Nasional

Basuki Tjahaja Purnama: Perhimpunan Pengusaha Indonesia China Bantu 51 Truk Sampah

Friday, 07 Februari 2014 | View : 1504

JAKARTA-SBN.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menghadiri Acara Perayaan Tahun Baru Imlek 2565 di Sun City Restaurant and Luxury Club, Lindeteves Trade Centre (LTC-Glodok), Glodok, Gajah Mada, Lantai 6, Jl. Hayam Wuruk No.127 Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Rabu (5/2/2014).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa ‘Ahok’ mengaku telah mendapatkan bantuan dari Perhimpunan Pengusaha Indonesia Tionghoa berupa truk sampah. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menerima 51 truk sampah dari anggota Perhimpunan Pengusaha Indonesia Tionghoa.

Bantuan tersebut berjumlah 51 dump truk yang diberikan saat Wagub DKI menghadiri perayaan Imlek bersama Perhimpunan Pengusaha Indonesia Tionghoa. Sumbangan tersebut dijanjikan saat mantan Bupati Belitung Timur itu menghadiri acara perayaan Imlek yang diadakan perhimpunan tersebut.

Tidak sia-sia usaha Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta para pengusaha memberikan bantuan corporate social responsibility (CSR) berupa truk sampah, bukan uang atau makanan bagi warga Ibu Kota.

Menurut Wagub DKI tersebut, sejumlah pengusaha Indonesia China sudah berkomitmen menyumbangkan 51 unit truk sampah untuk Pemerintah DKI Jakarta. Komitmen itu disampaikan kepada Wagub DKI dalam perayaan Imlek yang digelar di Sun City Restaurant and Luxury Club, Lindeteves Trade Centre (LTC-Glodok), Glodok, Gajah Mada, Lantai 6, Jl. Hayam Wuruk No.127 Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Rabu (5/2/2014).

"Jadi semalam saya datang ke acara perayaan Imlek. Tadinya saya malas datang ke sana. Tapi karena ada Dubes tak enak saya. Tapi lumayan, saya datang foto-foto, eh dapat tangkapan. Semalam terkumpul 51 truk sampah dari Perhimpunan Pengusaha Indonesia Tionghoa," beber Wagub DKI di Balai Kota DKI, Jakarta Kamis (6/2/2014). "Akhirnya dapat 51 truk sampah," papar Wagub DKI, Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI, Jakarta Kamis (6/2/2014).

“Kami memang harus meremajakan 700 truk sampah yang sudah jelek dan tak layak. Sudah ada yang menyumbang 51 truk sampah,” beber Wagub DKI Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (7/2/2014).

Bila hal itu terwujud, Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan memiliki total 158 unit truk sampah baru, karena tahun lalu pemerintah Ibu Kota sudah membeli 107 unit truk sampah baru.

“Ya saya bilang, kalau mau menyumbang banjir jangan sumbang makanan deh. Yang nyata saja. Kalau makanan nggak jelas siapa yang dapat. Itu nggak ada asosiasi, spontan saja mereka mau,” cerita dia.

Ternyata saat dia menyampaikan pidato sambutan pada acara Imlek itu, banyak pengusaha yang tergerak hatinya untuk membantu penanganan sampah yang menjadi salah satu penyebab banjir di Ibu Kota.

“Ceritanya, mereka mau menyumbang dua truk sampah. Terus saya pidato, makin dengar pidato saya, hati mereka terenyuh kali. Terus angkat tangan mau nyumbang,” tuturnya sambil tertawa.

Pengusaha yang menyumbang, cerita mantan Bupati Belitung Timur ini, ada juga yang berasal dari Taiwan. Tidak hanya itu, Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia, Imron Cotan yang turut hadir dalam acara tersebut bersedia menyumbang berupa uang seharga seperlima harga truk sampah. “Sampai Dubes saja nyumbang seperlima, Pak Imron, Dubes kita yang di China. Kita terima saja. Kalau nggak mampu sumbang satu unit, setengah, tiga perempat, atau seperlima, seperempat juga boleh. Jadi kalau yang sumbang seperlima ada lima orang, kan jadi satu. Ada juga yang sumbang motor sampah. Sekarang truknya masih dibuat,” jelas mantan anggota DPR RI ini.

Wagub DKI mengatakan bantuan truk tersebut rencananya akan diberikan kepada setiap kelurahan yang ada di Jakarta.

Awalnya, sambung Wagub DKI, dalam acara tersebut, dia menyampaikan soal keinginan Pemprov DKI Jakarta untuk memiliki truk sampah di setiap kelurahan. "Tapi kami butuh waktu untuk membeli," ujarnya.

Kemudian, satu per satu yang hadir dalam acara tersebut menyatakan akan menyumbang truk sampah, hingga terkumpul 51 truk sampah. "Jenisnya dump truck ukuran sedang," katanya.

Wagub DKI menegaskan pembelian truk sampah sebenarnya sangat penting. Lantaran, Jakarta banyak terkepung sampah yang menghambat perekonomian. "Kami butuh waktu untuk membeli truk sampah. Kalau kota ini enggak ada sampah, bisa membantu perekonomian enggak ada kemacetan segala macam," ungkap Wagub DKI.

Idealnya, DKI harus memiliki 400 truk sampah, tapi saat ini Pemprov Pemprov DKI menyatakan usulan pengadaan 200 truk sampah sempat ditolak DPRD DKI karena truk sampah akan dikelola pihak swasta. Namun, pihak DPRD membantah telah menolak usulan pengadaan 200 truk sampah lantaran usulan tersebut tidak ada dalam RAPBD 2014. Pemprov DKI Jakarta telah mengalokasikan anggaran pembelian 200 truk sampah, yang ternyata tak masuk dalam mata anggaran yang disetujui DPRD DKI pada pertengahan Januari lalu. DPRD DKI menyebut mata anggaran itu tak masuk dalam draf. Padahal, tambah Wagub DKI, berdasarkan laporan dari Dinas Kebersihan, pengadaan itu ditolak DPRD DKI.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’, kebutuhan truk sampah bagi DKI sangat mendesak. Rata-rata truk sampah sudah berusia tua, 20-30 tahun. DKI baru bisa memperbarui 92 truk sampah. (tem/mer)

See Also

Pesantren Al Mawaddah Kudus Ciptakan Rekor Prestasi Dunia
Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.496.071 Since: 05.03.13 | 0.2653 sec