/2/2014) mulai sekitar pukul 11.15 WIB. Langkah ini diambil pihak PT. Angkasa Pura II Bandara Ahmad Yani Semarang seiring makin tebalnya abu vulkanik sebagai dampak erupsi Gunung Kelud dan letusan Gunung Kelud yang dinilai membahayakan penerbangan.

General Manager PT. Angkasa Pura II Bandara Ahmad Yani Semarang, Priyo Jatmiko mengatakan, penutupan bandara Ahmad Yani Semarang dilakukan demi keamanan dan keselamatan penerbangan. Pasalnya, abu vulkanik dikhawatirkan akan berpengaruh langsung dan membahayakan mesin pesawat jika dipaksakan terbang.

"Bandara Ahmad Yani Semarang kami tutup sementara waktu, dan rencananya baru akan kami buka kembali pada Sabtu (15/2/2014) pukul 07.00 WIB atau sembari melihat perkembangan di lapangan," katanya, Jumat (14/2/2014).

Menurutnya, keputusan penutupan bandara dilakukan setelah pihak Angkasa Pura melakukan rapat bersama dengan seluruh maskapai penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang. Hasil rapat tersebut menyimpulkan jika abu vulkanik berpotensi mengganggu perjalanan dan dapat merusak mesin pesawat.

"Setelah menimbang kondisi cuaca terkini sebagai dampak abu vulkanik Gunung Kelud, akhirnya kami mengeluarkan 'No Tice To Airman' (Notam), dan penerbangan ditutup mulai saat ini (Jumat-red) dan akan ditinjau ulang sampai besok (Sabtu-red)," ungkapnya.

Priyo Jatmiko menyatakan, sebelum status ditutup, Bandara Ahmad Yani pada Jumat (14/2/2014) pagi telah memberangkatkan empat penerbangan tujuan Jakarta, dari 42 penerbangan yang ada.

Terkait potensi kerugian akibat penutupan bandara, Priyo Jatmiko mengaku, belum bisa menghitung. Namun begitu, yang pasti kerugian tidak hanya pada operator, tetapi juga dari maskapai penerbangan dan support airline, seperti Pertamina.

"Sebagai contoh, Pertamina tidak bisa mensuplai bahan bakar karena pesawat tidak operasioanal," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Petugas BMKG Bandara Ahmad Yani Semarang, Sukarno menuturkan, abu vulkanik akibat erupsi Gunung Kelud saat ini mencapai ketinggian lebih dari 55 ribu kaki. Dari pantuan yang ada, untuk ketinggian 15 ribu kaki, angin bertiup ke arah timur laut, dan pada g ketinggian 55 ribu kaki angin justru berhembus ke arah barat sampai Bandung.

"Dari segi cuaca sebenarnya tidak ada masalah dan masih bisa untuk dilakukan penerbangan, mengingat jarak pandang masih lebih dari 2000 meter. Tapi pertimbangannya bukan karena cuaca, melainkan efek abu vulkanik yang dikhawatirkan akan menggangu mesin pesawat," jelasnya.

Penutupan bandara juga memaksa maskapai penerbangan untuk mengembalikan uang (refund) para calon penumpang. Dari hasil pantauan, Jumat (14/2/2014), antrian panjang nampak di semua outlet penjualan tiket, di Bandara Ahmad Yani Semarang.

Marketing & Sales Manager Garuda Indonesia Brand Office Semarang, Herri Darmawan kepada wartawan mengatakan, dengan pembatalan penerbangan, pihak Garuda Indonesia memberikan dua pilihan yakni melakukan penjadwalan ulang atau membatalkan penerbangannya tanpa dikenakan biaya. Untuk pengembalian uang bisa dilakukan secara langsung ke outlet-outlet penjualan tiket Garuda Indonesia.

"Sehubungan dengan aktivitas Gunung Kelud yang terus meningkat sehingga mengakibatkan ditutupnya Bandara Juanda (Surabaya), Adi Sucipto (Jogjakarta), Adi Sumarmo (Solo), Abdul Rachman Saleh (Malang) dan Ahmad Yani (Semarang), maka seluruh penerbangan Garuda Indonesia dari dan ke lima kota tersebut pada Jumat (14/2/2014) dibatalkan," terangnya.

Herri Darmawan menginformasikan, pembukaan kembali bandara-bandara tersebut akan disampaikan dikesempatan pertama. Adapun bagi para penumpang yang telah memiliki jadwal penerbangan dari dan ke lima  kota tersebut dapat melakukan penjadwalan ulang maupun membatalkan penerbangannya tanpa dikenakan biaya.

"Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center Garuda Indonesia di nomor 021-23519999 atau 0804 1 807 807 atau kantor Garuda Indonesia terdekat," paparnya.

Penerbangan ke Semarang sudah dibuka pada Sabtu (15/2/2014). Operasional Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, kembali dibuka mulai Sabtu (15/2/2014) pagi. Bandara Ahmad Yani Semarang akhirnya kembali dibuka dan beroperasi penuh setelah bandara itu sempat sekitar 20 jam terakhir ditutup sejak Jumat (14/2/2014) akibat aktivitas letusan Gunung Kelud di Kediri yang mengeluarkan abu vulkanik pada Kamis (13/2/2014). "Bandara dibuka lagi pada pukul 07.15 WIB," kata Kepala Seksi Komunikasi dan Urusan Umum atau General Affair and Communication Section Head PT. Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Anom Fitranggono, di Semarang, Sabtu (15/2/2014). "Tadi pagi sudah dibuka pukul 07.00 WIB ke Semarang," tambah Manajer umum PT. Angkasa Pura II Kantor Cabang Soekarno-Hatta.

"Sebenarnya pembukaan bandara sudah dilakukan sejak Sabtu pagi. Namun hingga Sabtu petang ini, penerbangan belum normal dan hanya melayani rute tertentu," kata General Affair and Communication Section Head PT. Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani, Anom Fitranggono di Semarang, Sabtu (15/2/2014).

Bandara Ahmad Yani di Semarang ditutup terkait letusan Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur. Bandara Ahmad Yani ditutup pada Jumat (14/2/2014) sekitar pukul 11.15 WIB karena letusan Gunung Kelud yang dinilai membahayakan penerbangan. Selama penutupan itu, ada sekitar 76 penerbangan ke berbagai daerah tujuan dibatalkan. General Affair and Communication Section Head atau Kepala Seksi Komunikasi dan Urusan Umum PT. Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Anom Fitranggono menuturkan selama penutupan itu 76 penerbangan ke berbagai daerah tujuan dibatalkan. "Selama penutupan itu, ada sekitar 76 penerbangan ke berbagai daerah tujuan dibatalkan. Sekarang jadwal penerbangan sejumlah maskapai belum sepenuhnya normal," imbuh Anom Fitranggono.

Meski demikian, jadwal penerbangan Lion Air dan Citilink dari dan menuju Bandara Semarang belum dibuka. Kedua maskapai penerbangan itu baru kembali beroperasi hari Minggu (16/2/2014). Setelah dibuka kembali, sambung Anom Fitranggono, jadwal penerbangan sejumlah maskapai juga belum sepenuhnya normal. Dicontohkan, jadwal penerbangan maskapai Lion Air dan Citilink dari dan menuju Bandara Semarang belum dibuka kembali. Anom Fitranggono mencontohkan maskapai Lion Air dan Citilink masih belum membuka penerbangan dari dan menuju Bandara Semarang ini. "Rencananya mereka baru kembali terbang ke Semarang pada Minggu (16/2/2014)," papar Anom Fitranggono.

Selain itu, menurut Anom Fitranggono, sejumlah penerbangan ke arah wilayah Timur (Surabaya) dari Semarang juga belum dibuka dan belum bisa dioperasikan karena menunggu operasional Bandara Juanda. Sebab dikhawatirkan masih adanya abu vulkanik Kelud yang berbahaya bagi penerbangan. Anom Fitranggono mencontohkan penerbangan tujuan Surabaya belum dibuka karena menunggu operasional Bandara Juanda. "Utamanya karena bandara tujuan belum dibuka," tandas Anom Fitranggono.

Tak hanya Semarang, Kementerian Perhubungan juga mengeluarkan notice to airmen (notam) ke enam bandara lainnya yang ditutup pascaerupsi Gunung Kelud yakni; Bandara Adi Sucipto (Yogyakarta), Adi Sumarmo (Solo), Juanda (Surabaya), Abdurachman Saleh (Malang), Tunggul Wulung (Cilacap), Husein Sastranegara (Bandung).

"Kewenangan untuk membuka penerbangan ada di tangan Kementerian Perhubungan. Tapi saya mendapat info mulai pukul 18.00 WIB nanti sejumlah penerbangan juga akan dibuka," kata Yudis.

Ia menambahkan pembukaan penerbangan kembali itu juga tergantung dari informasi menyangkut vulkanologi. Di luar ke tujuh bandara itu, Yudis juga sempat mendengar kabar adanya keluhan pilot Air Asia yang mengkhawatirkan adanya halangan debu menuju Bandara Kuala Namu, Medan pada Jumat (14/2/2014) sore.

Sebelumnya Bandara Ahmad Yani di Semarang masih dievaluasi untuk dilihat apakah bisa dibuka atau tidak. Bandara Ahmad Yani dinyatakan tertutup pada pukul 11.15 WIB ditutup pada Jumat (14/2/2014) karena abu vulkanis letusan Gunung Kelud yang dinilai membahayakan penerbangan.

Bandara Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah akhirnya dibuka, Sabtu (15/2/2014) pukul 15.00 WIB. Maskapai Garuda kembali melayani penerbangan untuk rute Surabaya-Semarang dengan pesawat GA 368/369 dan rute Jakarta-Semarang dengan pesawat GA 238/241, GA 240/243, GA 242/245, GA 244/247, dan GA 246 pergi-pulang. “Keputusan tersebut sesuai hasil rapat otoritas bandara, air navigation, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan seluruh maskapai di Semarang,” jelas Marketing and Sales Manager PT. Garuda Indonesia Cabang Semarang Herri Darmawan. Selain Garuda, maskapai Sriwijaya air juga sudah membuka rute penerbangan Semarang-Jakarta. (ant/jpnn/tem)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.541.987 Since: 05.03.13 | 0.1602 sec