Internasional

Nelson Mandela Wafat

Friday, 06 Desember 2013 | View : 971

JOHANNESBURG-SBN.

Ikon anti-apartheid dan mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela (1918-2013) meninggal dunia pada Kamis (5/12/2013)  dalam usia 95 tahun. Kabar duka itu disampaikan Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma. Dilansir laman Reuters, Jacob Zuma meminta seluruh rakyat Afrika Selatan untuk mengibarkan bendera setengah tiang mulai hari ini hingga pemakaman pemimpin anti-apartheid itu.

Pemimpin perjuangan anti-apartheid Nelson Mandela wafat hari ini, Kamis (5/12/2013) di rumahnya di Kota Johannesburg, Afrika Selatan. Dia mengembuskan napas terakhir dalam usia 95 tahun.

Mantan presiden Afrika Selatan ini pulang ke kediamannya awal September lalu dalam kondisi kritis setelah dirawat di sebuah rumah sakit di Kota Pretoria tiga bulan. Dia memang menderita infeksi paru-paru dan kesulitan bernapas selama beberapa tahun terakhir.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengumumkan kematian Nelson Mandela itu lewat siaran televisi nasional. "Mari kita tegakkan kembali visinya atas sebuah masyarakat tidak mengeksploitasi satu sama lain,” ucap Jacob Zuma seperti dilansir BBC, Jumat (6/12/2013).

Sosok Nelson Mandela merupakan pejuang kemerdekaan manusia yang luar biasa. Nelson Mandela yang mau berkorban secara pribadi untuk negaranya. Nelson Mandela pernah menyatakan dirinya bukan malaikat saat dielu-elukan dunia karena upayanya yang tak kenal lelah atas kebebasan untuk kemanusiaan. Dan Nelson Mandela benar.

Meski meninggalkan warisan yang tidak kecil berupa budaya toleransi yang kini membentuk demokrasi di Afrika Selatan, masih ada ketidakadilan hasil dari segregasi rasial selama berabad-abad. Itu semua masih hidup hingga kini di bumi Afrika Selatan.

Presiden kulit hitam pertama di negaranya itu menyaksikan transisi dari sebuah masyarakat yang sangat terpolarisasi. Di lain pihak, dia berupaya menggapai mantan-mantan penindasnya, salah satunya dengan minum teh bersama mendiang pejabat kulit putih di era apartheid. “Dia telah membangun fondasi yang mendalam bagi kita untuk kita bangun,” kata analis politik Adam Habib dari Universitas Johannesburg.

“Dia mampu menyatukan perbedaan. Itu adalah kemampuan yang dibutuhkan kita saat ini,” kata analis Steven Friedman dari Institute of Democracy di Afrika Selatan.

Dari sisi politik, Nelson Mandela mampu berekonsiliasi dan rela memaafkan segala kesalahan lawan politiknya demi menciptakan perdamaian di negaranya. Padahal, Nelson Mandela beberapa kali dijebloskan ke penjara selama puluhan tahun oleh lawan politiknya.

Nelson Mandela yang dipenjara hampir 27 tahun oleh penguasa yang minoritas di Afrika Selatan. Keluar penjara tidak ada dendam, tapi justru bersama membangun, tak membeda-bedakan golongan kulit putih dan kulit hitam.

Setelah bebas dari penjara selama 27 tahun karena perjuangannya pada tahun 1990. Nelson Mandela muncul sebagai pahlawan yang dicintai oleh semua ras dan dianggap mampu menjembatani segala perbedaan.

Nelson Mandela kemudian terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama pada tahun 1994. Tapi, Nelson Mandela banyak mendelegasikan tugas ke wakilnya Thabo Mbeki yang kemudian menggantikan Nelson Mandela pada tahun 1999 dimana ekonomi Afrika Selatan tumbuh kuat hingga tahun 2009.

Segala kebaikan yang diajarkan Nelson Mandela tak cukup hanya dikenang, tapi harus menjadi teladan dimana dari sosok Nelson Mandela adalah keputusannya menolak saat ditawari untuk kembali maju dalam pemilihan Presiden Afrika Selatan, setelah sebelumnya menjabat lima tahun.

Negara itu juga menjadi raksasa keuangan di benua Afrika, dan terus membenahi layanan publiknya.

Tapi, kendati kelas menengah kulit hitam terus tumbuh dan dianggap ‘black diamond’, jutaan orang saat itu dinyatakan menganggur dan miskin. Afrika Selatan kala itu dianggap sebagai masyarakat yang paling tidak memiliki kesamaan derajat atau unequal.

Kritikus mengatakan, Nelson Mandela (kala itu) menghabiskan waktu terlalu banyak untuk membujuk kulit putih yang tengah ketakutan dan membangun hubungan dengan internasional. Sementara, warganya masih terlilit kemiskinan parah, kriminalitas, dan pengangguran akut.

Disparitas terus melebar. Pendapatan keluarga kulit hitam Afrika Selatan telah melonjak 169% dalam satu dekade saja, tapi kulit putih menikmati enam kali gaji lebih besar, menurut sensus 2011.

Akses ke air dan listrik meningkat secara dramatis di bawah pemerintahan demokratis, tapi sekitar 2 juta warga masih hidup di tempat-tempat miskin dan tidak memiliki akses untuk semua itu. Kondisi ini tidak berubah 10 tahun silam.

“Ketika Mandela dilepas, semua orang yakin bahwa kita telah menang. Tapi lihat dimana kita sekarang. Saya belum memiliki apa-apa,” kata Josephine Mji, 35 tahun, seorang penjual buah-buahan.

Euforia atas sosok Nelson Mandela telah pudar beberapa tahun belakangan. Digantikan dengan kemarahan oleh komunitas kulit hitam yang masih miskin akibat layanan pemerintah yang tidak merata.

Tapi, sekali lagi, seperti kata Nelson Mandela, dirinya bukan malaikat. Nelson Mandela berbuat kesalahan layaknya manusia biasa. Yang harus diingat adalah pengorbanannya yang luar biasa untuk kemanusiaan.

Dari sisi ekonomi, langkah-langkah yang sudah ditorehkan Nelson Mandela dalam meningkatkan ekonomi Afrika Selatan hingga mencapai sebesar sekarang ini, sejak mulai berkuasa pada tahun 1994. Langkah meningkatkan dan menstabilkan ekonomi Afrika Selatan yang tidak mudah mengingat awal pemerintahan Nelson Mandela adalah masa transisi politik dan ekonomi yang panjang.

Atas jasanya menghapus diskriminasi dan perbudakan di negaranya, Nelson Mandela bersama Presiden Afrika Selatan Frederik Willem de Klerk pada 1993 menerima Nobel Perdamaian. "Jika kamu ingin berdamai dengan musuhmu, kamu harus bekerja sama dengan musuhmu," ucap Nelson Mandela. "Mereka kemudian akan menjadi rekan kerjamu," sambungnya.

"Rakyat Afrika Selatan, orang yang kita cintai Nelson Rolihlahla Mandela, Presiden pendiri bangsa demokrasi kita, telah mangkat," kata Jacob Zuma. Presiden Jacob Zuma juga mengatakan Afrika Selatan kehilangan pemimpin terbaiknya. Tak hanya Afrika Selatan, dunia pun juga pasti kehilangan seorang pejuang yang tak kenal lelah untuk kebebasan Afrika Selatan. "Bangsa ini telah kehilangan putra terbaiknya. Beliau kini sudah beristirahat dengan tenang," ujar Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma saat mengumumkan berita duka itu.

Sebelumnya Nelson Mandela sempat dilarikan ke RS pada tanggal 8 Juni lalu akibat infeksi paru-parunya kembali kambuh. Ini merupakan kali keempat dia dirawat di RS sejak Desember tahun lalu. Sejak dirawat, kondisi kesehatan Nelson Mandela terus memburuk. Bahkan tim dokter mengatakan fungsi organ hati dan ginjal Nelson Mandela hanya berfungsi 50 persen saja.

Jenazah mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel), Nelson Mandela telah dipindahkan ke sebuah rumah sakit militer di kota Pretoria, Jumat (6/12/2013).

Rencananya, jenazah Nelson Mandela akan dibalsem dalam tiga atau empat hari kedepan, setelah upacara penghormatan terakhir baginya di stadion sepakbola Johannesburg. Kemudian, Nelson Mandela akan disemayamkan di Pretoria selama beberapa hari, sebelum akan diterbangkan ke kampung halamannya di Qunu, di hari Sabtu atau Minggu pekan depan, untuk dimakamkan.

Seperti kata mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Bill Clinton yang berkuasa ketika Nelson Mandela berkuasa di Afrika Selatan. Dia menyebut Nelson Mandela sebagai ‘pembela martabat dan kebebasan manusia’.

“Hari ini dunia kehilangan salah seorang pemimpin paling pentingnya dan salah seorang manusia paling mulia,” kata Bill Clinton. “Sejarah akan mengenang Nelson Mandela sebagai seorang pembela untuk martabat dan kebebasan manusia untuk perdamaian dan rekonsiliasi,” ucap Bill Clinton.

Selamat jalan Nelson Mandela! (bbc/rtr/afp)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.388.961 Since: 05.03.13 | 0.2508 sec