Agama & Masyarakat

Jalan Prapatan Jadi Usman-Harun Sudah Disetujui Pemprov DKI

Monday, 10 Februari 2014 | View : 823

JAKARTA-SBN.

Korps Marinir TNI AL mengusulkan nama Jalan Prapatan yang berada di Kwitang Jakarta Pusat depan Mako Kormar menjadi Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun.

Usulan tersebut disampaikan secara resmi Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Achmad Faridz Washington kepada Gubernur DKI Jakarta melalui Surat Nomor: B/614/XI/2012 tanggal 28 November 2012. Usulan tersebut mendapat respon yang positif dari Pemprov DKI Jakarta.

Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir Letnan Kolonel Marinir Suwandi menyebutkan, pengajuan perubahan nama Jalan Prapatan yang berada di kawasan Tugu Tani Jakarta Pusat tersebut sudah lama di ajukan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Menindaklanjuti usulan tersebut telah tiga kali Pemprov DKI Jakarta dan Korps Marinir TNI AL melaksanakan rapat untuk membahas rencana perubahan nama jalan tersebut.

Rapat pertama kali dipimpin oleh Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta Ibu Sylviana Murni pada tanggal 27 Desember 2012 bertempat di Ruang Rapat Sekda Provinsi DKI Jakarta Blok G Lantai 4 Gedung Balaikota Jl. Merdeka Selatan No. 8-9 Jakarta Pusat.

Peserta rapat dari Pemda DKI Jakarta pada rapat pertama tersebut adalah Bpk. R. Bayu Sanjaya (Badan Pengelolaan Keuangan DKI Jakarta, Ibu Anna (Biro Hukum DKI Jakarta), Ibu Tinia Budiarti (Wakadis Parbud), Ibu Endarti (Disparbud), Ibu Emiel A (Biro Pasarkot), Bpk. Yassrul dan Ibu Sismastri G (Tapem), Ibu Zulfikar Lutfi (Staf Dinas P2B), Bp. M Anwar (Camat Senen), Bpk. Anwar Maulana (Lurah Senen), Bpk. Purwana Ansyori (Sekwan DPRD DKI).

Sedangkan dari Korps Marinir TNI AL adalah Kolonel Marinir Suaf Yanu H (Asintel Dankormar), Letkol Marinir Sumarto (Kadispen Kormar), Mayor Marinir M Amien dan Kapten Marinir Kuntoyono (Staf Intelejen), Kapten Laut (KH) Samsoeddin, SH (Diskum Kormar), Kapten Marinir Sutrisno (Dispen Kormar). Serta dihadiri Pakar Sejarah Prof. Dr. Anhar Gonggong.

Hasil dari rapat pertama tersebut Pemda segera membentuk Tim Pertimbangan baik Tingkat I/Provinsi dan Tingkat II/Pemkot Jakpus yang akan bekerja secara bersamaan agar tugas dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu yang ditentukan (minimal 3 bulan maksimal 6 bulan).

Tim Pertimbangan yang dibentuk akan melaksanakan tahapan sosialisasi dan terus berkordinasi antar Pemda Provinsi dan Kota/Jakpus serta Korps Marinir. Dalam rapat tersebut Asisten I juga menjelaskan pada dasarnya pengusulan perubahan jalan tersebut dapat diterima karena sesuai SK Gubernur No.28 Tahun 1999 tentang Pedoman Penetapan Nama Jalan, taman dan Bangunan Umum pada Pasal 4 antara lain dijelaskan bahwa perubahan jalan harus memenuhi:

a). mudah dikenal masyarakat.

b). menggunakan nama daerah.

c). nama pahlawan/karena sifat kepahlawanannya yang ditetapkan oleh UU menjadi pahlawan nasional.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir Letnan Kolonel Marinir Suwandi menjelaskan, menidaklanjuti permintaan tersebut dengan beberapa kali pertemuan, permintaan itu pun sudah disetujui.

"Namun, peresmiannya nanti kami menunggu selesainya Monumen Usman-Harun. Sekaligus nanti akan diresmikan bersamaan perubahan nama jalan tersebut," kata Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir Letnan Kolonel Marinir Suwandi kepada wartawan, Senin (10/2/2014).

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Sersan KKO Anumerta Usman dan Kopral KKO Anumerta Harun mendapatkan penganugerahan Gelar Pahlawan dan Tanda Kehormatan Bintang Sakti sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.050/TK/Tahun 1968 tanggal 17 Oktober 1968. Keduanya dijatuhi hukuman mati oleh pemerintah Singapura pada pukul 06.00 pagi hari waktu setempat Kamis tanggal 17 Oktober 1968. (tri)

See Also

Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.600.691 Since: 05.03.13 | 0.1377 sec