Nasional

Kondisi Pintu Air Bendungan Katulampa Siaga I

Thursday, 30 Januari 2014 | View : 852

JAKARTA-SBN.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo P. Nugroho, menyatakan bahwa pintu air Bendungan Katulampa Bogor pada Kamis (30/1/2014) dini hari sudah memasuki level Siaga I.

"Hujan deras di bagian hulu Sungai Ciliwung telah menyebabkan pintu air Bendungan Katulampa pada level Siaga I," kata Sutopo P. Nugroho melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Sutopo P. Nugroho mengungkapkan pula, pintu air Depok masih berada pada level Siaga IV atau masih berada dalam level normal, sedangkan pintu air Manggarai pada Kamis (30/1/2014) dini hari memasuki level Siaga III.

Menurut Sutopo P. Nugroho bahwa banjir kiriman bagi bantaran sungai Ciliwung hilir diperkirakan akan tiba sekitar sembilan hingga sebelas jam setelah pukul 23.00 WIB atau pada Kamis (30/1/2014) pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

"Pukul 23.27 WIB pada Rabu, muka air Katulampa mencapai ketinggian 220 cm, dan ini sudah memasuki level Siaga I," urai Sutopo P. Nugroho.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat pada Rabu (29/1/2014) pukul 23.00 WIB, muka air di pintu air Depok mencapai ketinggian 180 cm yang berarti masih berada dalam level Siaga IV, dan muka air di pintu air Manggarai pada Rabu (29/1/2014) pukul 22.52 WIB berada pada 780 cm atau memasuki level Siaga IIII.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan bakal mengguyur wilayah Ibu Kota. Bahkan, daerah penyangga Jakarta, seperti Depok, Tangerang, Bekasi, dan daerah hulu, Bogor, juga hujan dari pagi hingga malam.

Kepala Subdit Informasi Meteorologi BMKG Hari Tirto Djatmiko meminta masyarakat DKI Jakarta untuk waspada dengan kemungkinan banjir. "Potensi hujan merata dari wilayah hulu dan hilir Jakarta," kata Hari Tirto Djatmiko, saat dihubungi wartawan, Rabu (29/1/2014).

Kemungkinan banjir semakin bertambah karena wilayah pesisir utara Jakarta sedang mengalami puncak pasang air laut. Pasang air laut maksimal diprediksi terjadi hari ini sampai Jumat (31/1/2014).

"Pasang maksimum bisa mencapai ketinggian satu sampai satu setengah meter," sambung dia.

Walhasil, kemungkinan air hujan yang mengalir dari wilayah hulu dan hilir akan tersendat menuju ke muara. Sebab, air pasang menghambat arus sungai menuju laut utara Jakarta.

"Jadi, masyarakat Jakarta harus waspada hujan dari hulu, hilir, ditambah banjir rob," tambah dia.

Dalam situs resmi BMKG, hujan dengan intensitas lebat akan mengguyur kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Tangerang pagi ini. Sementara wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat hingga Bogor, Depok, dan Bekasi, diperkirakan diguyur hujan sedang pada pagi ini.

Siang hingga sore hari BMKG memprediksi wilayah Jabodetabek masih diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Pada malam harinya, hujan malah diprediksi semakin deras intensitasnya di seluruh Jabodetabek.

Dikabarkan sebelumnya, hujan deras terus Ibukota Jakarta  dan sekitarnya sejak Selasa (28/1/2014) malam sampai Rabu (29/1/2014) pagi. Debit air pun terus bertambah di sungai dan pintu air.

Informasi yang diterima dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta Rabu (29/1/2014) pagi, ketinggian air di pintu Karet mencapai 640 cm atau siaga I. Adapun ketinggian di pintu air lainnya masih normal meskipun air hujan masih akan terus menambah debit air di pintu-pintu air tersebut.

Seperti diinformasikan pula sebelumnya, pintu air Katulampa hanya 60 cm atau siaga 4, Pintu Air Depok 155 cm atau siaga 4, Pintu air Manggarai 860 cm atau siaga 2,"

Hingga dini hari hujan masih turun dengan intensitas tinggi hingga rendah. Hujan juga tampak merata di daerah Jabodetabek. (tem/ant)

See Also

Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.993.466 Since: 05.03.13 | 0.1514 sec