Olah Raga

Pebalap Mercedes Nico Rosberg Menang F1 GP Inggris

Monday, 01 Juli 2013 | View : 878

SILVERSTONE-SBN.

Pebalap Mercedes asal Jerman, Nico Erik Rosberg merebut podium pertama untuk kali kedua tahun 2013 ini. Setelah menjadi yang tercepat di Monako bulan lalu, pebalap asal Jerman dari Tim Mercedes itu kembali merebut juara pada balapan F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (30/6/2013). 

Gangguan ban yang dialami pebalap tuan rumah, Lewis Hamilton, yang menempati pole position, membuat Nico Rosberg yang berada di belakangnya mengambil alih pemimpin balapan sejak lap ketujuh. Selain itu, kegagalan Sebastian Vettel mengakhiri lomba setelah terhenti di putaran ke-42 menjadi faktor lain yang menjadi kunci kemenangan Nico Rosberg.

Pebalap negeri kangaroo Australia yang telah mengumumkan pengunduran dirinya dari formula one sehabis musim tahun ini, Mark Webber yang merupakan rekan setim Sebastian Vettel di Red Bull-Renault finis di urutan kedua. Meski mulai posisi awal dari posisi kesepuluh, pebalap Ferrari dari Spanyol, Fernando Alonso, berhasil finis di urutan ketiga.

Dengan kemenangan ini Nico Rosberg sudah mengoleksi 82 poin, namun Nico Rosberg tetap berada di urutan keenam klasemen umum. Gagal finis tak membuat posisi Sebastian Vettel di puncak tergoyahkan. Pebalap Jerman itu tetap kokoh dengan raihan 132 poin. Fernando Alonso menyusul di posisi kedua dengan 111 poin. Terpaut 13 poin, pebalap Finlandia dari Tim Lotus-Renault, Kimi Raikkonen, menempati posisi ketiga.

Dari jalannya balapan, pebalap mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton yang menempati posisi paling depan melakukan start dengan baik, sedangkan Mark Webber yang memulai balapan dari posisi empat turun ke urutan lima.

Selepas satu lap, Lewis Hamilton masih memimpin balapan, diikuti Sebastian Vettel, Nico Rosberg, pebalap Force India-Mercedes Adrian Sutil dari Jerman, dan andalan Ferrari pebalap Brasil Felipe Massa.

Memasuki putaran keempat, Lewis Hamilton mulai menjauh. Petaka bagi Lewis Hamilton terjadi pada lap kedelapan yang mengalami pecah ban belakang kiri. Pebalap McLaren ini harus berjuang keras untuk bisa sampai ke pit dan mengganti ban. Kali ini, pecah ban menjadi masalah yang sangat mengganggu pada gelaran F1 GP Inggris. Lima pebalap harus menjadi korban insiden itu. Lewis Hamilton yang mulai start di posisi terdepan harus merelakan posisinya anjlok drastis hingga posisi ke-17. Pebalap Ferrari, Felipe Massa pun mengalami hal setali tiga uang pada lap ke-9. Ban belakang sebelah kiri bermasalah sehingga memaksanya masuk pit. Felipe Massa pun harus kembali ke jalur dengan posisi paling belakang.

Pebalap Torro Rosso, Jean-Eric Vergne, serta pebalap Mclaren, Sergio Perez dan Esteban Gutierrez Sauber pun tidak luput mengalami insiden serupa. Di awal balapan, Jenson Button sempat mengatakan lewat radio tim bahwa bannya menghalami overheating. Pihak Pirelli, pemasok ban untuk mobil-mobil Formula 1, mengatakan akan segera melakukan evaluasi. “Kami saat ini sedang melakukan analisis,” tutur Direktur Motorsport Pirelli, Paul Hembery. “Dan butuh beberapa hari untuk mengetahui apa yang terjadi. Ban pecah semuanya terjadi di kiri belakang, perlu kajian lebih dalam tentang itu,” ujar Paul Hembery.

Sebastian Vettel langsung mengambil alih pimpinan lomba. Pada lap kesembilan, Sebastian Vettel unggul 2,1 detik dari Nico Rosberg. Adrian Sutil bertahan di posisi tiga. Pecah ban kembali terjadi. Kali ini giliran Felipe Massa yang mendapat insiden sama dengan Lewis Hamilton, rusak ban kiri belakang. Pebalap Brasil itu berhasil kembali ke pit dan mendapat ban baru. 

Sebastian Vettel semakin jauh di depan, unggul 3,3 detik dari Nico Rosberg, pada lap ke-11. Satu lap berikutnya, Fernando Alonso berhasil melewati Kimi Raikkonen untuk mendapatkan posisi keempat. Sebastian Vettel bertahan dan unggul 2,5 detik dari Rosberg pada lap ke-26. 

Beberapa pebalap masuk ke pit, termasuk Sebastian Vettel pada lap ke-36. Susunan sedikit berubah, tapi Sebastian Vettel berhasil mempertahankan posisinya. Hanya saja, masalah menghampiri pebalap Red Bull-Renault tersebut pada lap ke-42. Mobilnya mengalami masalah gearbox, melambat, lalu berhenti tepat di tempat start. Ini adalah kali pertama musim ini bagi Sebastian Vettel gagal menyelesaikan balapan.

Mundurnya Sebastian Vettel membuat Nico Rosberg mengambil alih pimpinan balapan, disusul Kimi Raikkonen, Adrian Sutil, dan Daniel Ricciardo. Sepuluh lap tersisa, Nico Rosberg berhasil mempertahankan posisinya untuk finis di tempat pertama, disusul Mark Webber pebalap RedBull-Renault asal Australia, dan Fernando Alonso pebalap Ferrari asal Spanyol. Bagi Nico Rosberg, kemenangan ini adalah kali kedua yang merupakan hasil yang fantastis. “Ini hari yang sangat, sangat istimewa,” kata Nico Rosberg. “Saya prihatin atas apa yang terjadi pada Lewis Hamilton. Seharusnya ini menjadi balapan yang hebat bagi Lewis Hamilton di sini, di depan penggemarnya,” demikian Nico Rosberg mengutarakan kekesalannya. (rtr/afp)

See Also

Bermula Dari Hobi, Bernard Gregory Susilo Toreh Prestasi Cabor Wushu
The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.795.089 Since: 05.03.13 | 0.195 sec