Internasional

Presiden Palestina Setujui Rami Hamdallah Mundur

Sunday, 23 Juni 2013 | View : 830

RAMALLAH-SBN.

Krisis ini terjadi ketika Perdana Menteri (PM) Palestina yang baru ditunjuk, Rami Hamdallah secara tidak terduga mengajukan permohonan pengunduran dirinya hanya berselang lebih dari dua pekan memangku jabatannya kepada Presiden Mahmoud Abbas pada Kamis (20/6/2013), atas apa yang dikatakan para pejabat adalah satu “pergolakan kekuasaan” akibat dari keputusan Mahmoud Abbas untuk melantik dua deputi yang langsung bekerja dibawah kendalinya, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Jumat (21/6/2013). Perdana menteri baru Palestina itu disebut-sebut jengkel dengan keputusan Mahmoud Abbas yang mengangkat dua deputi perdana menteri dalam pemerintah yang dibentuk pada 6 Juni silam. Pejabat tersebut mengatakan bahwa Rami Hamdallah secara tiba-tiba membuat tindakan yang tak terduga, yang dipicu oleh “perselisihan dalam kekuasaan”. Seorang sumber di pemerintahan menyebutkan mundurnya Rami Hamdallah lantaran tidak cocok dengan kedua deputinya.

Dalam satu pertemuan dengan Mahmoud Abbas, Rami Hamdallah membatalkan pengunduran dirinya Jumat (21/6/2013), sehari setelah dirinya mengajukan hal itu kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas. “Rami Hamdallah bertemu dengan Mahmoud Abbas selama dua jam di markas kepresidenan di kota Ramallah, Tepi Barat. Rami Hamdallah mengatakan kepada Abbas bahwa dia memutuskan untuk membatalkan pengunduran dirinya,” ungkap seorang pejabat penting pemerintah yang enggan disebutkan namanya, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Sabtu (22/6/2013). “Rami Hamdallah semula setuju mencabut permohonan pengunduran dirinya Jumat (21/6/2013), tetapi Rami Hamdallah menegaskan kemarin dalam satu pertemuan dengan Presiden Mahmoud Abbas mengenai apakah tidak ada deputi, atau memiliki deputi dengan kekuasaan yang terbatas,” kata sumber tersebut. “Rami Hamdallah menginginkan kekuasaan yang jelas dan tetap sebagai Perdana Menteri serta bagi deputi-deputinya, dan sesuai dengan hukum, sehingga kekuasaannya tidak digerogoti,” ucap seorang pejabat yang enggan disebutkan namanya, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Sabtu (22/6/2013).

“Ini membawa pada sengketa tajam menyangkut kekuasaan Perdana Menteri, yang berakhir dengan Presiden menyetujui pengunduran diri Rami Hamdallah,” imbuh pejabat penting pemerintah tersebut. “Presiden Mahmoud Abbas menyetujui pengunduran diri Rami Hamdallah setelah Rami Hamdallah menolak bekerja sama dengan dua deputi,” kata sumber yang menolak namanya disebutkan. “Mahmoud Abbas meminta Rami Hamdallah untuk berperan sebagai perdana menteri sementara sampai Mahmoud Abbas memilih penggantinya untuk membentuk satu pemerintah baru,” kata pejabat tersebut. “Setelah satu pertemuan lebih lanjut pada Minggu (23/6/2013) pagi, Presiden Mahmoud Abbas memutuskan akan menyetujui pengunduran diri Rami Hamdallah,” tuturnya. Akhirnya, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, Minggu (23/6/2013), secara resmi menyetujui pengunduran diri perdana menteri yang baru dilantik Rami Hamdallah, demikian menurut satu sumber senior kepada AFP. (BCS/AFP/RTR)

See Also

Boris Johnson Terpilih Sebagai PM Inggris Baru
Menlu Inggris Ancam Iran
Laut China Selatan Tegang
Presiden AS Pecat Direktur Dinas Rahasia
Kapal China Dekati Pulau Filipina
Thailand Dilanda Badai Pabuk
Warga Kelas Menengah Australia Akan Kian Sulit Dapat Kredit Perumahan
Donald Trump Kunjungi Militer AS Di Irak
Kota Surabaya Raih Guangzhou Awards 2018
Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Gempa Guncang Osaka
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
Suriah Berhasil Usir ISIS
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.659.958 Since: 05.03.13 | 0.1835 sec