Nasional

Pasca Erupsi Kelud, Sejumlah Bandara Kembali Beroperasi

Sunday, 16 Februari 2014 | View : 1379

JAKARTA-SBN.

Akibat letusan pertama Gunung Kelud terjadi pada pukul 22.50 WIB kemudian disusul erupsi besar pukul 23.30 WIB, Kamis (13/2/2014), tujuh bandara di kawasan Pulau Jawa yang terpapar abu vulkanik itu ditutup. Abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud di Jawa Timur membuat sejumlah bandara ditutup dan banyak penerbangan dari dan menuju kota-kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY dibatalkan Jumat (14/2/2014). Akibatnya, hampir semua maskapai penerbangan menunda penerbangannya. Sebab, abu vulkanik mengurangi jarak pandang sehingga pesawat tak bisa terbang.

Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat, yang relatif jauh dari lokasi letusan Kelud bahkan ikut ditutup karena aku Kelud juga terbang sampai Bandung.

Paska Gunung Kelud meletus, tak ada maskapai penerbangan yang berani melintas di langit sekitar letusan Kelud. Abu Kelud menyebar ke wilayah timur laut Kelud dengan ketinggian mencapai 15 ribu kaki, dan ke barat laut Kelud dengan ketinggian hingga 55 ribu kaki. Abu vulkanik ini amat berbahaya bagi kinerja mesin pesawat.

Aktivitas penerbangan di sejumlah bandara hingga kemarin belum sepenuhnya normal akibat letusan Gunung Kelud. Namun, Sabtu (15/2/2014) pagi, ada sejumlah bandara yang sudah kembali dibuka. Membaiknya situasi seusai letusan Gunung Kelud membuat tiga bandara yanng sebelumnya ditutup kembali dibuka. Kementerian Perhubungan menyatakan telah mencabut notem (notice to airmen) terhadap tiga bandara yang terdampak letusan Gunung Kelud. Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan, Sabtu (15/2/2014) siang. “Bandara yang sudah dibuka ada tiga, Bandara Achmad Yani di Semarang sudah buka. Begitu juga Bandara Tunggul Wulung di Cilacap dan Bandara Abdul Rahman Saleh di Malang. Pukul 08.00 WIB, kedua bandara di Malang dan Cilacap itu sudah buka,” terang Juru Bicara Kementerian Perhubungan atau Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan, ketika dihubungi wartawan, Sabtu (15/2/2014).

Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, Jawa Tengah, dibuka kembali dan telah beroperasi setelah sempat ditutup akibat terkena dampak abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud, Jawa Timur.

"Sudah dibuka. Tadi sudah ada pesawat yang turun," kata Kepala Bandara Tunggul wulung, Banggas Silitonga, di Cilacap, Minggu (16/2/2014).

Banggas Silitonga mengatakan, sebenarnya pada Sabtu (15/2/2014) telah ada satu pesawat komersial yang mendarat di Bandara Tunggul Wulung. Tapi, sambung dia, hal itu hanya dilakukan pada saat kondisi cuaca terlihat cerah.

"Sebenarnya itu (pesawat yang mendarat pada hari Sabtu) melihat kondisi. Kita kasih kesempatan kepada mereka, kalau berani, ya, monggo," lanjutnya.

Menurut dia, cuaca pada hari Minggu pagi ini terlihat cerah sehingga kemungkinan Bandara Tunggul Wulung dapat melayani penerbangan komersial dengan normal.

Seperti diwartakan, Bandara Tunggul Wulung sejak Jumat (14/2/2014) pagi ditutup untuk sementara karena kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk penerbangan akibat adanya hujan abu dari letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.

Bandara Tunggul Wulung Cilacap melayani rute penerbangan Halim Perdanakusumah-Cilacap PP, 3 kali dalam sehari, dan Cilacap-Semarang PP, 1 kali dalam sehari.

Selain itu, Bandara Tunggul Wulung juga menjadi "basecamp" lima sekolah penerbangan.

Penutupan Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo diperpanjang sampai Senin (17/2/2014) pukul 06.00 WIB. Otoritas bandara dan maskapai masih  disibukkan dengan upaya pembersihan runway dari tumpukan abu vulkanik. Minimnya sarana membuat upaya itu terkendala. Baru sekitar 25 persen area landasan yang berhasil dibersihkan.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman mengatakan, penutupan bandara sesuai instruksi BMKG. Cuaca diperkirakan masih akan cerah pada Sabtu (15/2/2014) dan Minggu (16/2/2014), namun pihaknya butuh waktu untuk membersihkan area bandara agar layak untuk penerbangan.

Pembersihan dilakukan sejak Jumat (14/2/2014) dengan melibatkan sedikitnya 250 siswa TNI AU dan petugas maskapai.

Kendati demikian, menurut Operation Airport Operation and Readiness Section Head Rini Sri Rahayu, upaya ini belum maksimal. Pihaknya dihadapkan pada ketebalan abu yang mencapai 2 cm dan keterbatasan personel. Jumlah mobil pemadam kebakaran yang digunakan untuk penyemprotan juga jauh dari cukup. Hanya ada enam mobil pemadam untuk membersihkan runway dengan panjang 2.600 meter dan lebar 60 meter tersebut.

”Empat unit milik bandara, dua lainnya bantuan Pemkot Solo dan Pemkab Boyolali. Butuh waktu lama untuk membersihkan landasan. Saat ini, baru 25 persen area yang bisa dibersihkan,” paparnya.

Soal kerugian, Abdullah Usman belum bisa memperkirakan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memprediksi, kerugian akibat pembatalan sejumlah penerbangan mencapai Rp 1 miliar. Angka ini belum termasuk nilai kerugian akibat terhambatnya aktivitas perekonomian secara umum.

Pemerintah provinsi sudah berkoordinasi dengan BPBD Jawa Tengah agar segera mengambil tindakan yang diperlukan. Kendati tidak menetapkan status siaga bencana, dia menginstruksikan agar pembersihan debu difokuskan untuk kelancaran transportasi. Dia juga meminta petugas kesehatan siaga mengantisipasi keluhan akibat hujan abu. “Pemerintah tidak mengalokasikan anggaran khusus untuk penanganan dampak hujan abu. Penanganan diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota masing-masing,” katanya.

Bandara Juanda di Surabaya Jawa Timur ditutup sampai pukul 18.00 WIB dan akhirnya kembali beroperasi Sabtu (15/2/2014) siang. Bandara ini termasuk satu dari 7 bandara yang ditutup setelah Gunung Kelud di perbatasan Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar meletus Kamis (13/2/2014) malam.

Adapun status bandara lainnya yakni Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta masih ditutup sampai 18 Februari 2014 pukul 06.00 WIB dan Bandara Husein Sastranegara di Bandung masih ditutup sampai 16 Februari 2014 pukul 09.00 WIB.

Selain Bandara Juanda, Bandara Husein Sastranegara di Bandung juga akan dibuka siang ini. “Bandara di Bandung tutup sampai pukul 12.00 WIB, lalu dibuka kembali,” ujar Bambang S. Ervan.

Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung dijadwalkan kembali beroperasi pada Minggu (16/2/2014) pagi ini, pukul 09.00 WIB. "Berdasarkan jadwal yang terakhir kami terima, Bandara Husein Bandung buka pukul 09.00 WIB besok (Minggu)," kata General Manager PT. Angkasa Pura II Cabang Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung Yayan Hendrayani di Bandung, Sabtu (15/2/2014).

Sejak Jumat (14/2/2014) pukul 14.00 WIB bandara itu ditutup akibat turunnya debu vulkanik Gunung Kelud yang terbawa angin hingga ke Kota Bandung.

Menurut Yayan Hendrayani, dari sisi jarak pandang tidak ada masalah, namun penutupan penerbangan itu karena alasan keamanan penerbangan yang dikhawatirkan partikel abu vulkanik bisa mengganggu mesin pesawat. "Ya jarak pandang tidak masalah, namun lebih ke safety engine pesawat. Mudah-mudahan besok clear," katanya.

Yayan Hendrayani menyatakan, berdasarkan hasil pengamatan partikel abu vulkanik masih ada di langit Bandung pada Sabtu (15/2/2014) sehingga dinyatakan belum aman.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan bandara-bandara yang ditutup karena dihujani abu vulkanik Kelud akan langsung dioperasikan kembali saat aktivitas vulkanik Gunung Kelud reda. “Kalau erupsinya tidak besar, bisa langsung dibuka,” kata dia. (ant/jpnn)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.497.284 Since: 05.03.13 | 0.1935 sec