Internasional

Pencalonan Abdel Fattah Al-Sisi Dalam Pilpres Mesir

Tuesday, 28 Januari 2014 | View : 852

KAIRO-SBN.

Lembaga militer Mesir pada Senin (27/1/2014) mendukung komandannya Jenderal Abdel Fattah al-Sisi untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Sejumlah Jenderal Mesir secara resmi memberikan jalan untuk Panglima Angkatan Bersenjata Jenderal Abdel Fattah al-Sisi maju sebagai calon presiden pada pemilu yang akan digelar beberapa hari mendatang.

Dewan Agung Angkatan Bersenjata, badan tertinggi militer Mesir, menyebut langkah pencalonan itu merupakan "mandat dan kewajiban" yang diminta oleh masyarakat.

Militer Mesir mendukung Jenderal Abdel Fattah al-Sisi maju dalam Pemilihan Presiden. Pencalonan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi secara resmi akan diumumkan beberapa hari mendatang. Seperti dilansir Aljazeera, Senin (27/1/2014), Dewan Tinggi Militer Mesir mengatakan, langkah yang diambil militer merupakan mandat dan kewajiban yang dipercayakan rakyat.

Dalam sebuah pesan suara yang disampaikan kepada televisi pemerintah, Senin (27/1/2014) malam waktu setempat, Dewan menyatakan lembaganya secara resmi mencalonkan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi sebagai calon presiden. Dalam sebuah pesan, yang disampaikan melalui siaran televisi nasional, Dewan Tinggi Militer mengatakan keputusan final pencalonan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi sebagai presiden ada di tangan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi. Mereka juga memuji hasil kerja dan respon Jenderal Abdel Fattah al-Sisi atas 'panggilan  tugas'. "Kami menghormati keinginan rakyat untuk memajukan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi untuk maju dalam pemilihan presiden," bunyi pernyataan Dewan Tinggi Militer. "Beliau akan mengambil kebijaksanaan sesuai dengan hati nuraninya." Menurut Dewan, pecalonan itu sebagai panggilan tugas. "Dewan menghormati keinginan masyarakat untuk mencalonkan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi sebagai presiden," ujar Dewan melalui pernyataan.

Jenderal Abdel Fattah al-Sisi secara luas diharapkan menyampaikan rencana politiknya pada pekan ini, setelah draf konstitusi baru yang dipersiapkan pemerintah sementara dengan dukungan militer disetujui oleh anggota parleman.

Panglima Angkatan Bersenjata yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan ini Jenderal Abdel Fattah al-Sisi diyakini  akan menang setelah memimpin kudeta terhadap Presiden Mohammed Moursi dan menggulingkan pemimpin terpilih secara demokratis tersebut pada 3 Juli 2013 silam. Kepala Militer Mesir, yang sekaligus Menteri Pertahanan, Jenderal yang pada Juli 2013 lalu berhasil menggulingkan mantan Presiden Mohammed Moursi, presiden pertama yang terpilih secara demokratis di Mesir, memang menjadi calon kuat mengingat belum ada tokoh yang mengemuka jelang pemilihan umum yang rencananya digelar April mendatang. Jenderal Abdel Fattah al-Sisi dilihat sebagai tokoh kuat yang dibutuhkan untuk membawa Mesir keluar dari krisis politik dan ekonomi yang sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir.

Para pengamat mengatakan pengumuman yang disampaikan oleh Dewan pada Senin (27/1/2014), itu menunjukkan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi telah mendapatkan dukungan penuh dari militer.

Sebelumnya, sejumlah media di Mesir mewartakan Presiden Mesir sementara, Adly Mansour, bertemu dengan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, Senin (27/1/2014) dinihari. Dalam pertemuan itu, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi diharapkan menyampaikan pengumuman secara resmi tentang pencalonan dirinya sebagai presiden pada pemilu mendatang.

Dalam sebuah pidato singkat, Minggu (26/1/2014) lalu, Adly Mansour mengumumkan Mesir akan menggelar pemilihan (pemilu) Presiden Mesir sebelum pemilihan anggota dewan (pemilu legislatif). Ini dilakukan untuk memastikan rangcangan politik Mohammed Moursi bisa dihapuskan. "Mayoritas kekuatan politik menginginkan pemilihan presiden digelar lebih dulu lalu melakukan amandemen atas kebijakan politik pemerintah sebelumnya," kata Adly Mansour. "Hampir seluruh kekuatan politik menginginkan pemilihan presiden dilakukan sebelum pemilu legislatif," tuturnya.

Jenderal Abdel Fattah al-Sisi didesak segera mengumumkan rencana politiknya pekan ini setelah pemilih menyambut baik konstitusi baru yang disokong militer.

Para pengamat mengatakan pengumuman sikap kubu Jenderal Abdel Fattah al-Sisi menunjukkan ia mendapat dukungan penuh dari militer. Presiden Sementara Adly Mansour, juga mempromosikan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi. Keduanya dikabarkan akan bertemu Senin bulan depan.

Kepala Angkatan Bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi tampaknya sudah memantapkan hati untuk mencalonkan diri sebagai presiden di pemilihan umum mendatang. Kabar pencalonan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi sudah diwartakan dua kali oleh media lokal dalam tiga hari terakhir.

Seorang pejabat dari bidang keamanan, kepada Reuters mengatakan bahwa Jenderal Abdel Fattah al-Sisi tampaknya akan segera mengumumkan pencalonan dirinya sebagai presiden. “Militer, dalam pertemuan terakhir, sudah menunjukkan dukungan terhadapnya," kata sumber yang meminta identitasnya tidak diumbar itu.

Desakan untuk pencalonan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi menguat setelah pemerintah yang didukung militer menampakan sinyal akan lebih dulu menggelar pemilihan presiden ketimbang pemilihan anggota parlemen merupakan langkah yang berlawanan dengan rencana awal.

Adapun militer menampik akan mendukung Jenderal Abdel Fattah al-Sisi dalam pencalonannya dan mengatakan tidak akan mendeklarasikan apa pun lewat sumber anonim.

Tetapi pihak militer tidak menyangkal laporan pada saluran MBC Egypt yang menyatakan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi akan mencalonkan diri sebagai presiden sementara Sedki Sobhi, yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Bersenjata, akan menggantikan posisinya sebagai Menteri Pertahanan dan Kepala Angkatan Bersenjata.

Dalam kemunculannya di publik, pada 21 November silam, lelaki berusia 59 tahun itu tidak menyangkal keinginannya menjadi pemimpin Mesir, "Lihat saja apa yang akan terjadi ke depan," kata dia dalam wawancara dengan sebuah majalah Kuwait.

Sejumlah pihak menduga Jenderal Abdel Fattah al-Sisi akan mengumumkan pencalonan dirinya setelah referendum atas konstitusi digelar pada 14-15 Januari nanti.

Mohamad Abolghar, ketua Partai Demokrasi Sosial Mesir, salah satu yang meramalkan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi akan mundur dari jabatannya dan mencalonkan diri setelah referendum. "Dia lalu akan bersiap untuk pemilihan umum. Itu yang akan terjadi," imbuh Mohamad Abolghar.

Dia juga meramalkan bahwa tidak ada politikus liberal atau dari partai kiri yang akan bersaing melawan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi. Apalagi belum ada kandidat yang dikalahkan Mohammed Moursi pada pemilu 2012 yang telah mengumumkan pencalonan diri mereka.

Sementara itu Partai Nour, dari kelompok garis keras yang muncul sebagai pemenang kedua dalam pemilu parlemen 2011, juga sudah memastikan tidak akan mengajukan calon dalam pemilihan presiden. (al jazeera/reuters/afp)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.910.206 Since: 05.03.13 | 0.1525 sec