Nasional

Wapres Sudah Terima Surat Undangan DPR RI

Wednesday, 11 Desember 2013 | View : 886

JAKARTA-SBN.

Wakil Presiden (Wapres) Boediono sudah menerima surat undangan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI agar hadir memberikan penjelasan di depan anggota tim pengawas (timwas) Century DPR RI.

Atas surat undangan tersebut, Juru Bicara Wapres, Yopie Hidayat katakan, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu akan mengirimkan jawaban secara tertulis pula sebagaimana semestinya sesuai kepatutan. "Kita tunggu saja nanti jawaban tertulisnya. Kan undangannya masih untuk tanggal 18 Desember 2013," ungkap Yopie Hidayat, Rabu (11/12/2013).

Lebih lanjut menurut Yopie Hidayat, sikap Boediono atas pemanggilan timwas Century DPR RI masih belum berubah. Yakni tidak akan hadir memenuhi panggilan pada 15 Desember mendatang. "Sejauh yang saya tahu, sikap Pak Boediono mengenai hal ini tidak berubah," ucap Yopie Hidayat.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Presiden Beodiono tidak akan memenuhi panggilan tim pengawas (timwas) kasus Bank Century DPR RI karena berpotensi mengganggu proses hukum yang kini tengah berjalan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya tidak akan hadir memenuhi panggilan timwas,” tulis Wapres dalam akun jejaring sosial Twitternya @boediono, Rabu (4/12/2013) malam.

Alasan Boediono menolak panggilan itu adalah karena bisa mengganggu proses penegakan hukum di KPK. Boediono mengatakan sudah berkomitmen membantu KPK dalam kasus ini. “Dan tak ingin proses penegakan hukum yang sedang berlangsung terganggu oleh intervensi politik apapun,” kata dia.

Menurut Boediono, jika timwas melakukan pemanggilan di luar lembaga penegak hukum bertentangan dengan keputusan paripurna DPR RI. Apalagi, dia sudah pernah memberikan keterangan kepada panitia khusus (pansus) angket Century.

Juru Bicara Wapres, Yopie Hidayat, dalam pesan singkatnya mengungkapkan hal yang sama. “Pak Boediono tidak akan hadir memenuhi panggilan timwas masalah Century DPR RI,” kata Yopie Hidayat.

Menurut Wapres, sambung Yopie Hidayat, proses politik di DPR RI sudah selesai dengan keputusan menyerahkan masalah ini kepada penegak hukum. “Tugas timwas, sesuai keputusan paripurna DPR RI, adalah mengawasi para penegak hukum,” kata dia.

Pemanggilan kepada pihak-pihak lain, apalagi yang sudah memberikan keterangan kepada KPK, adalah tindakan yang tidak sejalan dengan keputusan paripurna DPR RI dan berada di luar kewenangan timwas.

Ketika KPK memeriksa Boediono di Istana Wapres, Sabtu (23/11/2013), dia mengklarifikasi soal dana Rp 6,7 triliun adalah tanggung jawab Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) dan pengawas Bank sebagai pihak yang menghitung berapa dana yang dibutuhkan untuk menyelamatakan Bank Century.

Bahkan, Boediono merasa terhormat bisa menyelamatkan ekonomi nasional dengan memberikan FPJP kepada Bank Century.

Boediono dipanggil oleh timwas DPR RI terkait kasus dugaan korupsi dana talangan Bank Century, pada 18 Desember 2013. Hal itu merupakan keputusan rapat internal timwas Century.

Bahkan pimpinan DPR RI menyatakan tidak perlu menggelar rapat untuk melakukan pemanggilan mantan Gubernur Bank Indonesia (BI), Boediono meskipun saat ini Boediono menjabat Wakil Presiden RI. “Undangan ke Boediono segera dilayangkan,” kata Wakil Ketua DPR RI, Pramono Anung, Rabu (4/12/2013). (tri/ant)

See Also

Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Kalau Tidak Ada TMMD, Belum Tentu Ada Program Bedah RTLH
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.444.453 Since: 05.03.13 | 0.1922 sec