Hukum

Kabareskrim Baru Terpilih Janjikan Bareskrim Lebih Terbuka

Saturday, 07 Desember 2013 | View : 1149

JAKARTA-SBN.

Irjen. Pol. Suhardi Alius yang sejak kemarin (6/12/2013) resmi menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri berjanji akan membuat lembaga yang dipimpinnya lebih terbuka bagi media sehingga masyarakat tahu kiprah Bareskrim, seperti yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Irjen Pol. Suhardi Alius akan mengubah dan merombak sistem yang ada di Bareskrim saat ini dengan memberi akses kepada wartawan dalam mendapatkan informasi. “Saya sudah lapor Pak Kapolri, akan kita rubah. Kebetulan kan saya mantan Kadiv Humas, bagaimana susahnya untuk mendapatkan akses itu. Saya akan susun orang-orang yang bertanggungjawab di tiap-tiap direktorat, dan saya janji ini. Saya akan mengumpulkan itu, tiap hari harus ada akses,” kata Irjen Pol Suhardi Alius usai pelantikan dirinya sebagai Kabareskrim di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2013).

Pada posisi baru ini, ia menggantikan Jenderal Polisi Sutarman, yang sekarang menjabat sebagai Kepala Polri (Kapolri). Irjen Pol. Suhardi Alius ditunjuk menjadi Kabareskrim Mabes Polri oleh Kapolri untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Jenderal Polisi Sutarman. Sebagai penggantinya yang mengisi jabatan kursi Kapolda Jawa Barat adalah Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Brigjen Pol. Mochammad Iriawan.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Sutarman, meminta Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) terpilih, Irjen Polisi Suhardi Alius, untuk memberantas tindak pidana korupsi hingga ke daerah.

"Harapannya membantas korupsi dengan baik, mampu meningkatkan kerja penanganan korupsi sampai tingkat daerah," tegas Jenderal Polisi Sutarman sebelum memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Kompolnas dan Polri di Jakarta, Senin (25/11/2013).

Jenderal Polisi Sutarman juga mengimbau tidak hanya tindak pidana korupsi, tetapi Irjen. Pol. Suhardi Alius, yang masih menjabat sebagai Kapolda Jabar itu, mampu memberantas tindak kriminalitas lain dan pembinaan dari reserse.

Menurut Jenderal Polisi Sutarman, lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1985 itu dipilih karena pengalaman dan integritas yang ia miliki.

Irjen Pol. Suhardi Alius yang terpilih sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri menyatakan siap membantu tugas Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman dalam menuntaskan kasus kriminal.

Terkait Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Irjen. Pol. Suhardi Alius berpendapat untuk menuntaskan kasus tersebut membutuhkan dana besar yang didistribusikan ke Polda dan Polres. Dia berharap bisa menuntaskan tugas-tugasnya secara terukur baik.

Irjen Pol. Suhardi Alius menyadari bahwa pemberitaan wartawan merupakan bagian dari kontrol sosial dalam penanganan kasus yang dilakukan Polri. "Kita minta dukungan dari kawan-kawan wartawan karena tidak akan tersosialisasi ke masyarakat. Kita akan membuka diri," pintanya. “Karena ini juga merupakan kontrol sosial per kasus-kasus yang ditangani Bareskrim,” katanya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2013).

Irjen Pol. Suhardi Alius berjanji dalam waktu cepat akan mengumpulkan jajarannya untuk memberikan akses informasi dari lima direktorat kepada wartawan. “Ini semuanya kasus-kasus besar yang ditangani. Kenapa tidak (diberitakan)?,” tukas mantan Kepala Polda Jawa Barat itu di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2013).

Irjen Pol. Suhardi Alius, lulusan Akademi Kepolisian 1985, sebelumnya menempati posisi sebagai Kepala Polda Jawa Barat. Pada 2009-2011, Jenderal bintang dua berdarah Minang itu juga pernah menempati pos di Bareskirm sebagai Direktur V Tindak Pidana Tertentu.

Selanjutnya, Irjen Pol. Suhardi Alius menempati pos-pos penting, seperti Wakil Kepala Polda DKI Jakarta dan Kepala Divisi Humas Mabes Polri. Selain Irjen Pol. Suhardi Alius, beberapa perwira tinggi Polri juga dikabarkan menempati pos baru sehubungan dengan mutasi karena beberapa petinggi Polri yang akan memasuki masa pensiun.

Irjen Pol. Anton Bachrul Alam akan menjabat Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri menggantikan Komjen Pol. Imam Sudjarwo yang memasuki masa pensiun.

Selamat Pak Suhardi Alius! (tri/jos)

See Also

Bareskrim Polri Tetap Usut Korupsi PD Sarana Jaya
KPK Perpanjang Penahanan Kadis PUPR Mojokerto
Bareskrim Polri Tahan 7 Tersangka Terkait Kasus Praktik Bank Gelap Hanson International
KPK Perpanjang Penahanan Dirut PT. CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.301.106 Since: 05.03.13 | 0.1756 sec