Internasional

Presiden Palestina Setujui Rami Hamdallah Mundur

Sunday, 23 Juni 2013 | View : 893

RAMALLAH-SBN.

Krisis ini terjadi ketika Perdana Menteri (PM) Palestina yang baru ditunjuk, Rami Hamdallah secara tidak terduga mengajukan permohonan pengunduran dirinya hanya berselang lebih dari dua pekan memangku jabatannya kepada Presiden Mahmoud Abbas pada Kamis (20/6/2013), atas apa yang dikatakan para pejabat adalah satu “pergolakan kekuasaan” akibat dari keputusan Mahmoud Abbas untuk melantik dua deputi yang langsung bekerja dibawah kendalinya, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Jumat (21/6/2013). Perdana menteri baru Palestina itu disebut-sebut jengkel dengan keputusan Mahmoud Abbas yang mengangkat dua deputi perdana menteri dalam pemerintah yang dibentuk pada 6 Juni silam. Pejabat tersebut mengatakan bahwa Rami Hamdallah secara tiba-tiba membuat tindakan yang tak terduga, yang dipicu oleh “perselisihan dalam kekuasaan”. Seorang sumber di pemerintahan menyebutkan mundurnya Rami Hamdallah lantaran tidak cocok dengan kedua deputinya.

Dalam satu pertemuan dengan Mahmoud Abbas, Rami Hamdallah membatalkan pengunduran dirinya Jumat (21/6/2013), sehari setelah dirinya mengajukan hal itu kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas. “Rami Hamdallah bertemu dengan Mahmoud Abbas selama dua jam di markas kepresidenan di kota Ramallah, Tepi Barat. Rami Hamdallah mengatakan kepada Abbas bahwa dia memutuskan untuk membatalkan pengunduran dirinya,” ungkap seorang pejabat penting pemerintah yang enggan disebutkan namanya, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Sabtu (22/6/2013). “Rami Hamdallah semula setuju mencabut permohonan pengunduran dirinya Jumat (21/6/2013), tetapi Rami Hamdallah menegaskan kemarin dalam satu pertemuan dengan Presiden Mahmoud Abbas mengenai apakah tidak ada deputi, atau memiliki deputi dengan kekuasaan yang terbatas,” kata sumber tersebut. “Rami Hamdallah menginginkan kekuasaan yang jelas dan tetap sebagai Perdana Menteri serta bagi deputi-deputinya, dan sesuai dengan hukum, sehingga kekuasaannya tidak digerogoti,” ucap seorang pejabat yang enggan disebutkan namanya, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Sabtu (22/6/2013).

“Ini membawa pada sengketa tajam menyangkut kekuasaan Perdana Menteri, yang berakhir dengan Presiden menyetujui pengunduran diri Rami Hamdallah,” imbuh pejabat penting pemerintah tersebut. “Presiden Mahmoud Abbas menyetujui pengunduran diri Rami Hamdallah setelah Rami Hamdallah menolak bekerja sama dengan dua deputi,” kata sumber yang menolak namanya disebutkan. “Mahmoud Abbas meminta Rami Hamdallah untuk berperan sebagai perdana menteri sementara sampai Mahmoud Abbas memilih penggantinya untuk membentuk satu pemerintah baru,” kata pejabat tersebut. “Setelah satu pertemuan lebih lanjut pada Minggu (23/6/2013) pagi, Presiden Mahmoud Abbas memutuskan akan menyetujui pengunduran diri Rami Hamdallah,” tuturnya. Akhirnya, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, Minggu (23/6/2013), secara resmi menyetujui pengunduran diri perdana menteri yang baru dilantik Rami Hamdallah, demikian menurut satu sumber senior kepada AFP. (BCS/AFP/RTR)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.311.542 Since: 05.03.13 | 0.1829 sec