Hukum

Rekanan Korlantas Polri Siap Dengarkan Tuntutan 764 Halaman

Thursday, 02 Januari 2014 | View : 843

JAKARTA-SBN.

Terdakwa dugaan korupsi pengadaan alat simulator SIM roda dua dan empat di Korlantas Polri, Direktur Utama (Dirut) PT. Citra Mandiri Metalindo Abadi (CMMA) Budi Susanto siap mendengarkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (2/1/2014).

Jaksa KPK, Medi Iskandar mengatakan bahwa berkas tuntutan pemilik PT. Citra Mandiri Metalindo Abadai (CMMA) ini setebal 764 halaman.

Meski begitu, Jaksa Medi Iskandar enggan membeberkan berapa tahun timnya akan menuntut Budi Susanto yang disangka memperkaya diri sendiri senilai Rp 88,446 miliar ini. Menurutnya, hal itu akan diungkapkan dalam persidangan nantinya. "Nanti aja. Dengerin pas pembacaan tuntutan saja," tuturnya lagi.

Sedianya sidang bakal digelar pada pukul 14.00 WIB. Namun hingga berita ini diturunkan sidang belum juga dimulai.

Budi Susanto sendiri sudah hadir di Pengadilan Tipikor pukul 14.30 WIB. Begitu juga Jaksa pada KPK juga sudah siap untuk melangsungkan persidangan. Namun, Majelis Hakim yang menangani perkara ini belum nampak di ruang persidangan. "Sidangnya ditunda habis salat ashar," ujarnya.

Dalam surat dakwaan Jaksa disebutkan, Budi Susanto bersama-sama dengan Inspektur Jenderal Polisi Djoko Susilo, Brigadir Jenderal Polisi Didik Purnomo, Direktur PT. Inovasi Teknologi Indonesia Sukotjo Sastronegoro Bambang (masing-masing penuntutan dalam berkas terpisah), serta Ajun Komisaris Besar Polisi Teddy Rusmawan, dinyatakan turut melakukan tindak pidana korupsi dalam pengadaan simulator kemudi uji klinik SIM Roda dua (R2) dan Roda empat (R4).

Budi Susanto bersama AKBP Teddy Rusmawan juga dianggap mengatur proses lelang simulator seolah-olah memenangkan PT. CMMA dalam proyek itu. Padahal, sambung Jaksa, PT. CMMA mensubkontrakkan pekerjaan ke PT. Inovasi Teknologi Indonesia milik Sukotjo Sastronegoro Bambang.

Dalam dakwaan, Budi Susanto juga dianggap telah memperkaya pihak lain yaitu Primer Koperasi Polri (Primkoppol) senilai Rp 15 miliar, anggota tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Wahyu Indra Pramugari sebesar Rp 500 juta, Bagian Keuangan Mabes Polri Darsian Rp 50 juta, dan anggota tim Itwasum Gusti Ketut Gunawa Rp 50 juta, serta Warsono Sugantoro alias Jumadi sebesar Rp 20 juta.

Budi Susanto didakwa dengan Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001, juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Atas tuntutan tersebut, Budi Susanto dan kuasa hukumnya menyatakan akan mengajukan pledoi dan nota pembelaan atas tuntutan pada Kamis (9/1/2014) pekan depan.

Terkait perkara ini, Irjen Pol. Djoko Susilo sudah lebih dulu divonis bersalah melakukan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan pencucian uang sehingga dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan pidana denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Selain itu, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor juga memerintahkan perampasan harta Irjen Pol. Djoko Susilo sekitar Rp 200 miliar. (ant)

See Also

Bareskrim Polri Tetap Usut Korupsi PD Sarana Jaya
KPK Perpanjang Penahanan Kadis PUPR Mojokerto
Bareskrim Polri Tahan 7 Tersangka Terkait Kasus Praktik Bank Gelap Hanson International
KPK Perpanjang Penahanan Dirut PT. CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.496.316 Since: 05.03.13 | 0.3058 sec