Olah Raga

Rafael Nadal Tundukkan Roger Federer Maju Ke Final Australia Terbuka

Friday, 24 Januari 2014 | View : 606

MELBOURNE-SBN.

Petenis tangguh asal Spanyol yang juga sekarang merupakan pemain nomor satu dunia, Rafael "Rafa" Nadal Parera lebih dikenal dengan nama Rafael Nadal akhirnya berhasil juga meraih tiket final Australia Terbuka setelah membungkam seteru abadinya asal Swiss yang saat ini menduduki ranking dunia nomor 6 oleh ATP, Roger Federer dengan skor 7-6 (7-4), 6-3, 6-3, Jumat (24/1/2014) malam di Melbourne Park.

Unggulan utama petenis asal Spanyol, Rafael Nadal melanjutkan dominasinya dengan menundukkan atas pemenang 17 kali turnamen penting ATP, Roger Federer untuk mencapai final ketiganya dalam Australia Terbuka dalam pertandingan penentuan kejuaraan akan berjumpa dengan sahabat senegara Roger Federer, unggulan ke-8 asal Swiss, Stanislas Wawrinka dalam laga final tunggal putra Australia Terbuka di Melbourne Park.

Rafael Nadal maju ke final Australia Terbuka setelah dalam laga semifinal tunggal putra Australia Terbuka ini memperlihatkan permainan penuh ketepatan dan kekuatan.

Rafael Nadal tampil dominan terhadap petenis Swiss tersebut, Roger Federer pada tie break set pertama. Rafael Nadal memenanginya dua kali untuk melaju ke set kedua. Rafael Nadal memenangi break point sekaligus menentukan ketiga kalinya pada kedudukan 3-3 dalam set itu ketika pukulan lawannya membentur net dan menyimpang jauh ke luar lapangan.

Setelah melepaskan pukulan dari semua sudut, Rafael Nadal melewati dua match point dan akhirnya mengakhiri set dengan kemenangan setelah bertanding selama dua jam 24 menit.

Rivalitas antara Rafael Nadal dan Roger Federer adalah salah satu yang terpanas dalam dunia tenis. Laga klasik Rafael Nadal lawan Roger Federer tersaji di Rod Laver Arena, Melbourne, Jumat (24/1/2014). Rivalitas antara kedua pemain itu sudah mengakar dan berlangsung sejak satu dekade silam.

Sebelum menjalani duel ke-33 di semifinal Australia Terbuka, sudah ada perseteruan di antara mereka.

Rafael Nadal memperpanjang keunggulan rekor pertemuannya dengan Roger Federer setelah memenangkan 23 pertandingan dalam 33 pertemuannya melawan Roger Federer termasuk 9 dari 11 pertandingan turnamen penting ATP. Total 33 pertemuan telah dijalani, 29 di antaranya berada di babak semifinal atau final. Sebanyak 11 kali keduanya saling beradu kemampuan dalam turnamen Grand Slam, 16 kali di ajang Masters, dan lima kali di final ATP World Tour.

Dalam laga malam hari yang disertai hembusan angin di Rod Laver Arena, Juara Australia Terbuka 2009 itu memperpanjang catatan kemenangannya dari jagoan Swiss tersebut dalam turnamen Grand Slam menjadi enam kali.

Ranking dunia nomor 6 oleh ATP, Roger Federer merupakan pengumpul titel Grand Slam terbanyak dengan 17 gelar, sedangkan Rafael Nadal berada di urutan ketiga dengan 13 trofi. Catatan ini membuat pertarungan dua petenis tersebut penuh aroma gengsi dan harga diri.

Gengsi persaingan antara Rafael Nadal dan Roger Federer juga pernah terjadi dalam perebutan gelar Monte Carlo Masters 2005. Pada tahun 2005, Rafael Nadal sudah memenangi titel di Monte Carlo Masters, Barcelona Terbuka, dan Rome Masters. Menempati peringkat lima dunia, dia pun jadi incaran para rival termasuk Roger Federer yang mendapatkan kesempatan untuk menghentikan laju Rafael Nadal dalam Prancis Terbuka. Berhadapan di semifinal, Roger Federer sempat mencuri satu set dari lawannya asal Spanyol tersebut. Namun, pada akhirnya, Roger Federer harus mengakui keunggulan Rafael Nadal. Petenis asal Spanyol itu menang dengan skor 6-3, 4-6, 6-4, dan 6-3 setelah dicecar di sisi back hand. Rafael Nadal kemudian melaju ke final dan menundukkan Mariano Puerta untuk menjuarai titel Roland Garros perdananya.

Petenis Spanyol berusia 27 tahun tersebut sekarang hanya kurang satu kemenangan kejuaraan lagi untuk menjadi orang pertama yang memenangkan semua 4 turnamen Grand Slam terbuka (Australia Terbuka, Prancis Terbuka, Wimbledon, dan Amerika Serikat Terbuka) untuk bergabung dengan petenis legendaris asal Amerika Serikat (AS), Pete Sampras pada posisi ke-2 masuk daftar juara-juara Grand Slam sepanjang sejarah dengan jumlah 14 turnamen Grand Slam terbuka.

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.810 Since: 05.03.13 | 0.1818 sec