Agama & Masyarakat

Alokasi AUD 1 Juta Bahasa Indonesia

JAKARTA-SBN.

Negara Bagian Victoria, Australia menganggarkan dana AUD 1 juta atau sekitar Rp 9,2 miliar untuk meningkatkan pendidikan Bahasa Indonesia bagi warga Australia. 

“Anggaran ini sekaligus memberikan kesempatan untuk pelajar Victoria agar mengenyam pendidikan di Indonesia,” tutur Perdana Menteri Negara Bagian Victoria, Denis Vincent Naphtine di Jakarta, Jumat (21/6/2013). “Dana miliar tersebut dialokasikan untuk meningkatkan jumlah program pembelajaran budaya di berbagai lembaga pendidikan di Victoria, di samping memberikan kesempatan belajar Bahasa Indonesia secara langsung bagi siswa sekolah menengah,” papar politisi Australia dari Partai Liberal tersebut. “Terdapat juga program untuk mengirim seorang ahli Bahasa Indonesia guna memberikan pendampingan bagi sekolah dan guru di Victoria,” lanjut Denis Vincent Naphtine yang juga anggota the Victorian Legislative Assembly mewakili daerah pemilihan (dapil) the electoral district of South-West Coast tersebut. “Ikatan Pendidikan Indonesia dan Victoria ini diharapkan mampu memperkokoh hubungan antara pemimpin Victoria dan Indonesia pada masa depan dalam berbagai aspek,” imbuh Perdana Menteri Negara Bagian Victoria kelahiran kota Geelong di Negara Bagian Victoria.

Perdana Menteri Negara Bagian Victoria ke-47 tersebut mengunjungi Indonesia dan menyempatkan bertemu dengan para pengajar dan siswa SD Kebon Jeruk 11, Jakarta Barat, yang merupakan mitra pendidikan Point Cook College. “SD Kebon Jeruk 11 Jakarta adalah “sister school” Point Cook College di Victoria. Ikatan pendidikan antara Victoria dan Indonesia harus terus dibina, salah satu caranya dengan pertukaran guru dan murid antara Victoria dan Indonesia,” tambah Kepala Negara Bagian yang menggantikan Ted Baillieu. 

“Pendidikan merupakan sektor penting kemitraan dengan Indonesia, yang menjadi pintu gerbang untuk Victoria dalam meluaskan kemitraan di Asia Tenggara. Sektor pendidikan kedua pihak juga termasuk dalam bagian kerja sama ekonomi yang komprehensif antara kedua pemerintah,” ujar Pemimpin Negara Bagian Victoria yang mulai berkantor pada tanggal 6 Maret 2013. Eratnya hubungan kerja sama pendidikan antara dua pihak ini juga terlihat dari jumlah mahasiswa Indonesia yang mencapai 5.000 mahasiswa di Victoria pada tahun 2013. Perdana Menteri Negara Bagian Victoria yang lahir pada tanggal 6 Maret 1952 ini, pada peresmian kantor bisnis di Jakarta, Selasa (18/6/2013) silam, yang menjadi bagian misi dagang ke Asia Tenggara, memprediksi jumlah mahasiswa Indonesia dapat melonjak 100% pada 5 atau 10 tahun mendatang.  Sektor pendidikan merupakan program yang digencarkan Victoria dalam misi dagang di Asia Tenggara, selain sektor otomotif, penerbangan, makanan dan agribisnis, kesehatan, komunikasi dan teknologi informasi, pariwisata, desain perkotaan dan infrastruktur, manajemen dana dan kekayaan anggur. (ant)

 

See Also

Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.596.503 Since: 05.03.13 | 0.1619 sec