Agama & Masyarakat

PBNU Instruksikan Salat Gaib Untuk Kiai Sahal Mahfudz

Friday, 24 Januari 2014 | View : 1906

JAKARTA-SBN.

Dr. (HC). KH. Mohammad Ahmad Sahal Mahfudz wafat pada Jumat (24/1/2014) dinihari pukul 01.05 WIB di kediamannya, kompleks Pondok Pesantren Maslakul Huda Kajen, Pati, Jawa Tengah. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginstruksikan seluruh warga NU untuk melaksanakan salat gaib sebagai bentuk penghormatan kepada Rais Aam PBNU KH Mohammad Ahmad Sahal Mahfudz yang wafat pada Jumat (24/1/2014) pukul 01.05 WIB.

"Mari kita berikan penghormatan terakhir kepada Kiai Sahal dengan melaksanakan salat gaib," kata Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Muhammad Sulton Fatoni di Jakarta.

Selain itu, PBNU juga menginstruksikan dibacakannya doa dan tahlil untuk Kiai Sahal Mahfudz yang meninggal dunia di usia 76 tahun.

"Di Masjid An-Nahdlah (Gedung PBNU) sendiri tahlil akan dilakukan selama tujuh hari berturut-turut," kata Muhammad Sulton Fatoni.

Kiai Sahal Mahfudz yang lahir pada 17 Desember 1937 tersebut rencananya akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Waliyullah Mbah Mutakkin, Pati, pagi ini sekitar pukul 09.00 WIB.

"Tepatnya di sebelah makam Kiai Abdullah Salam, paman Kiai Sahal yang sekaligus salah satu pembimbingnya hingga menjadi ulama besar seperti sekarang," ujar Muhammad Sulton Fatoni.

Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (NU) Ali Masykur Musa menyatakan wafatnya Rais Aam Syuriah Pengurus Besar NU (PBNU) KH Sahal Mahfudz membuat bangsa Indonesia kehilangan salah satu ahli ilmu fiqih terbaiknya.

"Innnaalillaahi wa innaa Ilaihi rooji`uun, telah meninggal dunia guru kami, KH Sahal Mahfudz. Mbah Sahal adalah sosok yang sangat alim. Indonesia kehilangan ahli Fiqih terbaiknya," ujar Ali Masykur Musa di Jakarta, Jumat (24/1/2014).

Ilmu Fiqih adalah salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Allah SWT.

Menurut Ali Masykur Musa, KH Sahal Mahfudz yang lazim disapa Mbah Sahal tersebut adalah seorang fuqoha (ahli ilmu Fiqih) modern.

Ada dua kitab karya Sahal Mahfudz yang selalu menjadi rujukan umat untuk memperkaya khasanah Islam, yaitu Fiqih Siyasah (politik) dan Fiqih Lingkungan.

Dengan buku yang menjadi karya beliau itu, sambung Ali Masykur Musa, hukum Islam mampu menjawab berbagai tantangan zaman.

"Mbah Sahal yang juga mengemban amanah sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) selama tiga periode ini adalah tokoh yang sangat disegani, bukan hanya karena ilmu, tetapi juga akhlaknya," ucap Cak Ali, panggilan akrab Ali Masykur Musa.

Dalam berorganisasi, lanjut dia, KH Sahal Mahfudz adalah sosok yang sangat taat pada aturan organisasi yang ada, sehingga pengambilan keputusan selalu menunggu pendapat tokoh ini.

"Secara pribadi saya sangat kagum dan hormat pada almarhum Mbah Sahal. Banyak sikap politik saya yang dipengaruhi oleh pandangan beliau. Saya sangat terkesan saat menjadi Ketua Umum Ikatan Sarjana NU (ISNU), saya dilantik langsung oleh beliau, yang mana tidak biasa dilakukan sebelumnya," tutur Cak Ali yang juga Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menurut informasi dari Sekretaris Ketua Umum MUI, Sholahudin Al Aiyubi, selain karena sudah sepuh, Mbah Sahal meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya selama beberapa bulan terakhir dan mendapat perawatan intensif. Rencananya, almarhum akan dimakamkan Jumat pagi ini pukul 09.00 WIB di Pati.

Kiai Sahal Mahfudz lahir di Pati, 17 Desember 1937. Sejak 1963, Kiai Sahal memimpin Pondok Pesantren Maslakul Huda di Kajen Margoyoso, Pati, Jateng, yang merupakan peninggalan ayahnya, KH Mahfudz Salam.

Kiai kharismatik yang disegani di dalam dan di luar negeri ini telah menghasilkan puluhan ribu alumnus. Karena kealimannya, Kiai Sahal Mahfudz selalu dilibatkan dalam proses penetapan hukum Islam, baik soal klasik maupun kontemporer.

Hingga tutup usai, Kiai Sahal Mahfudz masih menjabat sebagai pemimpin tertinggi (Rais Aam) di PBNU, jabatan yang dipercayakan kepadanya sejak tahun 1999 silam.

Kiai dengan konsentrasi penguasaan ilmu fiqih tersebut juga menduduki jabatan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak tahun 2000 hingga sekarang.

Dalam beberapa pekan terakhir pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda, Kajen Margoyoso, Pati tersebut mengalami penurunan kondisi kesehatan yang mengharuskannya menjalani perawatan intensif di R.S. Kariadi, Semarang.

Pada Jumat pekan lalu kondisi Kiai Sahal Mahfudz sempat membaik dan dokter mengizinkannya pulang, namun tiga hari setelahnya kembali labil, hingga akhirnya meninggal dunia. (ant)

See Also

Klaim Keraton Agung Sejagat Purworejo
Gubernur Jawa Tengah Minta Usut Munculnya Keraton Agung Sejagat
Polres Purworejo Akan Klarifikasi Keraton Agung Sejagat
Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.802.623 Since: 05.03.13 | 0.1396 sec